Pelaksanaan Pilpratin Pesbar, Polres Lambar Terapkan 4 Skenario

Penulis :

(Humas Polres Lambar)

LampungBarat-Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerusuhan pada saat pemilihan peratin (Pilratin) di wilayah kabupaten pesisir barat mendatang, Polres Lampung Barat menggelar simulasi pengamanan pil Peratin yang bertempat di Lapangan Jukung Kabupaten Pesisir Barat. Rabu 20/07/2022.

Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.IK.,M.H. mengatakan, ada empat skenario situasi yang dilakukan pada saat pelaksanaan Pilratin dan akan diamankan oleh tiga unsur yaitu Limas, TNI dan Polri, dan empat situasi itu yakni situasi hijau, kuning, orange dan situasi merah situasi warna tersebut menggambarkan sebuah situasi mulai dari situasi aman hingga situasi terburuk.

Kegiatan tersebut dilakukan agar petugas yang dilibatkan dalam pengamanan Pilratin mengetahui apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, seperti perampasan kotak suara.

Bacaan menarik :  Lanal Palembang Laksanakan Upacara Hari Armada RI Tahun 2023

Pertama, situasi hijau dimana pelaksanaan Pilratin ini berjalan sesuai dengan aturan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kedua situasi kuning yaitu, situasi adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat, nantinya petugas yang ada di TPS akan memberikan teguran, memberikan masker kepada masyarakat lalu diminta menjaga jarak serta mencuci tangan.

Ketiga, situasi orange dimana terjadi keributan di TPS yang disebabkan oleh adanya permasalahan pada saat penghitungan suara sehingga diperlukan pengamanan dari unsur Linmas dan TNI-Polri. Kemudian terakhir, situasi merah dimana akibat dari Pilratin mengarah pada konflik sosial, kemudian bagaimana cara mengatasi agar tidak menimbulkan hal-hal yang lebih buruk terjadi pada pelaksanaan Pilratin tersebut,”jelas Kapolres.

Bacaan menarik :  Aspotmar Danlantamal I Hadiri Rakor dan Rakernis Potmar TA. 2024

Kemudian beliau menambahkan, TNI polri juga melakukan antisipasi seperti melaksanakan patroli cooling system mendatangi tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sana untuk sama-sama menciptakan situasi kondusif, kemudian ditambah dengan satuan Brimob yang akan diturunkan, Tentunya untuk Pil Peratin ini ada TPS-TPS yang harus diamankan apabila kategorinya itu sangat rawan.

“Kita melaksanakan patroli supaya pil pratin ini berjalan aman tertib dan lancar tidak ada hal-hal yang menyebabkan pelanggaran, seperti tahun lalu namun demikian antisipasi harus kita lakukan dari pengamanan TNI polri,” Pungkasnya.

Bagikan postingan
Pelantikan Bhinneka Putra Linanta ,S.H,  PAW Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta  Komisi A Dari Partai Gerindra
0
Memperingati Jumat Agung Kapolres Metro Jakarta Utara Lakukan Pengecekan Gereja
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Berkah Ramadhan, TK Hang Tuah Dumai Berbagi Takjil
0
Malam Ke-17 Ramadhan 1445 Hijriyah, Kapolsek Sekincau Santuni Puluhan Anak Yatim Di Masjid Al -Ikhlas Betung Sukosari .
0
Kunjungan Kerja Komandan Lanal Dumai Ke Posbabinpotmar Perawang Posal Bengkalis
0
Komandan Lanal Bandung Laksanakan Buka Puasa Bersama Pasis Sesko TNI LII dan Sespimti Polri Angkatan 33 Matra Laut Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Musrembang RPJPD Tingkat Kota Bandung Tahun 2025-2045
0
Lantamal I Ikuti Rakornis Binjas Permildas TNI Tahun 2024 Melalui Vicon?
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi UNCLOS 82 Dari Aspek Operasi
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi Perkiraan Intelijen TNI AL Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bintan Buka Kegiatan Baksos dan Karya Bakti Bersama Satgas Trisila TNI AL Tahun2024 di Tanjung Uban
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!