Respon Cepat Wartawan, Perintah Irwasum Kepada Seluruh Kapolda Dan Kapolres,Jangan Timbang Pilih

Penulis :

NETTI HERAWATI SE

Bali, Traznews.com – Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto perintahkan untuk Kapolres di seluruh Indonesia tidak boleh mengabaikan wartawan saat meminta data yang diperlukan. Sabtu (28/01/2023).

“Pak Wakapolri juga tadi menyampaikan bahwa belum maksimal mengelola media. Saya sependapat dengan beliau, apabila ada media ataupun katakan wartawan yang ingin menanyakan kalau memang pimpinan Kapolres belum siap datanya bisa saja tunggu sebentar atau kasih waktu 10 menit, 30 menit sambil cari data,”kata Agung.

“Jangan terus malah tidak dijawab,kemudian pasti akan telepon ke Kapolda.Nah Kapolda kalau laporan jawabannya susah, akhirnya kepada pimpinan Polri, ini tolong menjadi atensi kita semua,” lanjutnya.

Agar tidak menjadi viral,Kapolda dan Kapolres di seluruh Indonesia diharapkan agar merendam permasalahan di wilayah hukumnya supaya tidak menjadi isu nasional.

Bacaan menarik :  DUKUNG PENYUSUNAN RUU PROVINSI  KANWIL KEMENKUMHAM BALI HADIR DALAM PENJELASAN RUU TENTANG PROVINSI BALI 

“Pemimpin diharapkan mampu meredam isu jika ada permasalahan di wilayahnya, sehingga tidak terjadi isu nasional sehingga viral. Tadi Pak Wakapolri sudah menyingung soal ini, jadi segera diredam, segera diklarifikasi, kalau perlu minta maaf sehingga tidak viral,” ujarnya.

Selain itu,para Kapolres juga diminta agar secepatnya melakukan klarifikasi apabila ada pemberitaan di media.

“Kami menyarankan kepada para Kasatwil Kapolres segera mengklarifikasi secepatnya apabila ada pemberitaan di media. Jadi segera dijawab segera diklarifikasi, sehingga tidak viral.Jangan terkesan viral dulu baru bertindak.

Tidak hanya itu, Kapolres juga diminta mengunjungi atau cofee morning bersama sejumlah media untuk menjalin silahturahmi yang baik,jangan mengkotakan wartawan atau timbang pilih.
Wakapolri juga tadi menyampaikan silahkan visit media, kalau di Polres tidak ada media mainstream, bisa datangi silaturahmi untuk menjalani hubungan emosional yang baik,” lanjutnya.

Bacaan menarik :  Pimpin Apel Pasukan, Ini Penekanan Kabid Humas Polda Bali Kepada Para Personel

Selanjutnya, Irwarsum menyarankan untuk menjalani silahturahmi kepada tokoh-tokoh masyarakat yang mempunyai pengikut banyak agar bisa membantu klarifikasi.

“Kemudian kami menyarankan mungkin ada tokoh-tokoh punya follower yang banyak segera di silaturahmi untuk membantu klarifikasi apabila di kesatuannya ada yang viral. Sehingga dengan adanya tokoh daerah banyak followersnya bisa meredam,” ungkapnya.

Kemudian tidak perlu mempublikasikan apabila masalah itu sudah colling down, artinya kalau masalah sudah diberitakan lagi, malah dibesarkan lagi oleh media mainstream maupun media sosial,”tambahnya.

Tidak hanya itu, untuk menjadi kanit tugas pokok Kasat atau Kapolsek untuk merendam isu-isu terkait dengan SARA.

“Itu bisa menjadikan corong kita untuk bisa dijadikan Kanit, Kasat atau Kapolsek. Tapi ada tugas pokok untuk meredam isu-isu terkait dengan SARA,” jelasnya.

Bacaan menarik :  Resmi Ditutup, Indonesia Sukses Gelar World Water Forum ke-10

Terakhir, ia juga menyarankan agar Polda Metro menggunakan body camera saat anggota mereka berpatroli agar lebih memudahkan melakukan pengawasan.

“Misalkan saat ini sudah ada Polda Metro yang sudah mulai menggunakan body camera di anggota yang berpatroli itu memudahkan anggota untuk dilakukan pengawasan,ujarnya.

Bagikan postingan
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Rapat Paripurna DPRD Jawaban Pj Bupati Pringsewu Pandangan Fraksi-fraksi
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!