PT Itama Ranoraya Tbk akan Pertahankan Sustainable Growth Dukung Upaya Pemerintah Atasi Pandemi Covid-19.

Penulis :

Lucky sun

JAKARTA ,traznews.com

PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), perusahaan publik di bidang kesehatan yang bergerak mengedepankan peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi sejak awal tahun 2000, telah memberikan kontribusi besar dalam membantu pemerintah mengatasi keadaan situasional dan kondisional saat merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, (30/11/2022)

 

 

“Kontribusi PT Itama Ranoraya Tbk dalam membantu pemerintah mengatasi masa genting dengan menyediakan peralatan kesehatan yang dibutuhkan untuk mengatasi pandemi Covid-19 itu berdampak adanya peningkatan signifikan pada kinerja keuangan perusahaan tahun 2021,” ujar Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk, Heru Firdausi Syarif.

 

Menurut Heru, dari kondisi situasional dan genting itu, perusahaan mendapatkan tambahan pendapatan (revenue) yang signifikan di tahun buku 2021 dan puji syukur, kontribusi PT Itama Ranoraya Tbk dan perusahaan lainnya ikut memberikan andil bagi keberhasilan pemerintah dalam mengatasi wabah Covid-19 yang ditandai dengan melandainya kasus Covid-19 di Indonesia.

 

 

Penurunan kasus Covid-19 juga dapat dilihat dengan tidak adanya lagi tambahan pendapatan dari kegiatan itu pada kinerja keuangan perusahaan di tahun 2022 ini.

 

 

Direktur Keuangan PT Itama Ranoraya Tbk, Nanan Meinanta F Lasahido, menjelaskan, kinerja pendapatan PT Itama Ranoraya Tbk tetap mengalami pertumbuhan (sustainable growth).

Bacaan menarik :  Diduga Ada Mafia Tanah Dibelakang Gugatan Purnama Di PN Jaktim, Begini Kata Tergugat I dan II

 

Hingga bulan September 2022 pendapatan perusahaan telah mencapai Rp 554,6 miliar dan diproyeksikan pada tahun 2022 ini perusahaan akan mampu meraup pendapatan 24% lebih besar dari pendapatan di tahun 2021 tanpa adanya tambahan dari keterlibatan perusahaan membantu pemerintah dalam kasus pandemi Covid-19, yang mencapai Rp 615 miliar.

 

Sedangkan laba sebelum pajak diperkirakan mencapai 7,9% dari proyeksi penjualan tahun berjalan.

“Sementara jika dibandingkan tahun 2020, dimana pendapatan mencapai Rp 563,9 miliar, perolehan pendapatan perusahaan di tahun 2022 mengalami kenaikan sekitar 35%,” katanya.

 

Pada tahun 2022 ini, perusahaan mendapatkan fasilitas pembiayaan bank berupa Perpanjangan sekaligus peningkatan fasilitas pembiayaan Bank Danamon dari Rp 300 miliar (tahun 2021) menjadi Rp 450 miliar (tahun 2022).

Selain itu, perusahaan juga mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Bank UOB senilai Rp150 miliar berupa Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi yang efektif per 1 Oktober 2022.

Catatan Penting secara riil, kinerja keuangan PT Itama Ranoraya Tbk di tahun 2021 mengalami lonjakan signifikan karena adanya kontribusi pendapatan dari keterlibatan perusahaan dalam membantu pemerintah mengatasi kondisi situasional dan genting di dalam negeri akibat pandemi Covid-19.

Bacaan menarik :  Kali Cakung Drain Tak Terawat, Banjir Mengancam Pesisir Cilincing

 

Di tahun 2021, total pendapatan PT Itama Ranoraya Tbk mencapai Rp 1,320 triliun, dimana di antaranya berasal dari pendapatan normal sebesar Rp 615 miliar. Sedangkan laba bersihnya mencapai Rp 112,38 miliar.

 

 

Sementara di tahun 2022, kinerja keuangan secara total mengalami penurunan karena pendapatan dari kegiatan membantu pemerintah mengatasi Covid-19 tidak ada lagi sehingga perusahaan diproyeksikan akan memperoleh pendapatan mencapai Rp763,6 miliar.

 

 

Melandainya kinerja keuangan di tahun 2022 juga dialami semua perusahaan yang bergerak dalam sektor usaha yang sama seperti PT Itama Ranoraya Tbk, yakni penyedia alat-alat kesehatan.

