Pemerintah Kota Metro Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-Dunia ke-15 Tingkat Kota Metro Tahun 2022

Penulis :

Traznews.com | Kota Metro – Pemerintah Kota Metro memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-Dunia ke-15 Tingkat Kota Metro Tahun 2022, berlangsung di SD Negeri 11 Metro Pusat, Selasa 25/10/2022.

Pada peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-15 pada Tingkat Kota Metro Tahun 2022, tersebut mengandung tema Bersatu Untuk Tangan Bersih Sehat dengan Sub tema Peran Perempuan dalam Penurunan Stunting melalui Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) dan CTPS.

Walikota Metro Wahdi dalam sambutan mengatakan, Hari cuci tangan pakai sabun sedunia adalah peringatan tahunan yang didedikasikan untuk mengedukasi cuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan banyak nyawa. Peringatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mencuci tangan memakai sabun.

“Hari cuci tangan sedunia dicetuskan oleh Kementerian Cuci Tangan Global, sebagai kesempatan dalam menerapkan cara-cara kreatif untuk mendorong orang mencuci tangan dengan sabun. Peringatan Hari CTPS pertama kali diadakan pada Tahun 2008. Mencuci tangan adalah praktik yang sangat sederhana tetapi hal itu benar-benar dapat membuat perubahan besar dan menyelamatkan nyawa semenjak pandemi covid-19 mencuci tangan menjadi hal penting dalam membantu mencegah penyebaran penyakit tersebut,” jelasnya.

Bacaan menarik :  Ketua DPRD Metro Ambil Berkas Balon Walikota Dari NasDem

Tak hanya itu, kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk diperhatikan secara terus-menerus, agar memberikan dampak yang efektif khususnya dalam rangka pencegahan penyakit pada masa pandemi covid-19, orang bermotivasi untuk cuci tangan pakai sabun dengan tujuan pencegahan penularan covid-19.

“Momentum ini harus dimanfaatkan untuk dapat membuat praktik cuci tangan pakai sabun menjadi suatu kebiasaan ketika masih suasana pandemi covid-19 gerakan cuci tangan di semua instansi, sekolahan, dan semua unit sangat marah sekali. Meskipun saat ini pandemi covid-19 sudah mereda, namun gerakan cuci tangan harus tetap digelorakan di semua lini kehidupan, baik di instansi pemerintah maupun swasta, di instansi pendidikan maupun lembaga lain, harus dilaksanakan karena ini merupakan salah satu wujud kita sebagai bentuk penerapan Kebersihan sebagian dari iman,” ucap Wahdi.

Tambahnya, Hari CTPS sedunia terus berkembang kampanye ini didukung oleh sekolah, pemerintah, lembaga internasional, perusahaan swasta hingga organisasi masyarakat sipil. Peringatan Hari CTPS sedunia menjadi momen penting untuk diperkuat komitmen Pemerintah Daerah dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam mendukung pencapaian target Cuci tangan pakai sabun.

Bacaan menarik :  DPRD Kota Metro Inginkan Masyarakatnya Lebih Baik dan Menuju Sejahtera

“Hal ini juga, sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia, di mana CTPS merupakan salah satu fokus utama dari program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB). Dan telah terintegrasi pada beberapa program atau kampanye lainnya, seperti gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan usaha kesehatan sekolah (UKS),” katanya.

Dalam mengakhiri sambutannya, Walikota Metro Wahdi menyampaikan rasa terima kasih terhadap Tim Penggerak PKK, Dinas Pendidikan serta OPD terkait telah semangat dalam menggelorakan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun.

“Terima kasih kepada tim penggerak PKK Dinas Kesehatan Kota Metro Dinas Pendidikan opd terkait dan anak-anak semua yang tetap semangat terus menggelorakan gerakan Cuci tangan pakai sabun semoga hal ini bermanfaat, serta selalu mendapat perlindungan-Nya,” pungkas Wahdi.

Selaku ketua pelaksana peringatan Hari CTPS, Kepala Dinas Kesehatan, Erla Andrianti, menyampaikan bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang lembab dan sering berkontak dengan kuman, sehingga tangan ini sebagai tempat penukaran penyakit.

“Ada satu cara mencegah dari penularan tersebut dengan cara mencuci tangan pakai sabun. Hal ini merupakan kegiatan yang mendasar dan sederhana namun hal ini dapat berkontribusi dalam pengendalian Inflasi dan penyakit mikro organisme,” kata Erla.

Bacaan menarik :  Komisi I DPRD Metro Desak Pemkot Berikan THR Kepada Tenaga Honorer

Lanjutnya, tujuan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia untuk menurunkan angka kematian anak yang disebabkan oleh penyakit mikro organisme, sehingga dapat menurunkan 25% untuk penyakit pernafasan dan 50% penyakit diare.

“Selain itu, dengan kegiatan hari CTPS ini terdapat 87,5% warga Metro telah melakukan mencuci tangan pakai sabun dengan baik. hal ini masih ada warga Kota Metro yang belum melaksanakan CTPS dengan baik. Untuk itu, peringatan hari CTPS ini dapat dijadikan kampanye cuci tangan baik tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan untuk meningkatkan capaian cuci tangan pakai sabun Kota Metro,” ujar Erla di akhir laporan.  (ADV)

 

Bagikan postingan
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Rapat Paripurna DPRD Jawaban Pj Bupati Pringsewu Pandangan Fraksi-fraksi
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!