YOSOREJO JADI PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG LOMBA KELURAHAN PADA TINGKAT RAGIONAL 1 SUMATERA

Penulis :

Kelurahan Yosorejo, Metro Timur menjadi perwakilan Kota Metro dalam lomba kelurahan tingkat nasional. Bertempat di Aula Kelurahan Yosorejo, tim penilai lomba kelurahan tingkat Regional Sumatra lakukan kunjungan guna melihat kesiapan.Wali Kota Metro Wahdi dalam sambutannya, mengatakan lomba kelurahan tingkat Nasional tahun 2023 ini adalah amanah lebih dari Permendagri Nomor 81 tahun 2015, tentang lomba kelurahan sebagai evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, ke masyarakat yang diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi sampai dengan tingkat nasional.

Wahdi juga menekankan bahwa, tujuan dilakukan lomba kelurahan tingkat Kota Metro, untuk mendorong kompetensi positif dan sportif bagi kelurahan, serta meningkatkan motivasi bagi kelurahan untuk menerapkannya.“Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong mewujudkan visi Kota Metro, sebagai Kota Berpendidikan Sehat Sejahtera dan Berbudaya. Dengan salah satu misi, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang good government terhormat dan bermartabat,” ucapnya, Jum’at (27/07/2023).

Bacaan menarik :  Wakapolres Pimpin Sidang BP4R Untuk Personel Yang Akan Menikah

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Regional Sumatera, Tier, menyarankan peternak madu klanceng di Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Lampung agar miliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Dengan kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) maupun PIRT agar produk lebih mudah dipasarkan.“Kedatangan kami ke Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Metro, Lampung dikarena masuk 5 besar pada perlombaan Kelurahan atau Desa tingkat Regional Sumatera. Regional I itu regional Sumatera yang masuk dalam kategori penilaian dan Kelurahan Yosorejo salah satunya,” ujarnya.

Lanjutnya, Tier mengatakan Kota Metro merupakan perwakilan Provinsi Lampung untuk penilaian se-Sumatera. Dan Kelurahan Yosorejo menjadi kelurahan yang terakhir dilakukan verifikasi lapangan .“Kelima Kelurahan atau Desa tersebut tersebar di beberapa Provinsi di Sumatera, diantaranya ada Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Lampung,” jelasnya.

Bacaan menarik :  Tarikan Pungutan Berkedok Infak,MTSN 1 Pringsewu

Tahap verifikasi lapangan akan menentukan 3 besar yang lolos untuk ke tahap berikutnya.“Apabila lolos tahap regional, tahapan selanjutnya yaitu pemaparan di tingkat nasional. Semua kelurahan berpeluang, dari mekanisme nantinya ada rapat pleno yang dipimpin Dirjen Kementerian Desa, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kesehatan. Dari rapat inilah akan dipilih 3 besar disetiap ragional,” paparnya

Sedangkan ragional itu sendiri terbagi menjadi 4 wilayah, yang termasuk Ragional 1 Sumatera, regional 2 Pulau Jawa dan Bali, regional 3 Pulau Kalimantan, regional 4 wilayah timur.“Salah satu keunggulan yang ada di Kelurahan Yosorejo, yakni usaha madu klanceng. Madu itu sudah baik, mungkin untuk pemasarannya bisa seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), PIRT atau layanan single submission bisa di perhatikan,” pesannya. (Adv)

Bacaan menarik :  DPRD Kota Metro Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden RI Joko Widodo

 

Bagikan postingan
Kanit Binmas Polsek Metro Menteng AKP Irawan Sambang Warga Menyampaikan Pesan Kamtibmas
0
Wujudkan Keamanan Pasca Pemilu 2024 Kapolsek Kepulauan Seribu Utara Pimpin Patroli Malam
0
Kapolres Metro Jaksel dampangi Kapolda Metro Jaya Kunjungi Mantan Kapolri Jenderal Pol purnawirawan Sutanto
0
Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Berikan Edukasi  Di SMP Negeri 3 Sekincau
0
Antisipasi Kejahatan Saat Jam Pulang Kerja, Polsek Metro Tamansari Gelar Strong Point
0
Kapolres Metro Depok Gelar Jumat Curhat Bersama di Hadiri Musisi Legendaris H Rhoma Irama
0
Polres Metro Jakarta Barat Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Dan Pengambilan Sumpah Calon Anggota Polri T.A. 2024
0
Halal Bi Hahal     Di  Padepokan  Antasari   Bersama Relawan  Paslon 01
0
Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain
0
Menjelang Terbitnya Matahari, Rombongan Gajah Suoh Seruduk Rumah Yandi 👇👇.
0
TNI – POLRI Terjunkan 2.713 Personil Gabungan, Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa
0
Sebanyak 3.643 Personil Gabungan TNI – Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!