Sambut Kunker Pj. Gubernur dan Ketua TP PKK Lampung, Zelda Naturi Paparkan Penanggulangan Stunting di Lambar.

Penulis :

Lampung Barat-Penjabat (Pj) ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga TP PKK Lampung Barat Dra. Zelda Naturi Nukman menerima Kunjungan Kerja (Kinker) Pj. Gubernur Lampung Dr. Drs. Samsudin, SH,. MH, M.PD dan ketua TP PKK Maidawati Retnoningsih Samsudin di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit, Sabtu 31 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Zelda Naturi Nukman melaporkan kondisi stunting dan langkah yang dilakukan dalam penekan angka stunting di Kabupaten Lampung Barat.

“Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survei kesehatan Indonesia pada tahun 2023 Prevalensi stunting di Lampung Barat sebesar 24,6 persen meningkat menjadi 8 persen dari tahun sebelumnya yakni 16,6 persen yang merupakan hasil dari survei status gizi Indonesia tahun 2022,” jelasnya.

Menurut Zelda Naturi kondisi tersebut tentu saja membutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua lintas stacholder terkait.

Beliau menuturkan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya menurunkan stunting di Lampung Barat telah melakukan, menyusun peraturan Bupati No : 1 tahun 2024 tentang percepatan penurunan stunting, menyusun Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Barat tahun 2022 tentang tim percepatan penurunan stunting, menyusun SK Bupati tahun 2023 tentang pekon lokasi fokus intervensi penurunan dan pencegahan stunting tahun 2204, menyusun instruksi Bupati No : 050/596/IV.03/2024 tentang intervensi serentak dan terfokus pencegahan stunting Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 dengan waktu pelaksanaan tanggal 7 sampai dengan 10 Juni 2024.

Bacaan menarik :  Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Giat Jumat Curhat Di Pucuk Gunung

“Pada hari ini juga kami melakukan pelayanan dan kegiatan berupa pelayanan Posyandu balita, layanan Posyandu lansia, pelayanan penyakit tidak menular khusus untuk pemeriksaan gula darah dan generasi remaja,” kata dia.

Sementara, Gubernur Lampung Samsudin mengatakan stunting bukanlah merupakan isu kesehatan baru, bahkan sesungguhnya telah menjadi perhatian dunia global terlebih bagi Indonesia karena pengaruhnya terhadap kecerdasan kognitif anak.

“Stanting harus menjadi program agar tidak ada balita khsusnya di Provinsi Lampung yang mengalami stanting, menurutnya balita harus tumbuh kembang dengan baik sesuai dengan perkembangan usia,” ungkapnya.

“Karena stanting ini tidak hanya berdampak kepada pertumbuhan fisik pada anak saja namun berperuh terhadap perkembangan kecerdasan bagi terhadap balita,” sambungnya.

Bacaan menarik :  Jadi Narasumber Di Universitas Lampung , Parosil Mabsus Ceritakan Riwayat Hidup " Dari Guru Honorer Hingga Menjadi Bupati".

Oleh karena itu, Samsudin mengimbau kepada lapisan masyarakat agar bersama-sama menekan angka stunting salah satunya dengan mengikuti Posyandu.

“Namun perlu diingat pergunakan Psoyandu sebagai pelayanan kemasyarakatan bukan hanya sebatas untuk mengkur bayi atau menimbang bayi saja,” sebutnya.

“Jadi Posyandu ini sebagai pusat untuk pelayanan masyarakat,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan peran aktif keluarga dan komunitas untuk mengubah perilaku dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya menjadi kunci utama pencegahan stunting.

Disela kegiatan Pj. Gubernur Lampung Samsudin didampingi Pj. Bupati Nukman menyerahkan bantuan kepada masyarakat Lampung Barat diantaranya sembako, kursi roda, benih ikan dan mesin jait.

Sebagai penutup kegiatan Pj Gubernur Lampung Samsudin dan Pj. Bupati Nukman beserta rombongan melakukan peninjauan terhadap gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit untuk memastikan ketersediaan pangan di Lampung Barat.

Bacaan menarik :  Miliki Ganja, RA (25) Warga Kecamatan Sumber Jaya  Diamankan Sat Resnarkoba Polres Lambar

“Kunjungan saya bersama jajaran ke Lampung Barat dengan tujuan memastikan apa yang sudah menjadi target prioritas Presiden yakni penurunan stunting dan inflasi. Alhamdulillah stunting fan inflasi di Lampung Barat sudah baik dan menurun,” tutupnya.

Bagikan postingan
Syukuran HUT Ke-65 Pelopor  Dari Kompi Ranger Hingga Terbentuk Pasukan Elit
0
Kapolsek Kemayoran bersama 3 Pilar Patroli Wilayah Menjelang Pilkada DKI Jakarta
0
Srikandi Brimob _Competition_ 2024 Selesai, Berikut Daftar Para Juaranya
0
Kapolres Pimpin Sertijab Pejabat di Polres Lampung Timur, AKP Syamsu Rizal Kapolsek Bandar Sribawono, Kini  Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Sekincau
0
Secara Aklamasi Aprohan Saputra Ketuai PW IWO Lampung Periode 2024-2029
0
Tertipu Mencapai 13 Miliar, Bos Kopi Air Hitam Lapor ke Polda Lampung.
0
Pj. Bupati Nukman Apresiasi Peluncuran Buku Seri Kaldera Nusantara Dari Liwa Ke Suoh.
0
Warga Korban Kebakaran Depo Plumpang Menang Gugatan, Pertamina Wajib Ganti Rugi Rp23,1 M
0
Suasana Haru Warnai Kegiatan Jumling AKP.Hi Sahril Paison di Pekon Giham Sukamaju .
0
Bareskrim Gerebek Lokasi Percetakan Uang Palsu
0
Polisi Amankan Empat Remaja dan Sajam di TPU Sukabumi Selatan, Diduga Hendak Tawuran
0
Tertangkap Mencuri Sarang Burung Walet, Ini Pesan dan Harapan Cv Mutiara Alam Raya Pada Pihak Kepolisian
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!