Kemeriahan Parade Pargon di Pantai Watu ulo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember diPadati Ribuan Pengunjungdi

Penulis :

A.haris

Jember .Traznews.com.Parade Pegon yang di gelar setahun sekali oleh pemerintah desa dan masyarakat kecamatan Ambulu tahun ini di selenggarakan hari Minggu 21 April 2024 terasa berbeda dibanding dengan perayaan pada tahun sebelumnya.
Diawali Parade Pegon yang diberangkatkan dari Balai Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember itu, berahir di Pantai Watu Ulo,di tempat ini sudah menunggu masyarakat yang sangat antusias ingin meyaksikan acara tahunan yang di helat setiap bulan syawal atau tepatnya setelah tujuh hari Hari raya idul fitri atau lebih dikenal dengan istilah riyoyo kupatan (red),selain acara parade pegon masyarakat juga di suguhi berbagai pertunjukan seperti reog ,jaranan dan pertunjukan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember Bambang Rudianto, menjelaskan bahwa sekitar 42 Pegon, yang mengikuti Parade, ditarik oleh sapi pilihan dengan di hias berbagai macam hiasan untuk lebih memeriah kan acara tersebut.“Kami bekerja sama dengan Dinas Peternakan, untuk memilih sapi yang sehat,serta memotifasi masyarakat untuk lebih semangat lagi memelihara ternak khususnya sapi dengan tehnik pemeliharaan yang benar” jelasnya.
“Saya juga punya keinginan untuk mengusulkan kepada Kemenparekraf dan Kemendikbukristek ,Parade Pegon ini sebagai Kharisma Event Nusantara dan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)”, tambah beliau

Bacaan menarik :  Ketua LBH PETA jember angkat bicara terkait berita satu media yang menimpa klein nya

“Setelah acara ini, kami akan melaksanakan clean up beach (bersih bersih pantai),agar kebersihan pantai terjaga dan tidak merusak ekosistem di sekitar pantai,ucapan Terima kasih kepada seluruh pihak yang bekerja sama membantu baik masyarakat ataupun pemerintah desa sehingga terlaksana acara tersebut”.ungkapnya

Salah seorang pengunjung, Agus Suprianto yang berasal dari umbulsari saat di konfirmasi di tengah tengah kegiatan menjelaskan bahwa Festival Pegon digelar secara rutin tiap tahun dari tradisi yang digelar mulai saya kecil pada 1989 sampai sekarang masih terlaksana dan di tahun 2024 ini lebih meriah dari tahun tahun sebelumnya dan kami mewakili keinginan masyarakat agar acara ini tetap terselenggara “.ungkapnya

Bacaan menarik :  SEREMONIAL Pemdes Petung Lepas Pisah Purna Tugas Kaur Kesra .

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST IPU ASEAN Eng, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember, berbaur bersama masyarakat, menikmati perayaan Parade Pegon 2024,sambil bersama sama menikmati hidangan ketupat yang disediakan.Menurut Bupati Jember Hendy Siswanto bahwa Parade Pegon 2024 merupakan puncak peringatan Hari Raya Idul Fitri.“Kita saksikan bersama, Jember memiliki potensi yang luar biasa dan dimunculkan dalam Parade Pegon ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendy mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir dan menyukseskan pagelaran Parade Pegon 2024,berkumpulnya Kita di pantai ini bukan berjemur, tapi kita bersama-sama menikmati kehangatan sinar matahari,” candanya,”Melihat potensi yang ada, maka saya bersama Pemerintah kabupaten berencana membangun pedestarian sepanjang 1,2 kilometer di Pantai Watu Ulo ini;dengan begitu, dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berkunjung ke sini,Minal aidzin wal faidzin, mohon waktu maaf lahir dan batin. Mohon maaf, selama saya menjabat masih banyak kekurangan dan masih sedikit manfaatnya. Untuk itu, ke depan bakal kami maksimalkan pekerjaan kami untuk mensejahterakan masyarakat “tutup beliau.
(Aries)

Bacaan menarik :  Sigap! Panwascam Rambipuji Bimtek 261 PTPS Wilayah
Bagikan postingan
Polda Metro: Kasus Petani Ditipu Rp 598 Juta Terjadi 2016, Pelaku Sudah Dipecat
0
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Beri Peringatan Keras ke Pihak Asing yang Berani Singgung Indonesia: Tidak Hanya Berbicara!
0
Bhabinkamtibmas Bripka Leonardo Berhasil Tangkap Napi Kabur Dari LPKA
0
Ibu  Di Jaktim Rekam Anak Bersetubuh Dengan Pacar, Lalu Disuruh Aborsi Di Tangkap Polrestro Jaktim
0
Polrestro JaktimTangkap Ayah Bejat di Cakung Tega Setubuhi Putrinya Berumur 8 Tahun
0
MIO INDONESIA Gelar Raker Di Tavia Heritage Hotel Jakarta Pusat, Akan Dibuka Menkoinfo RI 
0
Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu. David Pulner SH :Hati Hati Di Jalan Utamakan Keselamatan Bukan Kecepatan
0
Pria Lampung Timur yang Videonya Viral Konsumsi Sabu Akhirnya Menyerahkan Diri
0
Pj. Bupati Tulang Bawang Didukung Ketua Laskar Merah Putih untuk Maju di Pilkada 2024-2029
0
Lomba Satkamling 2024, Tim Penilai Polres Lampung Barat Kunjungi Wilkum Polsek Sekincau .
0
Patroli Dialogis, Polres Lampung Barat Tinjau Pos ronda Di Wilkum Polsek Sekincau
0
Kapolda Bali Dampingi Kapolri Dan Panglima TNI Antar Keberangkatan Presiden RI
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!