Polres Lambar Serahkan Kasus “Ilegal Loging” Sucipto CS, Ke Kejari

Penulis :

Rd

Lampung Barat-Tindakan Melanggar Hukum dan juga merugikan Negara yang telah dilakukan oleh Sucipto bersama Tiga rekannya yaitu Endang Widadi, Irvan Christian dan Galuh Gagah Perkasa yang telah melakukan kegiatan illegal logging telah ditangani oleh Satuan Polres Lampung Barat dan kini Polres Lampung Barat menyerahkan Terdakwa Sucipto DKK beserta Barang Bukti diserahkan kepada Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Lampung Barat.

Menindaklanjuti Kasus illegal logging tersebut Persidangan gelar perkara tahap II atas terdakwa An Sucipto dan rekan-rekannya digelar oleh Kejaksaan Negeri Lampung Barat yang bertempat di Ruang Tindak Pidana Umum sekitar Pukul 12:30 Wib. Selasa, (18/05/2022).

Dari Hasil uraian keterangan yang disampaikan atas tindakan melawan hukum dan Pasal yang dilanggar oleh Terdakwa Sucipto Bin Rahmat dan rekan-rekannya yaitu Endang Widadi als Kentus Bin Kusmadi, Irvan Christian Bin Ujang Abi, dan Terdakwa An. Galuh Gagah Putra Pratama Bin Roni disangka melanggar Pasal 83 Ayat (1) huruf a Jo Pasal 12 Huruf d UU RI NO. 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 KUHPidana.

Bacaan menarik :  Pos TNI AL Selatpanjang Laksanakan SAR Orang Jatuh di Laut dari KM. MI No. 01 di Perairan Kepulauan Meranti

Tindakan melanggar hukum oleh Sucipto DKK yang kemudian menjadi pengantar Sucipto DKK menjadi Terdakwa Illegal Logging, Kronologinya yaitu bermula pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2022 sekira jam 20.00 WIB telah terjadi dugaan tindak pidana “Ilegal Logging” di Pekon Sinar Luas Kec.Kebun Tebu Kab. Lampung Barat yang dilakukan oleh para terlapor dengan cara mengangkut kayu hasil penebangan dalam kawasan hutan lindung reg 39 Kota Agung menggunakan kendaraan Truck Colt Diesel yang kemudian juga menjadi barang bukti persidangan.

Dalam Proses perkara Ilegal Logging terbut Tim Penuntut Umum telah menerima dan melakukan penelitian terhadap Benda Sitaan/ Barang Bukti yaitu berupa 1 (satu) unit kendaraan Light Truck merk MITSUBISHI jenis COLD DIESEL dengan nopol BE 8420 WS nomor rangka : MHMFE74P5JK199004, nomor mesin : 4D34TSX4981 berwarna kuning kombinasi berikut STNK a.n. SUPRAYITNO dan 33 (tiga puluh tiga) Potongan kayu bulat jenis SONOKELING hasil penjarahan ilegall logging.

Bacaan menarik :  Ketua PCNU Imam Syafei'i Sebut Nahdlatul Ulama Memberkahi Pengikutnya.

Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup oleh Tim Pengamanan Intelijen Kejaksaan Negeri Lampung Barat dalam Penyerahan Terdakwa dan Barang Bukti (Tahap II) hingga semua kegiatan berjalan lancar dan kondusif, mengingat potensi Covid_19 masih ada maka semua kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan (PROKES) dan menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan) guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Desease 19.

Setelah gelar perkara tahap II selesai selanjutnya Terdakwa An. Sucipto Dkk akan dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Klas IIb Krui selama 20 (dua puluh) hari terhitung sejak tanggal 18 Mei 2022 s/d 06 Juni 2022. .

Bagikan postingan
Polrestro Jakpus Lakukan Operasi Skala Besar, Tangkap 26 Tersangka Narkoba dan menyita 2 Kg Sabu Di Kalipasir
0
Kapolri dan Ketum PSSI Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar
0
Operasi Nila Jaya 2024, Ditresnarkoba Polda Metro Berhasil Amankan 5 Kg Sabu Dan 20.000 Ekstasi.
0
Operasi Patuh Jaya 2024 Polda Metro Jaya Siap Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas.
0
Raih Peringkat 1, Regina 2 Kali Daptar Akpol Selalu Gagal, Kini Ingin  Mengabdi ke Orang Kecil Karena Berangkat Dari Orang Kecil
0
Momen Ortu Catar Akpol ke Udinus Semarang: Lihat Saja Sudah Senangl
0
Cegah Peretasan, Polri Gandeng BSSN di Tes Akademik Seleksi Akpol
0
Pelaku Tawuran Semakin Brutal, Polisi di Duren Sawit Dibacok saat Melakukan  Pembubaran
0
Belasan Pelaku Tawuran yang Mempersenjati Diri dengan Senapan Angin Dan Sajam Diringkus Polisi
0
Ide Dan Gagasan Cemerlang  Unit Reskrim Polsek Sekincau Gaungkan  Himbauan Kamtibmas.
0
Budayakan Buang Sampah Pada Tempatnya!!!
0
Pj Bupati Tulang Bawang Hadiri Hari Lahir NU ke-78 Tahun 2024 di Kampung Gedung Rejo Sakti
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!