PPHI dan Disparekraf DKI Jakarta Kembali Gelar Bimbingan Teknis Untuk INOVASI PENGEMBANGAN WISATA RAMAH MUSLIM YANG BERKELANJUTAN 

Penulis :

Lucky suryani

Jakarta,traznews.com

13 Juli 2023 – Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) bekerja sama dengan

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk “Inovasi untuk Pengembangan Wisata Ramah Muslim yang Berkelanjutan”. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah nyata dari PPHI untuk terus berkontribusi dalam rangka memperkuat industri Pariwisata Rama Muslim yang berkelanjutan di Indonesia.

 

Rangkaian acara Bimtek akan dihadiri ole berbagai pelaku industri dari sektor pariwisata, diantaranya pelaku usaha yang tergabung pada asosiasi ASITA, ASTINDO, ASPPI, HPI, PPHI), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta, anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), anggota destinasi wisata yang tergabung dalam Persatuan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), komunitas atau perkumpulan wisata halal serta beberapa pelaku usaha dari Negara tetangga Malaysia.

 

Kegiatan Bimtek ini dirancang dengan tujuan utama untuk mencapai beberapa hal yang sangat relevan dan penting untuk perkembangan Pariwisata Rama Muslim di Indonesia, di antaranya: meningkatkan Pemahaman Tentang Pariwisata Rama Muslim, meningkatkan Kemampuan Pelaku Usaha dan SDM Pariwisata, meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasca pandemic dan era digitalisasi serta meningkatkan daya saing untuk menggarap peluang Big Size High Growth Muslim (Halal) Market dengan jumlah ditahun 2019 Pasar Wistawan Muslim sebesar 160 Juta Turis (Pengeluaran US$ 194 B dengan pertumbuhan 7.5%) sedangkan Pasar Wisatawan China jumlah nya dibawah Pasar Wisatawan Muslim yakni 155 Juta Turis (Pengeluaran US$ 77,1B dengan pertumbuhan3.3%) sehingga menunjukan bahwa pasar wisatawan muslim merupakan Pasar Utama bukan Ceruk Pasar.

Bacaan menarik :  Komandan Lantamal I Beri Pengarahan Kepada Calon Taruna AAL Pria dan Wanita Panda Lantamal I 

 

Acara Bimtek ini diharapkan dapat menjadi platform untuk memberikan pemahaman dan implementasi konsep Pariwisata Rama Muslim di bidang usaha dan destinasi wisata.

 

Disamping itu kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut atas keberhasilan Indonesia kembali menempati ranking 1 pada Global Muslim Travel Index (GMTI) pada 1 Juni 2023 di Singapore yang dikeluarkan ole Mastercard Crescentrating. Sekaligus juga sebagai persiapan bagi

Provinsi DKI Jakarta dalam menyiapkan diri di tingkat Pelaku Usaha dan Sumber Daya Manusia dengan melakukan pelaksanaan Global Benchmarking yaitu Program Pemeringkat Internasional untuk Kualitas Produk dan Pelayanan Usaha Pariwisata Rama Muslim yaitu

“Muslim Friendly Rating for Services and Facilities in Travel, Tourism and Hospitality Segment” by Mastercard Crescentrating kolaborasi dengan PPHI.

Bacaan menarik :  Lanal Bintan Selenggarakan Baksos dan Bakes Dalam Rangka Pengabdian Tiada Henti 34 Tahun Alumni AKABRI 1989 (ALTAR 89)

 

Yang lanjut pada tingkat Nasional

sedang berjalan Program Indonesia Muslim Travel Index

(IMTI) 2023 yang insya Allah hasilnya akan di umumkan pada Bulan Oktober 2023. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memantik untuk semakin berkembangnya Pariwisata Rama Muslim di DKI Jakarta khususnya sehingga bisa menorehkan DKI Jakarta sebagai destinasi utama bagi pariwisata ramah muslim di Indonesia yang berdampak pada meningkatya pendapatan Devisa dari Wisatawan Mancanegara dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari

Wisatawan Nusantara, tentunya Sukses Jakarta untuk Indonesia.

 

Kegiatan Bimtek akan digelar secara offline di Hotel Borobudur, Jakarta. Adapun rangkaian

acara akan berlangsung selama dua hari, dimulai dari Kamis, 13 Juli pukul 08:00 WIB. Hari

pertama akan disi dengan dua sesi talkshow yang mendatangkan berbagai narasumber yang

merupakan para ahli di bidang Pariwisata Ramah Muslim. Sementara hari kedua pada Jum’at,

14 Juli 2023, agenda kegiatan yang akan dilangsungkan berupa Famtrip ke Kampung Betawi di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Bacaan menarik :  Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Kepolisian Sektor Pademangan Sambangi Sejumlah SPBU Wilayah Pademangan.

 

Kegiatan ini tidak saja berupa pembekalan dan pelatihan tapi dengan dihadirkannya beberapa

pelaku usaha dari Malaysia diharapkan ada transaksi langsung antar pelaku usaha sehingga

tujuan dari Bimbingan Teknis secara real bisa terwujud yaitu adanya deal bisnis.

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan bimtek ini, silakan hubungi:

 

Rifai Chaniago

 

Direktur Eksekutif PPHI

 

WhatsApp: +6285159066892

 

Email: sekretariat@pphi.id

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!