KANWIL KEMENKUMHAM BALI SIAP DUKUNG PERHELATAN INTERNASIONAL 4, TH WG AET DAN 1ST SOMMLAT WG ON MLA REQUEST

Penulis :

Nety Herawati SE

Denpasar, Traznews.com – Sukseskan 4th WG AET dan 1st SOMMLAT WG on MLA Request yang akan diselenggarakan di Bali, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu didampingi Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM, I Wayan Redana menerima kunjungan Tim dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI bertempat di Ruang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali pada Jumat (10/02).

Adapun agenda kunjungan dari Tim Ditjen AHU tersebut adalah untuk meminta dukungan kepada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Kegiatan 4th WG AET dan 1st SOMMLAT WG on MLA Request yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan maret 2023. Pertemuan ASLOM WG on AET telah dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali, yaitu pada tanggal 6-7 April 2021 secara virtual dengan Singapura sebagai host. Pertemuan kedua pada tanggal 10-11 Oktober 2022 secara fisik di Manila. Pertemuan ketiga pada 6-8 Desember 2022 di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Sebagaimana Work Plan yang telah disepakati pada pertemuan sebelumnya, Indonesia menyampaikan rencana pelaksanaan the 4th ASLOM WG on AET pada tanggal 14-17 Maret 2023 di Indonesia.

Bacaan menarik :  DPP Garda Militan Nusantara Gelar Giat Karya Bakti Sosial Berikan Bantuan Dengan Kolaborasi Bersama SAR 115 Dan Kesbangpol

Selanjutnya Pada 2 s.d. 3 November 2021, 1st Senior Officials’ Meeting of the Central Authorities on Mutual Legal Assistance in Criminal Matters (1st SOM-MLAT) mencatat bahwa template permintaan MLA yang dibentuk pada 2005 dinilai kompleks dan tidak secara konsisten digunakan oleh negara anggota ASEAN. Sejumlah negara anggota ASEAN menggunakan template masing-masing, yang menjadi tantangan bagi negara ASEAN lainnya dalam menganalisis dokumen permintaan MLA dan menerapkan ASEAN MLAT. Selanjutnya pertemuan sepakat untuk membentuk working group guna menyusun template standar yang digunakan secara resmi oleh seluruh negara ASEAN. Penyusunan template standar ini bertujuan memastikan keseragaman, efektivitas, dan kelancaran implementasi ASEAN MLAT. Dalam pertemuan 2nd SOM-MLAT, Indonesia telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah 1 st SOM-MLAT WG on MLA Request pada kuartal pertama 2023. Indonesia telah mengusulkan pada Sekretariat ASEAN mengenai tanggal pelaksanaan 1 st SOM-MLAT WG on MLA Request pada 16 s.d. 17 Maret 2023 di Bali.

Bacaan menarik :  Gawat!!! Oknum TNI Ditangkap Disinyalir Bandar Pontianak

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menerima kunjungan tersebut dengan baik dan siap memberikan dukungan pada Kegiatan 4th WG AET dan 1st SOMMLAT WG on MLA Request yang akan berlangsung di Bali. “Kami jajaran Kanwil Kemenkumham Bali sangat mendukung kelancaran kegiatan 4th WG AET dan 1st SOMMLAT WG on MLA Request mulai dari persiapan hingga berlangsungnya kegiatan tersebut”, ujar Kakanwil.

Bagikan postingan
Pelantikan Bhinneka Putra Linanta ,S.H,  PAW Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta  Komisi A Dari Partai Gerindra
0
Memperingati Jumat Agung Kapolres Metro Jakarta Utara Lakukan Pengecekan Gereja
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Berkah Ramadhan, TK Hang Tuah Dumai Berbagi Takjil
0
Malam Ke-17 Ramadhan 1445 Hijriyah, Kapolsek Sekincau Santuni Puluhan Anak Yatim Di Masjid Al -Ikhlas Betung Sukosari .
0
Kunjungan Kerja Komandan Lanal Dumai Ke Posbabinpotmar Perawang Posal Bengkalis
0
Komandan Lanal Bandung Laksanakan Buka Puasa Bersama Pasis Sesko TNI LII dan Sespimti Polri Angkatan 33 Matra Laut Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Musrembang RPJPD Tingkat Kota Bandung Tahun 2025-2045
0
Lantamal I Ikuti Rakornis Binjas Permildas TNI Tahun 2024 Melalui Vicon?
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi UNCLOS 82 Dari Aspek Operasi
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi Perkiraan Intelijen TNI AL Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bintan Buka Kegiatan Baksos dan Karya Bakti Bersama Satgas Trisila TNI AL Tahun2024 di Tanjung Uban
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!