Parosil Mabsus Apresiasi Pekon Trimulyo Raih Juara Pertama Lomba Pekon Tingkat Kabupaten Dan Masuk Kategori(5) Besar Perkembangan Pekon-Desa Tingkat Provinsi.

Penulis :

LampungBarat-Bupati Lampung barat Parosil Mabsus didampingi wakil bupati (Wabub) Drs. Mad Hasnurin, hadiri, Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Pekon Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022, di pekon Trimulyo, kecamatan Gedung Surian,Kabupaten Lampung Barat Senin (27/6)

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus,Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo SE.M.Ap dan Jajaran,Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus,Ketua Gabungan Organisasi Wanita Gurti Komarawati Mad Hasnurin,Staf Ahli Bupati,Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat,Uspika Kecamatan Gedung Surian,Camat Gedung Surian,Bhabinsa,Bhabinkamtibmas,Peratin dan Ketua TP-PKK se-Kecamatan Gedung Surian,Tokoh Agama,Tokoh Adat,Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat.

Senin (27/06 2022), Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat.

Acara Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Pekon Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 ini merupakan acara penilaian tindaklanjut dari pemaparan evaluasi perkembangan desa/kelurahan 17 Juni lalu.

Pekon Trimulyo telah berhasil meraih juara pertama ditingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 dan masuk dalam kategori lima (5) besar perkembangan Desa/Pekon.

Dalam acara tersebut dilakukan juga penyerahan secara simbolis berupa Buku Profil Pekon Trimulyo dan satu (1) buah baju pariwisata Temiang Hill oleh Peratin Trimulyo Buchori, S.P., dengan Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo SE.M.Ap.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, beserta masyarakat pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian mengucapkan selamat datang kepada tim kunjungan klarifikasi lapangan penilaian lomba desa tingkat provinsi lampung tahun 2022 di Lampung Barat bumi beguai jejama sai betik.

Bacaan menarik :  Polres Lambar & Pemuda Ansor Buka Gerai Vaksin Di Kediaman H.Jafar Sodiq.

Perlombaan desa dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Kegiatan lomba pekon ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ditetapkannya Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian ini sebagai wakil dari Kabupaten Lampung Barat untuk mewakili lomba desa di tingkat provinsi.

Hal itu dikarenakan Pekon Trimulyo telah melalui proses penilaian dan evaluasi berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten.

“Untuk itu, saya merasa bangga dan bersyukur atas antusiasme serta peran warga masyarakat Trimulyo ini dalam memaksimalkan Kegiatan lomba desa ini”kata Parosil.

Atas nama pemerintahan daerah kepada tim penilai tingkat Provinsi , pekon Trimulyo ini telah siap untuk dinilai.

Laporan Peratin Trimulyo Buchori, S.P.,Buchori menyampaikan bahwa Ini merupakan sebuah kebanggaan yang besar untuk Kabupaten Lampung Barat terutama untuk Pekon Trimulyo yang telah mewakili Kabupaten Lampung Barat pada acara Lomba Desa/Pekon dan

“Perlu disampaikan bahwa Pekon Trimulyo ini masuk dalam kategori lima (5) besar di Provinsi Lampung. Tentunya, prestasi ini berkat adanya sebuah dukungan.

Bacaan menarik :  Polsek Sumber Jaya : Vaksin Ramadhan1443 Berjalan, Himbauan Kamtibmas Tersampaikan.

adanya sebuah prestasi ini berkat kerja keras dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah, LHP, Uspika Kecamatan dan masyarakat.

Ini adalah mimpi kita bersama yang sudah kami bangun dan tentu mimpi ini bukan hanya mimpi kami, tetapi mimpi ini adalah mimpi kita bersama.

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Perkembangan Pekon Tingkat Provinsi Lampung Ganjar Jationo Mengatakan,Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa salah satu media untuk melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan pemerintahan Desa maka Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi Desa dan Kelurahan atau Pekon.

Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada Instrumen evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan.

Instrumen Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan Desa dan kelurahan.

Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi adalah acara pada hari ini yaitu perlombaan Desa, yang meliputi 3 bidang penilaian yaitu Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Kewilayahan Desa dan Bidang Kemasyarakatan Desa dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian.

Perlombaan Desa dan Kelurahan pada tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. dimana, pada tahun ini kita masih dalam kondisi endemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, dimana Pandemi Ini sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi sosial dan masyarakat di Indonesia termasuk di Provinsi Lampung.

Bacaan menarik :  Pastikan Warga Selamat, Polsek Sekincau Gerak Cepat Menuju Lokasi Terjadinya Angin Puting Beliung.

Tentu, Masa endemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Desa untuk tetap melakukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilingkungannya dengan melakukan inovasi sesuai dengan potensi yang ada di desanya masing-masing.

Hal itu sejalan dengan Tema Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022 Yaitu : Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh.

Ganjar meminta kepada Kepala Desa beserta perangkat dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan.

hal itu dilakukan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa akan semakin berhasil guna dan berdaya guna, sebagaimana harapan Kami desa-desa di Provinsi Lampung makin Berjaya.

(AL/SAM)

Bagikan postingan
Akhir Masa Jabatan, Parosil-Mad Hasnurin Kembali Hantarkan RSUD Alimuddin Umar Raih Akreditasi Paripurna Bintang Lima

LampungBarat-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Kabupaten Lampung Barat kembali menyandang status sebagai rumah sakit yang memenuhi standar akreditasi kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan standar mutu Paripurna Bintang Lima.

//
Desember 5, 2022
Tim Futsal Lambar Menang 3-2 Atas Lamtim

BANDARLAMPUNG - Permainan apik ditunjukkan para pemain Futsal dari Kabupaten Lampung Barat (Lambar) saat berlaga melawan Lampung Timur (Lamtim) dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX yang digelar di Sport

//
Desember 5, 2022
Ultah Ke 11 Partai Nasdem, Srikandi Nasdem Dapil 6 Jember  Adakan Senam Massal

Jember- Srikandi Nasdem Bangsalsari gandeng DPC, Nasdem, Calon Legislatif Partai Nasdem, dan Aries Aerobic dan kawan kawan sambut Ultah Nasdem ke 11 dengan mengadakan senam Massal mengundang ratusan Srikandi Nasdem Dapil

//
Desember 5, 2022
PMania Ramaikan Jalan Asik Yang Digelar Pemuda Kauman Kelurahan Sekincau”

LampungBarat-Minggu pagi tgL 4 Des 2020 bertempat diLapangan Pasar Lama Sekincau terLihat sekeLompok Pemuda berkostum hijau tua mereka adaLah  PEMUDA KAUMAN yang menggeLar JaLan asik dengan meLibatkan berbagai Lapisan masyarakat

//
Desember 4, 2022
Mewakili Seluruh Personel Koramil 426-03/Kodim 0426 TB, Serda Arif Menghimbau Secara door to door Kepada Warga Binaan nya Agar Selalu Menjaga Kebersihan.

Tulang Bawang ( Traznews )_ Babinsa Kampung Medasari, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang, Serda Arif secara door to door atau dari pintu ke pintu mendatangi warga binaannya. Seperti halnya

//
Desember 4, 2022
Satreskrim Polres Tulang Bawang Ungkap Kasus Asusila di Salah Satu Ponpes, Begini Modusnya

Tulang Bawang ( Traznews )_ Dunia pendidikan kembali tercoreng oleh ulah oknum guru, ia telah melakukan perbuatan asusila di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kampung Purwa Jaya,

//
Desember 4, 2022
DPP Kita Ganjar Nusantara.(KGN) menggelar rapat Pleno I,mengusung Tema “Menjaga Negeri Cinta Tanah Air

  Jakarta, traznews.com DPP Kita Ganjar Nusantara.(KGN) menggelar rapat Pleno I,mengusung Tema “Menjaga Negeri Cinta Tanah Air. Minggu (4/12/2022)   Acara Sidang Pleno di mulai pukul 9:30 wib, di awali

//
Desember 4, 2022
Derita Luka bakar Hampir 4 Tahun, Adinda Muhamad Purnomo Butuh Bantuan Dari Kita. 

