Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang Berkunjung Ke Lampung Barat

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Kegiatannya kunjungan Inspektorat Kabupaten Tulang Bawang di Kabupaten Lampung Barat dalam rangka melakukan telaah sejawat terhadap Inspektorat atau APIP Kabupaten Lampung Barat,(13/7).

Acara yang berlangsung di Aula Satdakab Lambar dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Nukman,Inspektur Lampung Barat Ir. Sudarto dan Inspektur Pembantu (Irban) 1 Indrayani, Irban 4 Musadi, Irban 5 Puguh serta beberapa auditor, Dari Kabupaten Tulang Bawang
Sekretaris Inspektorat Tulang Bawang, Ketut Agustoni, Irban 4 dan beberapa auditor.

Pada kesempatan ini saya selaku Wakil Bupati Lampung Barat mewakili pemerintah dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Lampung barat mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan kehadiran Inspektur Kabupaten Tulang Bawang beserta rombongan pada hari ini dalam rangka melakukan telaah sejawat terhadap aparat pengawas intern Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Selanjutnya kami berharap dengan kunjungan inspektur dan rombongan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja serta melakukan telaah terhadap pengawasan dan audit intern yang telah dilakukan oleh inspektorat Kabupaten Lampung Barat” Harap Wakil Bupati .

Bacaan menarik :  Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Laksanakan Pengamanan PSU di Tps 04 Pekon Giham Sukamaju.

Pada tahun 2018 telaah sejawat ini juga sudah pernah dilakukan sesuai yang diamanatkan dalam keputusan ketua umum asosiasi auditor intern Pemerintah Indonesia tahun 2014. Pada saat itu APIP Lampung Barat ditelaah oleh inspektorat Kabupaten Pesawaran sedangkan APIP Kabupaten Lampung Barat menelaah APIP Kabupaten Lampung Tengah.

Kali ini berdasarkan pedoman telaah sejawat ekstern aparat pengawas intern pemerintah yang dikeluarkan oleh ketua umum DPN AAIPI Nomor: KEP-43/AAIPI/DPN/2019 tanggal 31 juli 2019 kembali dilaksanakan telaah sejawat ekstern antar APIP.

Dan pada tahun ini di bulan juli 2022 APIP Kabupaten Lampung Barat ditelaah oleh APIP Kabupaten Tulang Bawang dan APIP Kabupaten Lampung Barat menelaah APIP Kabupaten Way Kanan.

Bacaan menarik :  Dari Shireen, Kita Belajar Apa Itu Arti Hidup Dan Menulis.

Berdasarkan keputusan ketua umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) pimpinan APIP harus merancang, mengembangkan dan menjaga program pengembangan dan penjaminan kualitas yang meliputi semua aspek kegiatan audit intern pada pedoman tersebut.

“Apip sudah diberi kemudahan dalam melakukan telaah ataupun menelaah antara APIP karena sudah diberi panduan kuesioner dan wawancara antar APIP” lanjutnya

Saya berharap kepada APIP Kabupaten Tulang Bawang maupun APIP Kabupaten Lampung Barat untuk saling bekerja sama dalam memenuhi semua dokumen terkait yang menjadi bahan kuesioner tersebut.

Pada awal tahun 2022 ini peningkatan kapabilitas APIP Kabupaten Lampung Barat telah berhasil memperoleh prediket level 3, kiranya penghargaan yang baru saja diperoleh APIP Kabupaten Lampung Barat dapat memberikan motivasi dan terus menjaga komitmen untuk mempertahankannya.

Hal-hal yang menjadi kekurangan dalam pemenuhan dokumen saat ditelaah oleh APIP KabupatenTulang Bawang dapat diupayakan untuk memenuhinya dan bila perlu APIP Tulang Bawang dapat memberikan bimbingan sebagaimana seharusnya dokumen itu dapat dipenuhi.

Bacaan menarik :  Pra TMMD KE 113 Telah Dilaksanakan, Babinsa  Sinergi Bersama Warga Buka Badan Jalan.

Saya berharap hasil telaah sejawat ini dapat berjalan dengan baik sesuai maksud dan tujuannya dan saling melengkapi apabila terdapat kekurangan dalam pemenuhan setiap dokumennya hasil dari telaah sejawat ini adalah dari APIP untuk APIP.

Bagikan postingan
Rayakan Kemenangan Penuh Keajaiban di Ancol TamanImpian
0
Pererat Silahturahmi, Keluarga Besar Lanal Lhokseumawe Buka Puasa Bersama
0
Press Conference Hari Raya Idul Fitri  Di Ancol Taman Impian Tahun 2024
0
Cegah Perundungan Polres Metro Jakarta Selatan Sosialisasi “Stop Bullying” di Sekolah SMA 74 Jakarta
0
Danlantamal I Hadiri Entry Briefing Pangkoarmada I
0
Danlantamal I Lepas Kapal Perang Prancis FNS Vendemiaire F 734 di Dermaga Pelindo Belawan
0
Wadan Lantamal I Hadiri Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Tim Safari Ramadhan Spotmar TNI AL Tinjau Kampung Bahari Nusantara Lanal Sabang
0
Hujan Deras Tidak Mengurangi Kekhidmatan Kegiatan Safari Ramadhan Spotmar TNI AL di Lanal Sabang
0
Cegah Pelanggaran Hukum, Keluarga Besar Lanal Nias Terima Penyuluhan Hukum Dari Dinas Hukum TNI Angkatan Laut 
0
Sambut Paskah 2024, Lanal Sibolga Karya Bhakti di Gereja HKI Poriaha Kabupaten Tapteng
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!