Bukan Kaleng Kaleng, Kecintaan Bupati Parosil Mabsus Dan Wakil Drs.Mad Hasnurin Terhadap Seni Budaya.

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Kecintaan Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus terhadap Seni Dan Budaya yang ada di Lampung barat bukan kaleng kaleng serta patut kita apresiasi, hal tersebut terbukti dari setiap ada pagelaran seni budaya baik lokal (Lampung) maupun luar daerah Lampung beliau selalu eksis.

Saat berkunjung ke Suoh Bupati Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Drs Mad Hasnurin beliau menyempatkan waktu untuk menikmati pertunjukan pagelaran kesenian kuda lumping di Pekon Tugu Ratu Kecamatan Suoh bahkan ikut tampil bermain bersama wakil dengan menunggangi kuda lumping laksana seorang Ksatria,(17/05/22).

Parosil menyampaikan, Kuda lumping atau Jaran Kepang merupakan seni tari yang dimainkan dengan properti menggunakan kuda tiruan, Terlepas dari asal usul serta nilai historisnya, tari kuda lumping menampilkan semangat heroisme dan aspek kemiliteran sebuah pasukan berkuda atau kavaleri. Hal ini terlihat dari gerakan ritmis, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

Bacaan menarik :  Bidang Humas Polda Lampung, gelar acara penanda tanganan Pakta Integritas DIPA T.A 2023

Alhamdulilah Hari ini saya beserta pak Wakil bisa berkunjung ke Pekon Gunung Ratu dan bisa berkumpul membaur menjadi satu bersama warga dalam acara Pentas Kesenian Kuda Lumping ini.

“Seperti saat ini yang sedang kita lihat, pergelaran kegiatan pentas seni dan budaya kuda lumping merupakan warisan budaya nenek moyang yang harus terus kita lestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan jaman” Kata Parosil.

Indonesia ini adalah orang yang berkepribadian dalam kebudayaan, maksudnya apa kita ini sangat menghargai yang namanya budaya, ibu bapak yang hadir hari ini bukan cuman orang Jawa, ada Lampung, Sunda, Batak, dan banyak suku bangsa lainya.

” Ibu Megawati sangat mengharapkan kepada kita agar terus menjaga dan melestarikan budaya sebagai salah satu warisan nenek moyang yang perlu di pertahankan dan di lestarikan” pungkasnya.

Bacaan menarik :  Lampung Barat Hadir Dalam  Kriyanusa Tahun 2023  Jakarta Convention Center (JCC).
Bagikan postingan
Polres Lampung Barat Bekuk Pria Kedapatan Bawa Ganja di Lintas Liwa-Krui
0
Jumling Di Pekon Campang Tiga, AKP H.Sahril Paison Ajak Warga Tingkatkan Iman Taqwa Serta Santuni Lansia Dan Anak Yatim .
0
Bantu Warga Berbuka Puasa Yang Dalam Perjalanan Polsek Cakung Bagikan Ratusan Takjil
0
Kapolres Ajak 4 Pilar dan Masyarakat Jaga Keamanan di Bulan Suci Ramadhan 
0
Rayakan Kemenangan Penuh Keajaiban di Ancol TamanImpian
0
Pererat Silahturahmi, Keluarga Besar Lanal Lhokseumawe Buka Puasa Bersama
0
Press Conference Hari Raya Idul Fitri  Di Ancol Taman Impian Tahun 2024
0
Cegah Perundungan Polres Metro Jakarta Selatan Sosialisasi “Stop Bullying” di Sekolah SMA 74 Jakarta
0
Danlantamal I Hadiri Entry Briefing Pangkoarmada I
0
Danlantamal I Lepas Kapal Perang Prancis FNS Vendemiaire F 734 di Dermaga Pelindo Belawan
0
Wadan Lantamal I Hadiri Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!