Kelurahan Sekincau Sosialisasikan PHBS Kepada Masyarakat, Berikut 16 Indikatornya.

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Kelurahan Sekincau Kecamatan Sekincau melaksanakan giat sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Acara dilaksanakan dikelurahan sekincau pada rabu (02/08/22) pukul 09.00 WIB dihadiri Camat Sekincau Ahmad Sater,SH,MH., yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Budiono S Kom, M.M., ,Lurah Sekincau Juarsah S.Kom, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Puskesmas Sekincau, Kepala Lingkungan (Kaling), Tokoh Masyarakat, Kader PKK,Kader Posyandu,Serta Peserta Sosialisasi PHBS.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,Menyanyikan Lagu Mars Lampung Barat, Sambutan oleh Camat Sekincau sekaligus membuka acara.

Dalam Sambutanya Lurah Sekincau.Juarsah.S.Kom, menyampaikan Sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) sangat penting di lakukan di tengah situasi pandemi Covid -19 yang belum berakhir.

“Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penudaar tahuan yang menjadi awal dari kontribusi Individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari” sambut Juarsah.

Bacaan menarik :  Pendatang Baru Terus Menuai Dukungan, Mas BK Maju Sebagai Balon Wabup di PDIP Lampung Barat

Selanjutnya Sekcam Kecamatan Sekincau Budiono S.Kom,M.M., dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi PHBS kepada masyarakat yang dilaksanakan di kelurahan sekincau diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Manfaat PHBS secara umum adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat, hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan” kata Budi

Selain itu dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu Selaku Narasumber Biran Amei Puspita A.Amd dari UPT Puskesmas Sekincau Mengatakan.

 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikas, memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan.

Bacaan menarik :  Edi Novial, Lantik 100 Pengurus Sibat 2 Kecamatan.

 “Sikap dan perilaku diperlukan sehingga membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri, dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat” sambutnya.

Ada 5 tatanan PHBS yang dapat menjadi simpul-simpul untuk memulai proses penyadartahuan tentang perilaku hidup bersih sehat.

1. PHBS di rumah tangga.

2. PHBS di sekolah.

3. PHBS di tempat kerja.

4. PHBS di sarana kesehatan.

5. PHBS di tempat umum.

PHBS pada tatanan rumah tangga dinilai berdasarkan 16 indikator yang meliputi 9 indikator perilaku dan 7 indikator lingkungan. Sembilan indikator perilaku ini adalah (1) Perilaku tidak merokok, (2) Persalinan oleh Nakes, (3) Immunisasi, (4) Penimbangan Balita, (5) Sarapan Pagi, (6) Kepersertaan Dana Sehat, (7) Kebersihan Mencuci Tangan, (8) Kebersihan Menggosok Gigi, (9) Olah Raga.

Bacaan menarik :  Pimpinan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Dr. H. Bustami Zainudi Kunker Ke Lambar

Sedangkan Indikator Lingkungan pada PHBS adalah (1) sarana air bersih, (2) Jamban, (3) Tempat Sampah, (4) Sarana Pembuangan Air Limbah, (5) Ventilasi Rumah, (6) Kepadatan Rumah, (7) Lantai Rumah,tutupnya .

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!