Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Ormas Maluku Utara Bersatu ( MUB) Kunjungi Kementerian ESDM 

Penulis :

Lucky sun

Jakarta, traznews.com Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Ormas Maluku Utara Bersatu ( MUB) Ketum MUB O.H.Sero dan Sekjen Anhar Maulang beserta jajaran melakukan kunjungan Audensi ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait Permasalahan Penanganan Dampak Banjir di Weda Halmahera Tengah, Kamis (25/7/2024) Kementerian ESDM, Gambir Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, Ketum MUB O.H.Sero menyampaikan keprihatinan mendalam atas bencana banjir yang telah melanda masyarakat di Maluku Utara, khususnya di Weda Halmahera Tengah. Kunjungan Keluarga Besar MUB meminta segera kementerian ESDM memanggil PT IWIP dan pihak terkait guna meminta pertanggung jawaban atas dampak yang di lakukan PT IWIP.

“Kami merasa terpanggil untuk mencari solusi atas musibah ini. Masyarakat Maluku Utara sangat terdampak, dan kami ingin memastikan bahwa ada tindakan nyata dari pihak pemerintah dan perusahaan terkait,” kata O.H. Sero.

Sero juga menegaskan pentingnya tanggung jawab PT IWIP dalam mengatasi dampak banjir. Menurutnya, musim hujan yang ekstrem tidak pernah terjadi sebelumnya dengan skala sebesar ini dan menduga ada kaitan dengan aktivitas perusahaan.

Bacaan menarik :  Rutan Kelas I Jakarta Pusat Berkordinasi Dengan Sangha Dhammaduta Indonesia (SDDI)

“Kami berharap Kementerian ESDM dapat menindaklanjuti masalah ini dengan serius dan segera mencari solusi untuk mengatasi banjir yang terus menghantui warga Maluku Utara,” tambahnya.

Ketum MUB O.H.Sero berharap Kementerian ESDM segera memanggil PT IWIP dan pihak terkait untuk meminta pertanggungjawaban atas kerusakan lingkungan yang terjadi di wilayah tambang nikel. Banjir yang terjadi menunjukkan adanya kerusakan lingkungan akibat aktivitas tambang tersebut.

“Kami mendesak pemerintah pusat dan daerah segera turun ke Weda untuk menunjukkan tanggung jawab mereka kepada rakyat. Masyarakat Maluku Utara sudah sangat sabar. Kehadiran tambang tidak membawa perubahan positif bagi kehidupan masyarakat. Orang miskin tetap miskin,” ujarnya.

Wasekjen 1 Ahmad Dailangi juga menggarisbawahi perlunya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak perusahaan dalam menangani bencana ini.

“Kami meminta agar PT IWIP duduk bersama kami untuk mencari solusi terbaik. Jika tidak ada respon yang memadai, kami akan mengadakan aksi lebih besar lagi,” ujarnya

Bacaan menarik :  Prof. Dr. Binsar Gultom Hadiri Peluncuran Buku Bamsoet, " Perlunya Perubahan Amandemen Terhadap UU Dasar 45

Jajaran pengurus MUB, yakni Wasekjen 1 Ahmad Dailangi, Waketum 1 Rusli Sudin, Penasehat Wiliam Foke, dan Panglima MUB Iskandar Alam, serta utusan Mahasiswa Maluku Utara Sabdi Naim, menyampaikan pendapat yang sama. Mereka mendesak Kementerian ESDM untuk segera memanggil PT IWIP guna mengatasi dampak banjir di Weda, Halmahera Tengah.

Begitu pun Waketum 1 MUB Rusli Sudin menghimbau agar dampak ekonomi warga yg saat ini jadi Pengungsi agar di perhatikan saat Pasca Banjir dan Prioritaskan Pemulihan sektor Ekonomi masyarakat krn jgn sampe Dampak Banjar di Weda anak2 mereka yg sedang menempuh pendidikan di perantauan jadi terganggu krn Sulitnya Orang tua mendapatkan Penghasilan Saat Pasca Banjir

 

Perwakilan dari Kementerian ESDM, yang hadir dalam audiensi tersebut, menyampaikan bahwa mereka akan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat Maluku Utara dengan serius. Mereka juga mengumumkan rencana untuk melakukan audiensi lanjutan yang melibatkan PT IWIP.

“Kami akan segera menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan terkait penyebab banjir ini dan memastikan bahwa semua pihak terkait mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini,”ujar seorang perwakilan dari Kementerian ESDM.

Bacaan menarik :  Puan: Salurkan THR dan Gaji ke-13 Untuk ASN dengan Tepat Waktu

 

Pertemuan tersebut diakhiri dengan komitmen dari semua pihak untuk terus berkoordinasi dan mencari solusi terbaik bagi masyarakat Maluku Utara Halmahera Tengah yang terdampak banjir.

 

Kami berharap bahwa pertemuan ini akan menjadi langkah awal untuk menciptakan perubahan yang nyata dan membantu masyarakat yang membutuhkan,”tutup O.H. Sero.

Bagikan postingan
Ronny F Sompie Hadir Pada Deklarasi Tokoh Multi Etnik Jakarta Yang Mendukung Cagub Cawagub Ridwan Kamil Suswono (RIDO)
0
Angkatan Muda Bima Dukung Ridwan Kamil Suswono (RiDO)
0
Ketua Umum LSM Pakar Nusantara Mengajak Semua Aliansi dan Paguyuban di Wilayah Kabupaten Tangerang Menjaga Kondusifitas di Pilkada 2024 Provinsi Banten
0
Polri Ungkap Kasus Perdagangan Ilegal 100 Ribu Benih Bening Lobster
0
Dimediasi Ketum PETIR, Perselisihan Frans Dan Varhana Temui.Titik Terang
0
Pengacara Ahmad Yani Dampingi 82 Kepala Keluarga yang Termarjinalkan Di Jakarta Barat
0
Aktivis Lingkungan Hidup Kecam Ilegal Fishing Benih Lobster di Lampung Tengah
0
Lantamal I Hadiri FGD Quick Response Team Penanganan dan Penanggulangan Musibah Pelayaran di Pelabuhan Belawan
0
AKP Syamsu Rizal : Dengan Berolah Raga Tubuh Menjadi Sehat Tidak Mudah Terserang Penyakit.
0
Pj.Bupati Nukman Bagikan Seragam Gratis di Kecamatan Balik Bukit dan Baru Brak.
0
Pj. Bupati Nukman Harapkan Edi Novial Bisa Menjalankan Amanah Masyarakat.
0
Kadis kominfo Moudy Ary Nazolla Hadiri Rakor SEP 2024, Pemkab Pringsewu Terima Piagam Penghargaan
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!