Kelurahan Sekincau Sosialisasikan PHBS Kepada Masyarakat, Berikut 16 Indikatornya.

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Kelurahan Sekincau Kecamatan Sekincau melaksanakan giat sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Acara dilaksanakan dikelurahan sekincau pada rabu (02/08/22) pukul 09.00 WIB dihadiri Camat Sekincau Ahmad Sater,SH,MH., yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Budiono S Kom, M.M., ,Lurah Sekincau Juarsah S.Kom, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Puskesmas Sekincau, Kepala Lingkungan (Kaling), Tokoh Masyarakat, Kader PKK,Kader Posyandu,Serta Peserta Sosialisasi PHBS.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,Menyanyikan Lagu Mars Lampung Barat, Sambutan oleh Camat Sekincau sekaligus membuka acara.

Dalam Sambutanya Lurah Sekincau.Juarsah.S.Kom, menyampaikan Sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) sangat penting di lakukan di tengah situasi pandemi Covid -19 yang belum berakhir.

“Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penudaar tahuan yang menjadi awal dari kontribusi Individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari” sambut Juarsah.

Bacaan menarik :  Jemput Bola, Polsek Sekincau & Nakes Buka Gerai Vaksin Di Masjid.

Selanjutnya Sekcam Kecamatan Sekincau Budiono S.Kom,M.M., dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi PHBS kepada masyarakat yang dilaksanakan di kelurahan sekincau diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Manfaat PHBS secara umum adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat, hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan” kata Budi

Selain itu dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu Selaku Narasumber Biran Amei Puspita A.Amd dari UPT Puskesmas Sekincau Mengatakan.

 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikas, memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan.

Bacaan menarik :  Polres Lampung Barat Polda Lampung Salurkan Bantuan Pada Korban Kebakaran Di Kenali.

 “Sikap dan perilaku diperlukan sehingga membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri, dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat” sambutnya.

Ada 5 tatanan PHBS yang dapat menjadi simpul-simpul untuk memulai proses penyadartahuan tentang perilaku hidup bersih sehat.

1. PHBS di rumah tangga.

2. PHBS di sekolah.

3. PHBS di tempat kerja.

4. PHBS di sarana kesehatan.

5. PHBS di tempat umum.

PHBS pada tatanan rumah tangga dinilai berdasarkan 16 indikator yang meliputi 9 indikator perilaku dan 7 indikator lingkungan. Sembilan indikator perilaku ini adalah (1) Perilaku tidak merokok, (2) Persalinan oleh Nakes, (3) Immunisasi, (4) Penimbangan Balita, (5) Sarapan Pagi, (6) Kepersertaan Dana Sehat, (7) Kebersihan Mencuci Tangan, (8) Kebersihan Menggosok Gigi, (9) Olah Raga.

Bacaan menarik :  Kunjungi Polsek Sekincau, Taufik Basyari Berharap Kepada Personil Polri Untuk menjadi : Polisi Yang Dicintai Masyarakat.

Sedangkan Indikator Lingkungan pada PHBS adalah (1) sarana air bersih, (2) Jamban, (3) Tempat Sampah, (4) Sarana Pembuangan Air Limbah, (5) Ventilasi Rumah, (6) Kepadatan Rumah, (7) Lantai Rumah,tutupnya .

Bagikan postingan
Danlantamal I Sambut Kedatangan Kabasarnas
0
Danlantamal I Sambut Kedatangan Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S.
0
Aslog Danlantamal I Pimpin Upacara Bendera
0
Danlantamal I Pimpin Rapat Staf Lantamal I
0
Danlantamal I Ikuti Apel Khusus Pangkoarmada I
0
Satlantas Polres Metro Jakarta Utara Menggelar Sosialisasi Operasi Keselamatan Jaya 2024
0
Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading Pres Release Ungkap Kasus Ops Pekat Jaya 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Upacara Sertijab Danlanal Babel
0
Prajurit Lanal Bintan Ikuti Apel Khusus Secara Vidcon Yang Dipimpin Oleh Pangkoarmada I
0
Bhabinkamtibmas Kelurahan Galur Pantau Harga Beras di Pasar Gembrong
0
Kapolres Metro Jakut Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Jakarta Utara Di Hotel Mercure Ancol
0
Police Go To School Polsek Sekincau Polres Lampung Barat  Kunjungi  SMP N 1 Batu Ketulis .
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!