Laksanakan On Air Di Polri Radio Presisi, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saepul Rahman S,IK Bahas Dua Tema Penting.

Penulis :

Sam LB

Lampung Barat-Kapolres Lampung Barat Polda Lampung AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik melakukan wawancara on air di Polri Radio Presisi.

Dalam kegiatan ini ada dua tema yang akan di bahas yaitu terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, serta video viral Jiwaku Penolong Kapolres Lampung Barat. Kamis (19/05/2022).

Dalam siaran Radio Presisi tersebut Kapolres Lampung Barat Polda Lampung AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik menyampaikan bahwa video yang viral saat memberikan tumpangan kepada seorang ibu pejalan kaki itu dilakukan secara spontan saja.

“Kejadiannya saat saya bersama driver selesai melaksanakan patroli dan pengamanan dalam acara adat yang biasa di laksanakan pada hari raya idul fitri atau yang biasa disebut dengan pesta sakura. Dalam perjalanan saat melaksanakan patroli kami bertemu dengan seorang ibu-ibu yang terlihat membawa barang yang cukup banyak. Dengan itu saya spontan menawarkan ibu tersebut untuk dapat di antarkan pulang kerumahnya,”terang kapolres.

Kapolres Lampung Barat juga menjelaskan bahwa dalam perjalanan mengantarkan ibu-ibu tersebut mereka membahas apakah ibu tersebut memiliki suami atau tidak. Ibu tersebut menjawab bahwa beliau sudah tidak memiliki suami di karenakan suaminya meninggal dunia bersamaan dengan anaknya di karenakan sakit.

Bacaan menarik :  Dukung OPS Sikat Krakatau 2022,  Nurkholis Serahkan Senjata Api Ke Mapolsek BNS Suoh.

Sepanjang jalan bapak kapolres dan ibu-ibu tersebut saling bertukar cerita. Ibu tersebut terlihat bahagia karena bisa menaiki kendaraan polisi tanpa tahu bahwa yang menolongnya adalah seorang kapolres di daerahnya.

“Tindakan-tindakan itu sebetulnya hanya karena adanya rasa simpati melihat masyarakat yang membutuhkan bantuan supaya masyarakat juga memiliki rasa empati terhadap kepolisian. Selain melakukan tugas-tugas kepolisian polisi juga harus dapat menciptkan humanisme kepada masyarakat,”ujar Kapolres.

Selanjutnya terkait penanganan dan pencegahan penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak yang ada di wilayah hukum polres lampung barat. Kapolres menjelaskan bahwa di kabupaten lampung barat dan pesisir barat sendiri telah membentuk satgas pencegahan dan penanganan PMK dimana pihak polres lampung barat telah bekerja sama dengan dinas peternakannya. Serta jajaran polsek yang gerak cepat bersama bhabinkamtibmasnya turun langsung ke lapangan untuk memonitoring ke peternak-peternak baik itu sapi, kerbau, kambing maupun domba.

“Kami juga telah melakukan pendataan baik untuk jumlah maupun peternak yang ada di wilayah lampung barat dan pesisir barat. Selain itu kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyakit mulut dan kuku pada hewan tersebut kepada para peternak sebagai salah satu upaya antisipasi,”lanjut Kapolres.

Bacaan menarik :  Polrestro Jakpus Lakukan Operasi Skala Besar, Tangkap 26 Tersangka Narkoba dan menyita 2 Kg Sabu Di Kalipasir

Alhamdulillah hingga saat ini belum di temukan adanya gejalan penyakit mulut dan kuku ini. Namun meskipun begitu setiap hari pihak polres lampung barat terus memonitor baik melalui via whatsapp kepada peternak maupun turun langsung kelapangan. Selain itu juga polres lampung barat terus melakukan edukasi kepada masyarakat berupa desain komunikasi visual melalui sosial media serta menyiapkan pos pemeriksaan di setiap perbatasan wilayah baik lampung barat dan pesisir barat agar hewan-hewan yang akan di jual dan memasuki wilayah ini dapat di lengkapi dengan surat keterangan pemeriksaan kesehatan hewan.

“Salah satu upaya kami dalam mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku ini dengan mengaktifkan pusat kesehatan hewan. Pusat kesehatan hewan ini awalnya hanya ada satu di setiap kabupaten namun kami sudah megusahakan agar ini dapat berada di setiap kecamatan agar memudahkan masyarakat mengakses pusat kesehatan hewan,” jelas kapolres.

Pesan Kapolres Lampung Barat kepada para bhabinkamtibmas tugas ini adalah tugas yang mulia dengan adanya penyakit mulut dan kuku ini akan berpotensi dalam harkamtibmas di wilayah kita, maka dari itu kita harus berperan aktif untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan dan tidak menyebabkan kerugian pada masyarakat.

Bacaan menarik :  Meriahkan HUT Ke-78 RI, Danlanal TBA Ikuti Sepeda Santai Bersama Masyarakat

“Bagi para masyarakat baik itu konsumen daging maupun peternak untuk dapat memperhatikan tips-tips penangan yang telah diberikan baik di sosial media maupun yang berupa selembaran agar kita semua bisa bersama-sama mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini,”pungkas Kapolres.

Dalam mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku khususnya di wilayah lampung barat dan pesisir barat polres lampung barat dan dinas terkait telah melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar hewan-hewan ternak. Serta untuk masyarakat khususnya peternak untuk dapat mengenali ciri gejalan penyakit tersebut dan apabila ditemukan gejala tersebut pada hewan ternak nya agar dapat melapor ke bhabinkamtibmas setempat maupun dinas terkait untuk dilakukan pengecekan.

Bagikan postingan
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Pemerintah Tiyuh Margodadi realisasikan BLT DD Periode Bulan Juni Sampai September
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!