Aspem Pemkot Jakut dan Kepala BPN Bagikan Sertifikat PTSL

Penulis :

Luckysun

Jakarta,traznews.com

Aspem Pemkot Jakarta Utara Wawan Budi Rohman dan Kepala BPN Taufik Suroso Wibowo didampingi Kapolsek Cilincing Kompol R Manurung saat membagikan Sertifikat PTSL kepada masyarakat Cilincing.

 

Jakarta – Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo S.SiT MH menyerahkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 195 Sertifikat.

Penyerahan sertifikat ini diberikan kepada masyarakat dari 6 kelurahan di wilayah Kecamatan Cilincing dan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Cilincing, Kamis (9/6/2022). Ke 6 kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Cilincing, Kalibaru, Semper Barat, Sukapura, Marunda dan Kelurahan Rorotan.

Pada kesempatan itu, Wawan menyampaikan bahwa penyerahan sertifikat tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Bacaan menarik :  Penetapan Ike Farida Sebagai Tersangka Oleh Polda Metro Jaya Dipertanyakan

Hal senada diungkapkan Kepala BPN Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo bahwa program PTSL merupakan wujud kepedulian pemerintah akan kepastian hukum tanah bagi masyarakat. Menurutnya, belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di kalangan masyarakat maupun antar keluarga.

Taufik menjelaskan, program PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN dan tertuang dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018. “Masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya,” tutur Taufik.

Yunarti, warga Cilincing yang mendampingi suaminya menerima Sertifikat PTSL atas tanahnya, mengaku senang dan puas dengan keluarnya sertifikat tanah miliknya. Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah dan pimpinan BPN Jakarta Utara yang telah menerbitkan sertifikat tanahnya. “Mudah-mudahan ke depan, akan lebih banyak lagi warga mendapatkan sertifikat tanah melalui program PTSL,” ungkapnya.

Bacaan menarik :  Pengangkatan Komjen Agus Andrianto Jadi Wakapolri Sangat Tepat, Ini Kata Ketum FWJ Indonesia
Bagikan postingan
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Rapat Paripurna DPRD Jawaban Pj Bupati Pringsewu Pandangan Fraksi-fraksi
0
Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Ormas Maluku Utara Bersatu ( MUB) Kunjungi Kementerian ESDM 
0
Div Humas Polri Gelar Bimbingan Teknis dan Uji Konsekuensi di Polda Lampung Mengenai Informasi yang Dikecualikan
0
Kedapatan Bawa Sabu, Oknum Peratin Sukarame  di amankan Sat Narkoba Polres Pesisir Barat
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!