Kegiatan Bazar dan pentas seni SMPN 2 Tanggul Kabupaten Jember Jawa timur hasil nyata Penerapan kurikukulum MERDEKA

Penulis :

A.haris

Jember.Traznews.com.Pagelaran tari dan musik serta bazar yang dilaksanakan oleh siswa siswi kelas 7 SMPn 2 Tanggul Sabtu 22 Juni 2024 merupakan bukti nyata dari penerapan kurikulum Merdeka yang di canangkan pemerintah mulai ajaran 2022 – 2023 ,beberapa karakteristik utama dari kurikulum ini yaitu mendukung pemulihan pembelajaran, antara lain Fokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam,Waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter melalui belajar kelompok seputar konteks nyata yaitu 5P (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Kepala sekolah SMPn 2 Tanggul ,Leksono Wahyoe Widayat ,S.Pd saat di temui awak media di ruang kerjanya menjelaskan “Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka mencakup tiga tipe kegiatan pembelajaran sebagai berikut:

Pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan secara terdiferensiasi sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Hal ini juga memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya.
Pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, berprinsip pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
Pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat murid dan sumber daya satuan pendidik.
Tahapan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar
Pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka merupakan siklus yang melalui tiga tahapan berikut:

Bacaan menarik :  Kisah Klasik Yudi Purdiyanto Perintis Pendidikan Di Bedahan Jerit

1. Asesmen diagnostik
Guru melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap pencapaian pembelajaran murid. Asesmen umumnya dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran. Sehingga, hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan.

2. Perencanaan
Guru menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik, serta melakukan pengelompokan murid berdasarkan tingkat kemampuan.

3. Pembelajaran
Selama proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen formatif secara berkala. Hal itu dilakukan untuk mengetahui progres pembelajaran murid dan melakukan penyesuaian metode pembelajaran, jika diperlukan. Pada akhir proses pembelajaran, guru juga bisa melakukan asesmen sumatif sebagai proses”

Lebih lanjut beliau menambahkan Keunggulan Kurikulum tersebut Lebih sederhana dan mendalam
Serta lebih berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya.
Serta Lebih relevan dan interaktif memberikan Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya. Sehingga, dapat mendukung pengembangan karakter dan sikap dengan cara merekam gambar visual mulai dari bangun tidur segala apa yang terjadi di lingkungan mereka.

Bacaan menarik :  Deklarasi relawan JIBAY Jember salah satu langkah pemenangan H.Bayu Priandoko sebagai caleg DPRD propensi jawa timur

“Kami berharap dengan adanya kurikulum merdeka bersama 5P bisa bermanfaat untuk dijadikan bekal siswa di kemudian hari”,tutup beliau

Salah seorang wali murid kelas 7 Agus Supriyanto saat di konfirnasi di tempat acara bazar menjelaskan rasa terima kasih nya kepada guru yang telah membimbing putranya karena bukan hanya mendidik ilmu pengetahuan tapi juga memberikan pembelajaran berharga ilmu wira usaha untuk bekal kehidupan nya kelak.

Kabiro : Aji haris

Bagikan postingan
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Pemerintah Tiyuh Margodadi realisasikan BLT DD Periode Bulan Juni Sampai September
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!