Puluhan Personel Bhabinkamtibmas Polres Pringsewu,Diberikan Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa Murni.

Penulis :

***

Pringsewu-Puluhan personel Bhabinkamtibmas Polres Pringsewu diberikan pelatihan pembuatan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kelangkaan minyak goreng.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres setempat juga menghadirkan narasumber sekaligus pengusaha minyak kelapa asal Pekon Kediri, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (17/3).

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi menututurkan, pelatihan bertujuan agar personal Polri mendapatkan pengetahuan pembuatan minyak kelapa murni sebagai alternatif atas susah dan mahalnya mendapatkan minyak goreng berbahan kelapa sawit.

“Sehingga, ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dan di sampaikan kepada masyarakat di tempatnya bertugas,” ujarnya saat ditemui dilokasi pelatihan.

Selain itu, kata Rio, meskipun pembuatan minyak kelapa ini tidak menuntaskan persoalan kelangkaan minyak goreng karena keterbatasan bahan baku, tapi setidaknya bisa menginspirasi dan menjadi salah satu alternatif.

Bacaan menarik :  Dalam Rangka Kenaikan Isa Al Masih 2022, Polsek Sekincau Laksanakan PAM Ibadah Gereja.

“Pelatihan ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi minyak goreng berbahan kelapa sawit,”ungkapnya.

Sementara itu, Azis, selaku narasumber dalam pelatihan mengungkapkan, pembuatan minyak kelapa cenderung mudah dan tidak memerlukan banyak alat modern. Selain mudah dibuat, juga banyak manfaatnya, bahkan dipercaya menjadi obat alternatif yang sehat jika dibandingkan dengan minyak lainnya.

“Beberapa manfaat minyak kelapa adalah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar lemak jahat dan mencegah diabetes,” terangnya.

Tak hanya untuk kesehatan, lanjut Azis, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Diantaranya mengobati jerawat, pelembab kulit, kesehatan rambut dan juga sebagai alternatif pengganti minyak pijat.

Bacaan menarik :  Polres Lampung Barat menerima kunjungan tim penelitian STIK-PTIK Lemdiklat Polri T.A. 2023

“Melalui pelatihan ini, semoga ke depan warga tertarik untuk memproduksi minyak kelapa sendiri. Selain itu bisa dijual dan menambah income bagi para warga itu sendiri,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, Kasat Binmas Iptu Mardiono, Kasi Propam Ipda Mulyono dan 50 personil Bhabinkamtibmas.

Bagikan postingan
Agung Imam Prasetiyo Ambil Berkas Penjaringan Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati (Wabup) Di kantor PDI Perjuangan Lampung Barat .
0
PT Sawit Sumbermas Sarana TBK, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Dan Luar Biasa & Paparan Publik.
0
Kunjungan Sesko TNI Ke RCAFH, Kamboja Mempererat Hubungan Bilateral Kedua Negara Khususnya Bidang Pertahanan
0
Samapta Polsek Matraman Lakukan Mitigasi Tawuran Dengan Menjadikan Polri Sebagai Sahabat   Di  Sekolah
0
Hasil Pencurian Sepeda Motor di Tambora, Pelaku Pergunakan Untuk Judi Slot dan Beli Narkoba
0
Peringati HUT Ke 25 Tiyuh Margodadi Gelar Sholawat Dan Doa Bersama
0
Polsek Suoh Tingkatkan Patroli Jelang Panen kopi.
0
Drs. Nukman, MM., Ke Jawa Timur  Menghadiri Upacara Peringatan Hari OTODA Ke- XXVIII  2024.
0
Ikatan Alumni Teknik Sipil ITB (ALSI) Menggelar Halal Bihalal & Sharing Session Dengan Tema “Keuangan Syariah: Alternatif Solusi  Untuk Pembiayaan Insfrastruktur”
0
Tim Patroli Perintis Presisi Polres Jakbar Gagalkan Aksi Tawuran, 5 Remaja Berikut Sajam Diamankan
0
Motor Hilang 2 Bulan, Saeful Bersyukur Ditemukan Kembali Motornya di Polsek Tambora
0
Kembali Di tahun 2024, Nawasena SMA 28 Jakarta Mengikuti Perhelatan Folklore Festival And Contest.
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!