Maraknya isu Gletih (keliling golek getih)yang membuat resah masyarakat di kabupaten jember mulai terungkap

Penulis :

A.haris

JEMBER.Traznews.com –Maraknya isu yang beredar di media sosial terkait adanya Kletih (keliling golek getih) dan meresahkan masyarakat berakibat Diamankannya 10 anak muda yang bergerombol kelayapan tengah malam oleh Polres Jember, dari dua lokasi berbeda di wilayah Kecamatan Ajung pada Sabtu (19/11/2023) malam.

Para pelaku yang terciduk oleh Tim patroli polres jember tersebut rata rata berusia sangat muda , dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Polres Jember, dari 10 anak yang diamankan, 4 anak dipulangkan, dan 6 lainnya masih menjalani pemeriksaan lanjutan. Diketahui jika mereka membawa sajam seusai mengikuti acara solawatan.

Bahkan dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti, diantaranya 4 senjata tajam, Bendera dan kaos bertuliskan “Komunitas Sholawat Syeikher Mania”, dan juga ” Santri Rewel Berkat” , serta tas berlogo kepala tengkorak.

Bacaan menarik :  Bisa Jelaskan Tapis Yang Pernah Dijelaskan di Bung Tam Channel, Dapat Hadiah Menarik

Hal ini disampaikan Kasatreskrim Polres Jember AKP. Abid Uwais Al Qarnain Aziz, saat menggelar pers rilis pada Senin (20/11/2023) di Mapolres Jember.

“Hanya 6 anak berperkara dalam hukum yang prosesnya masih berlanjut, dimana ke 6 anak tersebut, terbukti membawa senjata tajam, dan melanggar Pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun  51, ancamannya maksimal 10 tahun penjara,” ujar Kasatreskrim.

Kasatreskrim menjelaskan, bahwa motiv pelaku melakukan aksinya, dari pengakuannya, senjata tajam yang dibawanya hanya sebatas untuk melindungi diri, namun beberapa saksi menyebutkan, jika pelaku juga mengayunkan senjata tajam ke jalan.

“Dari pemeriksaan, mereka (para pelaku) mengaku pulang dari acara Sholawatan, terus senjata tajam yang dibawanya, berdalih untuk melindungi diri sendiri dan juga temannya, jika sewaktu-waktu diserang orang tak dikenal,” jelas Kasatreskrim.

Bacaan menarik :  Soal Penutupan Akses Jalan Dan Penyerobotan Lahan, Ini Penjelasan Kades Megamendung

Seperti diketahui, pada Sabtu (19/11/2023) tim Patroli Polsek Ajung mengamankan 10 anak ingusan dari 2 lokasi berbeda,  dimana 8 anak diamankan di timur pertigaan Ajung, dan 2 lainnya di Desa Mangaran ,mereka hampir di hakimi massa namun karena sigapnya aparat kepolisian mereka bisa di amankan.

Kapolres sendiri AKBP Nurhidayat SH.SIK. saat di konfirmasi lewat telepon menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh isu isu yang sifatnya hanya memprovokasi yang bisa menimbulkan amuk massa dan main hakim sendiri ,beliau juga mengultimatum penyebar hoax terkait adanya kletih yang meresahkan masyarakat akan dijerat dengan undang undang ITE.

Kabiro : Aji haris

Bagikan postingan
Kapolsek Kebayoran Baru Melaksanakan Baksos Kesehatan di YPAC Kelurahan Gunung
0
Polisi Ringkus 3 Rekan HK Yang Tampung Dan Jual Jam Tangan Mewah Hasil Perampokan
0
SSDM Polri gelar “He For She Award” Wujud Komitmen Dan Dukungan Terhadap Perempuan di Lingkungan Polri
0
Bakti Sosisl Polres Metro Jakarta Timur Bersama Bhayangkari Bagikan Ratusan Nasi Kotak
0
Bincang Santai Bersama Media Dan Kanit Reskrim Polsek Koja Polres Metro Jakarta Utara
0
Semangat dan Harapan Mewarnai Acara Pelepasan Siswa-Siswi di Yayasan Ponpes Bahari Al Islam
0
Samsiar, Ketua APDESI Kabupaten Tanah Laut, Sepakat dengan Pernyataan Ketua Umum Desa Bersatu Asri Anas 
0
Team Karate Popda Kab. Tangerang Kantongi Medali Emas, Perak dan Perunggu di POPDA XI Banten 2024
0
Danlantamal I Antar Keberangkatan Pangkoarmada I
0
Parosil Kunjungi Warga Pekon Semarang Jaya Musibah Kebakaran Beberapa Waktu Lalu
0
Danlantamal I Hadiri Pembukaan Operasi Patkor Malindo 164/24
0
Polda Lampung Gelar Operasi Bibir Sumbing, Ini Cara Daftarnya
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!