Gegara Pemberitaan,Psikis Pelajar Asal Mesuji Down, APH Harus Bertindak.

Penulis :

Tim MGG

Mesuji -Adanya Pemberitan yang merujuk kepada merusak masa depan anak penerus Kabupaten Mesuji Lampung membuat Berbagai Pihak Angkat Bicara, dari data yang dapat Di Himpun Menerangkan bahwa kejadian tersebut di tahun 2021 sekitar bulan Juni, Perkara itu sudah Damai ditempat bahkan memberikan sejumblah uang dan telah membuat surat perjanjian yang isinya tidak menyebarluaskan.

Terkait Pemberitaan, Di Kutif Dari salah Satu Media online Menerangkan bahwa pasal 19 ayat 1 undang-undang tentang SPPA mengandung ketentuan bahwa identitas anak sebagai pelaku, korban, serta saksi wajib dirahasiakan.

Selanjutnya pada ayat 2, identitas anak yang dimaksud diperjelas menjadi nama anak pelaku, korban serta saksi, nama orang tua, alamat rumah, wajah, dan hal-hal lainnya yang mengungkapkan jati diri anak pelaku, korban, maupun saksi. Pelanggar UU ini bisa dipenjara paling lama 5 tahun dan didenda maksimal Rp500 juta. Ujar Doni Selaku Ketua Ikatan Jurnalis Kabupaten Mesuji.

Bacaan menarik :  Bupati Dr.Hj. Winarti,SE,MH,Melalui Kadis Kesehatan Fatoni,S.Kep.MM,.Memberikan Apresiasi

Doni juga menilai berita yang tidak sesuai aturan memberikan dampak pada anak baik sebagai pelaku, saksi, atau korban serta merusak nama baik Kabupaten Mesuji serta keluarga besar Kedua belah Pihak bahkan mencoreng dunia pendidikan, sedangkan mereka belum waktunya untuk dijadikan topik-topik berita karena anak di bawah umur masih pendidikan, ya Bagi anak pelaku, ia menerima stigma negatif yang disandang seumur hidup sebab berita tentangnya dapat diakses oleh siapapun di media daring dan Youtube.

Lajut Doni Lagi, Karena identitasnya sudah dikenali, pelaku anak pun berpotensi ditolak oleh lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sulit mengembangkan diri, apalagi mendapatkan pekerjaan atas pemebritaan itu anak korban beserta keluarga merasa tertekan dan malu Mereka juga berpotensi mendapat ancaman dan intimidasi dari pihak pelaku yang bisa membahayakan keselamatan.

Bacaan menarik :  Serbu Sejuta vaksin sehari , TNI – POLRI di Kabupaten Tulang Bawang Sukses

‘ Tentunya Sebagai Jurnalis dalam Menayangkan Pemberitaan Tantunya harus berpegang teguh pada empat pedoman, Empat peraturan tersebut antara lain Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, terlebih Persoalan Anak yang masih Di Bawah umur. Pada Kasus inj Jika Tedapat Kesalahan fatal dalam Pemberitaan Yang bersipat Menjatuhkan nama seseorang (Anak Di Bawah Umur) kami minta minta APH (Aparat Penegak Hukum) Harus Bertidak. Tegasnya

Terpisah, waka Kesiswaan SMA N 1 Simpang Pematang Agustin Mengatakan’ adannya Pemberitaan Soal vidio pelajar Tersebut Pihaknya Belum dapat Memastikan apakah Yang Bersangkutan Benar pelajar asal SMA N 1 Atau Bukan, karena Persoalan ini Masih pada Proses Kordinasi ke berbagai pihak.

Bacaan menarik :  Polsek Tanjung Raya Menerima Penyerahan Secara Sukarela 4 Pucuk Senjata Api Rakitan Dari Masyarakat

Selanjutnya atas Adanya permasalahan Tersebut, kami Berharap Masalah ini Tidaklah harus di Publikasikan Mengingat kasus Seperti itu dapat merusak kondisi Psikis dan Mental anak tersebut,selain itu imbas dari kehebohan itu dapat Menganggu kegiatan Belajar mengajar di sekolah.tutupnya.

 

Bagikan postingan
Polrestro Jakpus Lakukan Operasi Skala Besar, Tangkap 26 Tersangka Narkoba dan menyita 2 Kg Sabu Di Kalipasir
0
Kapolri dan Ketum PSSI Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar
0
Operasi Nila Jaya 2024, Ditresnarkoba Polda Metro Berhasil Amankan 5 Kg Sabu Dan 20.000 Ekstasi.
0
Operasi Patuh Jaya 2024 Polda Metro Jaya Siap Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas.
0
Raih Peringkat 1, Regina 2 Kali Daptar Akpol Selalu Gagal, Kini Ingin  Mengabdi ke Orang Kecil Karena Berangkat Dari Orang Kecil
0
Momen Ortu Catar Akpol ke Udinus Semarang: Lihat Saja Sudah Senangl
0
Cegah Peretasan, Polri Gandeng BSSN di Tes Akademik Seleksi Akpol
0
Pelaku Tawuran Semakin Brutal, Polisi di Duren Sawit Dibacok saat Melakukan  Pembubaran
0
Belasan Pelaku Tawuran yang Mempersenjati Diri dengan Senapan Angin Dan Sajam Diringkus Polisi
0
Ide Dan Gagasan Cemerlang  Unit Reskrim Polsek Sekincau Gaungkan  Himbauan Kamtibmas.
0
Budayakan Buang Sampah Pada Tempatnya!!!
0
Pj Bupati Tulang Bawang Hadiri Hari Lahir NU ke-78 Tahun 2024 di Kampung Gedung Rejo Sakti
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!