Namun demikian, analis saham dari MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana menilai emiten di sektor kesehatan masih memiliki fundamental yang kuat sehingga harga sahamnya masih berpeluang meningkat.

 

 

Herditya Wicaksana mengatakan, walaupun pandemi Covid-19 mulai melandai, pendapatan emiten-emiten di sektor kesehatan masih cukup bagus seiring dengan makin tinggginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

 

Menurutnya, potensi kenaikan harga saham emiten-emiten di sektor kesehatan di lantai bursa juga masih bisa terjadi hingga awal tahun 2023 nanti.

 

Indeks saham sektor kesehatan dapat meningkat ke posisi antara 1.535 hingga 1.560.

 

Bacaan menarik :  Relawan Nasional RI-1 (ARENA RI-1) Resmi Mendeklarasikan Diri

 

Program kedepan untuk tahun 2023, Nanan mengatakan bahwa PT Itama Ranoraya Tbk terus mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan (sustainable growth) agar lebih baik lagi dari kinerja yang dicapai perusahaan tahun 2022.

“Guna meningkatkan pendapatan, perusahaan terus melakukan diversifikasi produk dengan menambah jumlah prinsipal dan mengembangkan Stock Keeping Unit (SKU) dari prinsipal-prinsipal yang telah ada dan yang baru melakukan kerjasama di semester kedua 2022,” papar Nanan.

 

 

 

Selain itu, PT Itama Ranoraya Tbk juga akan meningkatkan kerjasama dengan pabrikan guna meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari produk-produk yang dijual ke pasar.

 

 

“Hal ini merupakan bukti nyata dari PT Itama Ranoraya Tbk dalam mendukung program pemerintah bagi peningkatan kandungan lokal terhadap produk-produk yang dijual di dalam negeri dan luar negeri,” jelas Nanan Meinanta F Lasahido.(*)

Bagikan postingan
Abidin Ayub Ketua APDESI Pringsewu Resmi Dilaporkan ke Polda Lampung

BANDAR LAMPUNG -  Aliansi Wartawan Pringsewu Bersatu, resmi laporkan Abidin Ayub, Kepala Pekon Margakaya, Kecamatan Pringsewu yang juga sebagai Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pringsewu ke Polda

//
Januari 28, 2023
Team Tekab 308 Presisi SatReskrim dan Polsek Gunung Agung Ungkap dan Tangkap Pelaku Curanmor R2 (Curat)

Tulang Bawang Barat, Traznews.com -- Team Tekab 308 Presisi SatReskrim Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung bersama Tekan 308 Polsek Gunung Agung kembali telah melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap pelaku

//
Januari 28, 2023
Sambut Hari Jadi Pemalang ke 448 Ikatan Masyarakat Pemalang (IKMAL) Gelar FUN BIKE

Pemalang, Traznews.com--Ikatan Masyarakat Pemalang IKMAL selaku penyelenggara fun bike atau Sepeda sehat, melakukan teknikal meeting atau persiapan dan pematangan untuk pelaksanaan kegiatan yang akan di gelar pada Minggu 29 Januari

//
Januari 28, 2023
Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI, Polres Lambar laksanakan senam bersama dengan Kodim 0422/Lb

Lampung Barat--Polres Lampung Barat Polda Lampung meningkatkan Sinergitas TNI-POLRI dengan melaksanakan senam bersama antara Polres Lambar dan Kodim 0422/Lb di Lapangan Mako Polres Lampung Barat,Sabtu (28/01/2023). Senam bersama tersebut diikuti

//
Januari 28, 2023
Tunggangi “Kuda Gagak Rimang” Dalam Acara Ultahnya, Jadi Inspirasi Ketua Umum Perbawa Membumikan Kebaya

Semarang, Traznews.com - Kuda Gagak Rimang adalah kuda tunggangan andalan Arya Penangsang. Menurut cerita tutur yang berkembang di lingkungan masyarakat Kabupaten Blora. Seperti halnya, Rr Maria Emmaculata, Ketua Umum Perempuan

//
Januari 28, 2023
Setubuhi Anak Dibawah Umur, Ayah Tiri Asal Way Tuba Way Kanan ini Dibekuk Polisi

