Musrenbang Di Sekincau, Agung Apresiasi Kinerja Pemkab Lambar.

Penulis :

**

Lampung Barat-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 yang berlangsung didua Kecamatan yakni Kecamatan Sekincau dan Kecamatan Way Tenong, Kamis (01/02/2024).

Untuk Kecamatan Sekincau dipusatkan di Lapangan Wilayah Kantor Kecamatan Sekincau yang dipimpin oleh PJ. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama

Sementara untuk Kecamatan Way Tenong yang berlokasi di Balai Pekon Karang Agung yang dipimpin langsung oleh PJ. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M.

Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan hari keempat (4) Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam melaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2024.

Untuk diketahui Musrenbang Kecamatan ini merupakan Musrenbang lanjutan yang sebelumnya telah dimulai dari tingkat Dusun dan Pekon.

Selanjutnya akan dilakukan Musrenbang di tingkat Kabupaten, Kemudian naik lagi ke tingkat Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional.

Pada Musrenbang tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyerahkan secara simbolis dana Kecamatan dan Dana Desa (DD) yang diterima masing-masing perwakilan Kecamatan dan Pekon setempat.

Bacaan menarik :  Tekab 308 Presisi Polsek BNS berhasil mengamankan Pencuri lada hitam

Pada kesempatan itu , PJ. Bupati Lampung Barat Drs Nukman, M.M menyampaikan Kegiatan ini menjadi momen khusus bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan rencana pembangunan yang jadi skala prioritas bagi Pemerintah Kedepan.

“Jadi setiap usulan dalam Musrenbang yang disampaikan masyarakat dari masing-masing pekon di setiap kecamatan akan dihimpun dan didiskusikan bersama, untuk memilih dan menentukan usulan mana yang masuk dalam prioritas pembangunan,” ucap Nukman.

Namun demikian, Nukman menyampaikan permohonan maaf kepada lapisan masyarakat, sebab, tidak semua yang menjadi aspirasi masyarakat dapat dipenuhi dan terealisasikan.

“Hal tersebut dikarenakan adanya berbagai keterbatasan dan beragam persoalan pembangunan yang tentunya itu menjadi bahan pertimbangannya dalam menetapkan sekala prioritas pembangunan ditahun ini,” katanya.

Kemudian Nukman meminta kepada para camat, peratin, perangkat pekon, LHP, serta masyarakat untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan Ibukota Kecamatan.

Sementara itu, Kecamatan yang masih memiliki pekon dengan status pekon kurang berkembang, agar memprioritaskan usulan kegiatan pada aspek yang mendukung pembangunan, tentunya dengan tetap menselaraskan antara rencana pembangunan pekon yang tertuang dalam APB-Pekon.

Bacaan menarik :  Sat Binmas Polres Lampung Barat Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat dan Menghimbau Warga Tetap Mematuhi Prokes

Untuk itu, Nukman berpesan terhadap para peratin, lurah serta para camat harus mampu mengoptimalkan peruntukan dana tersebut guna mendukung kemajuan pekon serta kelurahan.

“Saya pesan terhadap para peratin, lurah serta para camat harus mampu mengoptimalkan peruntukan dana guna mensukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada diwilayahnya agar dapat diselesaikan tepat waktu, berkualitas, tepat sasaran dan bermanfaat,” pesannya.

“Selain itu, kepada Peratin dan pihak yang lain disarankan untuk memunculkan inovasi-inovasi baru guna mendukung perkembangan perekonomian masyarakat,” tambahnya

Menanggapi Hal itu, Herman mewakili masyarakat Way Tenong mengatakan terdapat ratusan usulan yang akan diusulkan pada Musrenbang ditahun ini.

“Terdapat ratusan usulan yang akan diusulkan kepada pihak Kabupaten dan kami berharap usulan-usulan tersebut dapat direalisasikan,” ucap Herman

Selain itu, Dirinya juga berharap adanya pemberian bantuan subsidi pupuk guna dapat meningkatkan produksi pangan.

“Mengingat mayoritas di Kecamatan Way Tenong ini adalah petani penghasil kopi, Maka bantuan subsidi seperti pupuk diperlukan guna meningkatkan kualitas dan produksi kopi,” ungkapnya.

Bacaan menarik :  Antisipasi Wabah PMK, Disbunak Lambar Sambangi Pasar Dan Peternak Hewan

Sementara Agung Imam Prasetyo mewakili masyarkat Kecamatan Sekincau menyampaikan apresiasi terkait dengan pembangunan dan pemberian bantuan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah. sebagai usulan pembangunan selanjutnya, Kami masyarakat Kecamatan Sekincau berharap adanya pembangunan Ruas Jalan untuk Kecamatan Sekincau ditahun ini” ucapnya.

“Karena tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan infrastruktur yang baik merupakan salah satu kunci kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan postingan
Kanit Binmas Polsek Metro Menteng AKP Irawan Sambang Warga Menyampaikan Pesan Kamtibmas
0
Wujudkan Keamanan Pasca Pemilu 2024 Kapolsek Kepulauan Seribu Utara Pimpin Patroli Malam
0
Kapolres Metro Jaksel dampangi Kapolda Metro Jaya Kunjungi Mantan Kapolri Jenderal Pol purnawirawan Sutanto
0
Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Berikan Edukasi  Di SMP Negeri 3 Sekincau
0
Antisipasi Kejahatan Saat Jam Pulang Kerja, Polsek Metro Tamansari Gelar Strong Point
0
Kapolres Metro Depok Gelar Jumat Curhat Bersama di Hadiri Musisi Legendaris H Rhoma Irama
0
Polres Metro Jakarta Barat Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Dan Pengambilan Sumpah Calon Anggota Polri T.A. 2024
0
Halal Bi Hahal     Di  Padepokan  Antasari   Bersama Relawan  Paslon 01
0
Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain
0
Menjelang Terbitnya Matahari, Rombongan Gajah Suoh Seruduk Rumah Yandi 👇👇.
0
TNI – POLRI Terjunkan 2.713 Personil Gabungan, Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa
0
Sebanyak 3.643 Personil Gabungan TNI – Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!