Puluhan Pendekar Dari Berbagai Perguruan Silat, Kawal Parosil & Mad Hasnurin Di Pagar Dewa

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mas Hasnurin Hadiri .Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan “Pagar Dewa” Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat.

Acara musren di laksanakan pada Rabu 16 Februari 2022, di Pekon Suka Mulya,di hadiri Anggota DPRD Lampung Barat,
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat,Assisten,Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat Uspika Kecamatan Pagar Dewa, Bhabinsa,
Bhabinkamtibmas,Peratin dan calon peratin,Kepala Sekolah, para Dewan Guru,Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Pada Musrenbang tersebut, Parosil sekaligus meresmikan wisata taman anak-anak Suko Mulyo milik Pekon Suka Mulya yang ditandai dengan pemotongan pita.

Sebagai informasi, Pelaksanaan Musrenbang itu juga didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Perpustakaan Keliling, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan gerai vaksinasi covid-19.

Pada acara tersebut Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Dana Desa (DD), penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan.

Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Pagar Dewa dan penyerahan bibit benih ikan.

Bacaan menarik :  Ketua TP PKK Zelda Naturi Nukman Lantik Ketua TP PKK Kecamatan Wilayah Lampung Barat.

Kehadiran Bupati Parosil dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin (PM) di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok, Budaya Kuda Lumping serta para pesilat dari empat perguruan, yakni PSHT, IKSPI, Pagar Nusa dan Cempaka Putih.

Dalam arak-arakan tersebut, PM ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara.

Setelah sampai di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan penampilan Tari Sembah Batin dari SDN Suka Mulya dan Tari Sastra dari anak-anak SDN Sidomulyo.

Kemudian ditampilkan pula Budaya Nyambai yang dipersembahkan Ibu-ibu dari Pekon Suka Mulya dan dari anak-anak SMPN 02 Pagar Dewa.

Satu tokoh masyarakat Pekon Sukamulya Kecamatan Pagar Dewa, Solehudin, ia mengucapkan terimakasih atas kehadiran PM di Pekonnya yang sudah kali kedua dengan acara yang sama, yakni Musrenbang Tingkat Kecamatan.

“Kami mewakili masyarakat Pekon Sukamulya dan umumnya masyarakat Kecamatan Pagar Dewa, kami ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang telah menyempatkan hadir di Pekon kami ini untuk kedua kalinya,”.sampainya.

Solehudin menyatakan di kecamatan Pagar Dewa sudah banyak perubahan dan kemajuan. Menurutnya, kemajuan dan perubahan yang ada di Kecamatan Pagar Dewa itu berkat kerjasama perangkat daerah Lampung Barat.

Bacaan menarik :  Mengusung Tema :Sahabat Anak Lintas Generasi Indonesia Maju. HUT Ke 6 Media Halopaginews Bakal Berlangsung  di Lampung Timur.

“Dulu lokasi di sini masih banyak kebun alang-alang, tetapi sekarang sudah ada kolam renang dan sudah ada gazebonya. Dulu jalan di Kecamatan Pagar Dewa ini banyak yang berlubang dan becek, sekarang sudah berkurang,”.

“Saya pribadi dan masyarakat Sukamulya berharap, supaya bapak Bupati bisa meneruskan kepemimpinan yang berikutnya,”.harap Solehudin

Selaku kepala daerah, Parosil mengapresiasi masyarakat Kecamatan Pagar Dewa, lantaran masyarakat setempat begitu antusias mendukung Musrenbang tersebut dengan berbagai seni budaya.

“Kehadiran pak Bupati dan rombongan dikawal para pendekar, ada dari Setia Hati, Pagar Nusa, Kera Sakti dan Cempaka Putih,”.

“Ini pendekar-pendekar yang setia menjaga NKRI,”.tegas Parosil

Parosil menuturkan, meskipun Kecamatan Pagar Dewa merupakan kecamatan yang terbilang baru di Kabupaten Lampung Barat, akan tetapi Kecamatan tersebut memiliki potensi besar mengenai budaya.

“Ada juga ibu-ibu nyambai, tadi anak-anakku dari tingkat SD menampilkan seni sastra, termasuk penampilan tari sembah dari anak-anak SMP,”.kata Parosil.

“Ini potensi, mestinya bapak ibu bangga, Pagar Dewa merupakan kecamatan yang baru terbentuk, tetapi tidak kalah dengan kecamatan lain,”.

Selanjutnya, Parosil memberi apresiasi kepada anak-anak SD yang menyampaikan pitu program serta tiga komitmen yang ia canangkan saat menampilkan seni sastra. Selain itu, pitu program dan tiga komitmen tersebut juga disampaikan oleh ibu-ibu grup nyambai saat melakukan nyambai.

Bacaan menarik :  Bidang Humas Polda Lampung, gelar acara penanda tanganan Pakta Integritas DIPA T.A 2023

“Pada kesempatan ini tidak banyak yang pak bupati sampaikan, karena pitu program dan tiga komitmen tadi sudah disebutkan dan dijelaskan oleh anak-anak yang menampilkan seni sastra dan juga ibu-ibu nyambai,”.

Dari hal itu Parosil merasa bangga, pasalnya pitu program dan tiga komitmen yang ia canangkan dapat diketahui masyarakat, terlebih dapat dirasakan secara langsung manfaatnya.

“Ini luar biasa, empat sehat lima sempurna. Program-program pak bupati dapat dipaparkan semuanya, tadi dijelaskan pak Solehudin, ibu-ibu grup nyambai dan anak-anak yang menampilkan seni sastra,”.Pungkasnya.

Bagikan postingan
Ronny F Sompie Hadir Pada Deklarasi Tokoh Multi Etnik Jakarta Yang Mendukung Cagub Cawagub Ridwan Kamil Suswono (RIDO)
0
Angkatan Muda Bima Dukung Ridwan Kamil Suswono (RiDO)
0
Ketua Umum LSM Pakar Nusantara Mengajak Semua Aliansi dan Paguyuban di Wilayah Kabupaten Tangerang Menjaga Kondusifitas di Pilkada 2024 Provinsi Banten
0
Polri Ungkap Kasus Perdagangan Ilegal 100 Ribu Benih Bening Lobster
0
Dimediasi Ketum PETIR, Perselisihan Frans Dan Varhana Temui.Titik Terang
0
Pengacara Ahmad Yani Dampingi 82 Kepala Keluarga yang Termarjinalkan Di Jakarta Barat
0
Aktivis Lingkungan Hidup Kecam Ilegal Fishing Benih Lobster di Lampung Tengah
0
Lantamal I Hadiri FGD Quick Response Team Penanganan dan Penanggulangan Musibah Pelayaran di Pelabuhan Belawan
0
AKP Syamsu Rizal : Dengan Berolah Raga Tubuh Menjadi Sehat Tidak Mudah Terserang Penyakit.
0
Pj.Bupati Nukman Bagikan Seragam Gratis di Kecamatan Balik Bukit dan Baru Brak.
0
Pj. Bupati Nukman Harapkan Edi Novial Bisa Menjalankan Amanah Masyarakat.
0
Kadis kominfo Moudy Ary Nazolla Hadiri Rakor SEP 2024, Pemkab Pringsewu Terima Piagam Penghargaan
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!