Wujud Sinergitas, TNI AL dan PSDKP Lakukan Patroli Laut

Penulis :

Lucky sun

Simeulue,traznews.com Dalam rangka mewujudkan sinergitas pengawasan dan penegakan hukum di Perairan Kepulauan Banyak, TNI AL (Posal Pulau Banyak) bersama dengan PSDKP Provinsi Aceh serta DKP Kabupaten Aceh Singkil melaksanakan patroli gabungan di Perairan Kepulauan Banyak, Rabu (01/11/2023).

 

Patroli yang melibatkan tiga instansi pemerintah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menertibkan dan menegakkan hukum di Perairan Kepulauan Banyak serta melaksanakan fungsi pembinaan kepada masyarakat nelayan tentang pentingnya menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan demi keberlanjutan kelestarian ekosistem dan biota laut yang ada di Kepulauan Banyak.

 

Bicara tentang penegakan hukum di laut, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.,Opsla., menyampaikan bahwa, masing-masing instansi penegak hukum yang ada di laut saat ini memiliki tugas dan fungsi yang kompleks sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam dasar hukumnya masing-masing. Karena itu terbentuk sinergitas antar instansi dalam rangka penegakan hukum di laut sangatlah penting.

Bacaan menarik :  Pelaksanaan Pilpratin Pesbar, Polres Lambar Terapkan 4 Skenario

 

Danlanal Simeulue juga berpesan agar Pos TNI AL Pulau Banyak sebagai kepanjangan tangan Lanal Simeulue dalam menjaga kedaulatan dan penegakan hukum di laut, khususnya di Perairan Kepulauan Banyak untuk lebih aktif dan terus meningkatkan peran TNI AL dimasyarakat sebagai salah bentuk Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintawil) TNI dari aspek Laut.

 

Dari hasil patroli yang dilaksanakan oleh Tim Gabungan, ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh nelayan Desa Pulo Balai berupa penangkapan ikan dengan menggunakan kompresor. Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penyelidikan oleh tim selanjutnya pelaku (nelayan kompresor) dibawa ke pangkalan untuk dilaksanakan proses hukum lebih lanjut.

 

 

Besar harapan dari tim patroli gabungan bahwa kedepan nelayan Pulau Banyak lebih taat pada aturan hukum yang berlaku, sehingga kelestarian ekosistem laut di Perairan Kepulauan Banyak dapat terjaga yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat nelayan kepulauan Banyak.

Bacaan menarik :  DANLANAL LAKSANAKAN SAFARI POSAL DAN POS BINPOTMAR DIBAWAH JAJARAN LANAL BINTAN

 

(Pen Lanal Simeulue)

Bagikan postingan
Di Duga Mark-up, PLB Laporkan DLH Lampung Barat Ke Kejari .
0
Tim Patroli Gabungan Harimau Woro Woro !!!
0
Danlantamal I Hadiri Rapim TNI-POLRI Tahun 2024
0
Mobil Ambulance Dari Pesisir Barat Menuju Kotabumi, Alami Laka Tunggal Di Sumber Jaya
0
Curi Burung Kutilang, Warga Pesisir Barat Harus Berurusan Dengan Polisi. 
0
Di Anniversary Media Online MBI Ke 2 Diisi Dengan Santunan Anak Yatim dan Bagi Semboko Bagi Awak Media
0
Lanal Simeulue Gencar Tanamkan Nilai Kemaritiman Kepada Generasi Penerus Bangsa
0
Lazisnu NU Kecamatan Sekincau Bagikan Sembako Kepada Warga.
0
Dansatrol Lantamal I Pimpin Upacara Bendera
0
M Kurniansyah Dilantik Menjadi Ketua DKI Jakarta   HIPDI  Besamaan HUT  Ke 4  HIPDI Tahun 2024 -2027
0
Rakernas Dan Pelantikan Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (HIPDI)
0
BONNIE”, FILM DRAMA LAGA REMAJA  TAYANG DI BIOSKOP MULAI 29 FEBRUARI 2024
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!