LampungBarat- Muhamad Purwono putra dari Sarwono Usia 10 Tahun yang beralamat di lingkungan Betung Sukosari kelurahan Sekincau kabupaten Lampung Barat sangat membutuhkan bantuan dari kita semua untuk biaya pengobatanya. Empat

//
Desember 4, 2022
Deklarasi Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan ( Laskar Aman ) Mendukung Anies Baswedan Presiden RI 2024

JAKARTA,traznews.com Komunitas yang mengatas namakan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan atau " Laskar Aman" Gelar acara Deklarasi dengan tema " Bersama Anies Baswedan Menuju Indonesia Sejahtera dan Berkeadilan" , Minggu

//
Desember 4, 2022
Futsal Porprov IX Lampung, Besok Lampung Barat Lawan Lampung Timur

BandarLampung-Cabang olahraga (Cabor) Futsal yang merupakan salah satu 33 cabor yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Lampung tahun 2022 besok mulai menggelar pertandingannya. Venue yang dipergunakan adalah lapangan

//
Desember 4, 2022
Polsek BNS Laksanakan Apel Patroli.

LAMPUNG BARAT-Kapolsek BNS iptu abu bakar pimpin anggotanya apel malam untuk melaksanakan patroli malam, Bertempat di aula kantor Polsek bns iptu abu bakar laksanakan apel malam untuk antisipasi 3c peremanisme

//
Desember 4, 2022
Atlet Sambo Lampung Barat Borong Empat Medali Emas, Satu Perak dan Satu Perunggu di Porprov IX

BANDARLAMPUNG - Empat medali emas pertama untuk Kabupaten Lampung Barat, pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX di Bandarlampung dipersembahkan oleh atlet Persatuan Sambo Indonesia (Persambi). Ketua Persambi Lampung Barat

//
Desember 3, 2022
Akhir Masa Jabatan, Parosil-Mad Hasnurin Kembali Hantarkan RSUD Alimuddin Umar Raih Akreditasi Paripurna Bintang Lima
0
Tim Futsal Lambar Menang 3-2 Atas Lamtim
0
Ultah Ke 11 Partai Nasdem, Srikandi Nasdem Dapil 6 Jember  Adakan Senam Massal
0
PMania Ramaikan Jalan Asik Yang Digelar Pemuda Kauman Kelurahan Sekincau”
0
Mewakili Seluruh Personel Koramil 426-03/Kodim 0426 TB, Serda Arif Menghimbau Secara door to door Kepada Warga Binaan nya Agar Selalu Menjaga Kebersihan.
0
Satreskrim Polres Tulang Bawang Ungkap Kasus Asusila di Salah Satu Ponpes, Begini Modusnya
0
DPP Kita Ganjar Nusantara.(KGN) menggelar rapat Pleno I,mengusung Tema “Menjaga Negeri Cinta Tanah Air
0
Derita Luka bakar Hampir 4 Tahun, Adinda Muhamad Purnomo Butuh Bantuan Dari Kita. 
0
Deklarasi Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan ( Laskar Aman ) Mendukung Anies Baswedan Presiden RI 2024
0
Futsal Porprov IX Lampung, Besok Lampung Barat Lawan Lampung Timur
0
Polsek BNS Laksanakan Apel Patroli.
0
Atlet Sambo Lampung Barat Borong Empat Medali Emas, Satu Perak dan Satu Perunggu di Porprov IX
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!