Kepala Dinas Kesehatan Terkesan Menghindar, Saat Di Konfirmasi Masalah Penggunaan Anggaran BOK.

Penulis :

Red

Metro-Pemerintahan Pusat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yaitu dengan mengucurkan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang bersumber dari APBN melalui kementerian kesehatan yang dikhususkan untuk membantu Puskesmas di seluruh Indonesia.

Penggunaan dana Biaya Operasional Kesehatan (BOK) seyogyanya harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh Puskesmas sebagai ujung tombak dalam upaya pelayanan kesehatan di masyarakat.

Dalam hal ini penggunaan dana tersebut tentunya harus transparan, namun beda pada kenyataan nya ketika awak media mencoba mengkonfirmasi dibeberapa Puskesmas yang ada di Kota Metro mengenai penggunaan dana BOK.(27/6).

Kapuskes Yosodadi ketika dimintai keterangan terkait dana BOK 2021 yang diterima senilai Rp. 600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah) yang di dialokasikan untuk Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) baik dalam ataupun luar gedung, “tidak bisa memberikan rincian penggunaannya”.

Bacaan menarik :  Petani Keluhkan Harga Pupuk Serta Obat- Obatan Yang Kian Mahal.

Hal tersebut terjadi pula dengan Puskesmas Metro dan Karang Rejo, “Kepada awak media tidak dapat memberikan secara rinci penggunaan dana alokasi BOK tahun 2021”.

Tidak adanya informasi mengenai penggunaan dana BOK 2021 di Puskesmas, awak media pun langsung mengkonfirmasi ke Dinas Kesehatan Kota Metro.

Alhasil, saat mengunjungi Dinas Kesehatan Kota Metro tidak mendapatkan informasi apa-apa, bahkan terkesan menghindar ketika ditanyai tentang penggunaan dana BOK dibeberapa Puskesmas di Kota Metro.

MK Hanafi selaku Ketua DPC KWRI Kota Metro menyayangkan kepada Dinas Kesehatan tidak dapat memberikan informasi mengenai penggunaan BOK tersebut.

“Kepala Dinas Kesehatan selaku pengguna anggaran seharusnya bisa memberikan keterangan dan informasi mengenai keterbukaan Publik tentang penggunaan dana BOK di Puskesmas yang ada di Kota Metro” tegas Hanafi.

Bacaan menarik :  Diskominfo Lampung Utara, Telah Lakukan Verifikasi Media MoU Kerjasama Melalui Aplikasi SIKEPLU

“Diketahui bahwa Anggaran BOK tahun 2021 untuk seluruh Puskesmas Kota Metro mendapat anggaran sekitar kurang lebih 7 Milyar, dan tidak ada satu pun informasi penggunaan Dana itu secara terperinci”, tutupnya.

Bagikan postingan
Satlantas Polres Metro Jakarta Utara Menggelar Sosialisasi Operasi Keselamatan Jaya 2024
0
Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading Pres Release Ungkap Kasus Ops Pekat Jaya 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Upacara Sertijab Danlanal Babel
0
Prajurit Lanal Bintan Ikuti Apel Khusus Secara Vidcon Yang Dipimpin Oleh Pangkoarmada I
0
Bhabinkamtibmas Kelurahan Galur Pantau Harga Beras di Pasar Gembrong
0
Kapolres Metro Jakut Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Jakarta Utara Di Hotel Mercure Ancol
0
Police Go To School Polsek Sekincau Polres Lampung Barat  Kunjungi  SMP N 1 Batu Ketulis .
0
Sadis Kecelakaan Berjatuhan Sampai Merenggut Nyawa,Hal Ini Didyga Pejabat Kota Tutup Mata
0
TNI Polri Dan Muspida Hadiri Pengukuhan DPD FWJ Indonesia Prov Jawa Barat
0
Caleg DPRD Kabupaten Bengkalis Inisial APK Dilaporkan Ke Polda SUMUT Atas Dugaan Tindak Pidana Penipuan Danan Penggelapan
0
Tekab 308 Presisi Unit Reskrim Polsek Sumber Jaya Polres Lampung Barat, Berhasil Amankan Terduga Pelaku Pencurian
0
Danlantamal I Hadiri Final F1 Power Boat Tahun 2024
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!