Provinsi Bengkulu Sambut Hari Armada RI Tahun 2023

Penulis :

Lucky sun

Bengkulu,traznews.com Menjelang Hari Armada RI Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 5 Desember mendatang, Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi Bengkulu menyambutnya dengan memasang Baliho dibeberapa tempat lokasi strategi jalan utama, Senin (4/12/2023).

 

Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi Bengkulu turut berpartisipasi dalam menyambut Hari Armada RI Tahun 2023 dengan memasang Baliho dibeberapa tempat strategis jalan utama sebagai wujud sinergitas dan hubungan baik antara Pemerintah Daerah dengan TNI Angkatan Laut.

 

Armada RI itu sendiri adalah suatu kesatuan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggungjawab sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut (AL).

Melihat sejarah berdirinya Armada Republik Indonesia adalah berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Nomor A.4/2/10 tertanggal 14 September 1959 yang menetapkan organisasi Komando Armada Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Bacaan menarik :  Danlantamal I Terima Kunjungan Dankosek I Medan

 

Pada tanggal 5 Desember 1959, Kepala Staf ALRI Komodor Laut R.E. Martadinata meresmikan pembentukan Organisasi Komando Armada Republik Indonesia. Pembentukan Armada tersebut merupakan peristiwa yang sangat penting dalam memacu terwujudnya sebuah Angkatan Laut RI yang kuat dan modern.

 

Selanjutnya pada 5 Desember 1966, Koarma berubah nama menjadi Komando Armada Samudera (Koarsam) dan Komando Armada Nusantara (Koartar). Berdasarkan Instruksi KSAL Nomor 5401.15 Tahun 1970 tertanggal 11 Maret 1970, Koarsam dan Koartar kemudian dilebur menjadi Komando Armada Republik Indonesia.

 

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor Kep/09/P/III/1984 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur TNI AL, jajaran Armada RI dibagi dalam dua Komando Armada, yakni Komando Armada Barat (Koarmabar) dan Koamando Armada Timur (Koarmatim).

Bacaan menarik :  KPU Jakarta Utara Musnahkan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak

 

Seiring perkembangan waktu, sejarah berdirinya Armada RI pada 5 Desember 1945 dan berdasarkan Surat Keputusan KASAL Nomor Skep/4033/XI/1987 tertanggal 17 November 1987, menetapkan hari lahirnya Armada RI pada tanggal 5 Desember, dan selanjutnya disebut sebagai Hari Armada RI.

Hingga kini, pada tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada Republik Indonesia atau HUT Armada RI, dan diperingati setiap tahunnya.

 

(Pen Lanal Bengkulu)

Bagikan postingan
SOLUSI KULIT KEPALA SENSITIF DAN IRITASI, ASTERA HEAD SPA DARI RENE FURTERER, HADIR DENGAN FORMULA BARU DI INDONESIA
0
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!