WayKanan-Seorang pria berinisial AS (45) asal Way Tuba, Way Kanan dibekuk TEKAB 308 Polsek Buay Bahuga Polres Way Kanan Polda Lampung karena diduga melakukan persetubuhan terhadap anak dibawah umur yang

//
Januari 28, 2023
Kapolsek Gunung Labuhan Polres Way Kanan Kunjungi Pimpinan Ponpes Assidiqiyah 11

Way Kanan-Kapolsek Gunung Labuhan Polres Way Kanan berkunjung ke pimpinan Pondok pesantren Assidiqiyah 11 di Kampung Labuhan Jaya Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. . Sabtu (28/01/2023). Dalam kunjungan kegiatan,

//
Januari 28, 2023
Sidang lanjutan pencabulan dengan “TERSANGKA” yaitu saudara TRS di gelar di pengadilan negeri kota Cirebon

Cirebon,traznews.com Sidang lanjutan pencabulan dengan tersangka saudara TRS tersangka pelaku pencabulan anak di bawah umur di gelar di pengadilan negeri kota Cirebon pada Kamis 26 Januari 2022.   Pada saat

//
Januari 28, 2023
Miliki Barang Bukti sebanyak 15,12 gram Shabu dan 10 butir Ekstacy Bandar Narkoba Ditangkap Polisi

Tulang Bawang Barat, Traznews.com – Satuan Reserse Narkoba Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung berhasil menangkap bandar narkoba asal Tiyuh Toto Mulyo Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat pada

//
Januari 27, 2023
Polsek Warujayeng Himbau Masyarakat Tidak Pasang Knalpot Brong

Nganjuk, Traznews.com - Kapolsek Warujayeng Kompol Lilik Suharyono, S.H. menghimbau pengguna sepeda motor di wilayahnya tidak memasang knalpot brong pada kendaraan. Ia menyebut knalpot brong menjadi salah satu sasaran penindakan

//
Januari 27, 2023
AKBP Ndaru Istimawan, S.IK, Silaturahmi Dengan Insan Pers Tubaba

Tulang Bawang Barat, Traznews.com--Kapolres Tulang Bawang Barat (Tubaba) Polda Lampung AKBP Ndaru Istimawan, S.IK, menggelar silaturahmi bersama insan pers di Wilayah Kabupaten setempat. Jum'at, 27-Januari-2023. Silaturahmi tersebut bertujuan untuk meningkatkan

//
Januari 27, 2023
Raker Fwj Indonesia DPW Banten Persatuan Korwil dan Perluas Korwil Dibanten

Banten ,traznews.com  Rapat Kerja Satu Tahun Forum Wartawan Jaya ( FWJ ) Indonesia dan Pelatihan Jurnalistik yang bertempat di Resort Mutiara Carita Cottages jalan Raya Carita Km 07 Desa Carita

//
Januari 27, 2023
Abidin Ayub Ketua APDESI Pringsewu Resmi Dilaporkan ke Polda Lampung
0
Team Tekab 308 Presisi SatReskrim dan Polsek Gunung Agung Ungkap dan Tangkap Pelaku Curanmor R2 (Curat)
0
Sambut Hari Jadi Pemalang ke 448 Ikatan Masyarakat Pemalang (IKMAL) Gelar FUN BIKE
0
Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI, Polres Lambar laksanakan senam bersama dengan Kodim 0422/Lb
0
Tunggangi “Kuda Gagak Rimang” Dalam Acara Ultahnya, Jadi Inspirasi Ketua Umum Perbawa Membumikan Kebaya
0
Setubuhi Anak Dibawah Umur, Ayah Tiri Asal Way Tuba Way Kanan ini Dibekuk Polisi
0
Kapolsek Gunung Labuhan Polres Way Kanan Kunjungi Pimpinan Ponpes Assidiqiyah 11
0
Sidang lanjutan pencabulan dengan “TERSANGKA” yaitu saudara TRS di gelar di pengadilan negeri kota Cirebon
0
Miliki Barang Bukti sebanyak 15,12 gram Shabu dan 10 butir Ekstacy Bandar Narkoba Ditangkap Polisi
0
Polsek Warujayeng Himbau Masyarakat Tidak Pasang Knalpot Brong
0
AKBP Ndaru Istimawan, S.IK, Silaturahmi Dengan Insan Pers Tubaba
0
Raker Fwj Indonesia DPW Banten Persatuan Korwil dan Perluas Korwil Dibanten
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!