PT PMH Gelar Workshop Perina Nicu Tentang PMK Di RS Bhakti Mulya Petamburan Jakarta pusat

Penulis :

Lucky sun

Jakarta,traznews.com

Dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang kesehatan dan penyediaan alat kesehatan serta linen sehingga bermanfaat bagi masyarakat untuk terus menerus maju dan berkembang secara berkelanjutan bagi kemaslahatan umat manusia, PT Prima Medisina Hanacaraka (PMH) sebagai platform penyedia pelatihan medis adakan pelatihan Perawatan Metode Kanguru (PMK) kepada para perawat Perina dan Nicu di Rumah Sakit (RS) Bhakti Mulya Petamburan Jakarta Pusat pada Sabtu 8/10/2022.

 

Direktur Utama (Dirut) PT PMH Ns Halipah S.kep MH.Kes pada sesi pertama memberikan materi terkait safety patient pada Perina dan Nicu Care yang mengacu kepada dasar hukum UU No 44 tahun 2009 tentang rumah sakit dan Permenkes No 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien. Halipah menjabarkan pelayanan Perina dan Nicu merupakan pelayanan yang kompleks dan beresiko tinggi, dituntut bekerja interprofesional dan kerap menghadapi situasi kritis. Kemungkinan error dan kejadian tidak diharapkan (KTD) sangat mungkin terjadi.

Bacaan menarik :  Rampai Nusantara Dukung Calon Presiden yang Miliki Komitmen Kebangsaan

 

Diketahui Perina adalah ruang perawatan untuk bayi dengan kondisi yang kurang baik dan memerlukan observasi lebih lanjut, sehingga memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar bayi dapat diselamatkan dan mempunyai kualitas hidup yang baik. Jadi ada standar yang harus dipenuhi petugas Perina Nicu harus kompeten dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, perawat sebagai kebutuhan tertinggi di rumah sakit harus memahami betul skil dan produck knowledge bagaimana cara mengatasi ketika bayi menggigil dan sebagainya, terang Ns Uswatun Hasani S.kep selaku fasilitator pada workshop tersebut.

 

Lebih lanjut Ns Uswatun menjelaskan

Bayi-bayi yang lahir prematur dengan berat badan dibawah 2500 gram boleh melakukan metode PMK sampai hemodinamik bayi sudah stabil dapat melakukan persiapan untuk pulang,

Bacaan menarik :  Ratusan Kasus TPPO Diungkap Polri, Modus Terbanyak Jadi PMI Ilegal hingga PSK

bagi bayi yang masih Intermittent yang dirawat masih pakai alat bantu nafas minimal satu (1) jam boleh dilakukan karena bayi sudah dalam posisi nyaman dalam dekapan si ibu dan jangan kurang dari satu (1) jam karena bayi baru beradaptasi.

 

Mengingat metoda terdahulu bayi prematur diletakan botol botol hangat di kiri kanan atau botol air panas, cara terdahulu tersebut cukup beresiko takut tutup botol lepas, Metode PMK adalah cara paling aman yang dilakukan untuk bayi prematur manfaatnya bisa meningkatkan berat badan bisa meningkatkan reflek hisap karena efek bayi prematur itu ada yang reflek hisap memang belum bagus.Dalam penelitian tentang PMK ini memang terbukti dengan adanya kontak antara ibu dengan bayi durasi tidur bayi lebih lama.

Bacaan menarik :  PDI Perjuangan Pecahkan Rekor MURI, Dalam Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) Tahun 2022.

 

Bagikan postingan
Pelantikan Bhinneka Putra Linanta ,S.H,  PAW Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta  Komisi A Dari Partai Gerindra
0
Memperingati Jumat Agung Kapolres Metro Jakarta Utara Lakukan Pengecekan Gereja
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Berkah Ramadhan, TK Hang Tuah Dumai Berbagi Takjil
0
Malam Ke-17 Ramadhan 1445 Hijriyah, Kapolsek Sekincau Santuni Puluhan Anak Yatim Di Masjid Al -Ikhlas Betung Sukosari .
0
Kunjungan Kerja Komandan Lanal Dumai Ke Posbabinpotmar Perawang Posal Bengkalis
0
Komandan Lanal Bandung Laksanakan Buka Puasa Bersama Pasis Sesko TNI LII dan Sespimti Polri Angkatan 33 Matra Laut Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Musrembang RPJPD Tingkat Kota Bandung Tahun 2025-2045
0
Lantamal I Ikuti Rakornis Binjas Permildas TNI Tahun 2024 Melalui Vicon?
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi UNCLOS 82 Dari Aspek Operasi
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi Perkiraan Intelijen TNI AL Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bintan Buka Kegiatan Baksos dan Karya Bakti Bersama Satgas Trisila TNI AL Tahun2024 di Tanjung Uban
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!