PERMASALAHAN TOMBAK-MENOMBAK DISELESAIKAN MELALUI KEADILAN RESTORATIF

Penulis :

Liza.

Lampung Barat–Wakapolres Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono, S.H. didampingi Kasat Reskrim Polres Lampung Barat AKP M. Ari Satriawan, S.H., M.H. memimpin langsung pelaksanaan Gelar Perkara Khusus dalam rangka Penyelesaian Tindak Pidana melalui Keadilan Restoratif di kantor Sat Reskrim Mapolres Lampung Barat, pada Kamis (12/01/2023).

Kegiatan tersebut menindaklanjuti permasalahan keributan antara saudara Abdul Qodir (korban) dan saudara Kandar (Pelaku penombakan). Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B-406/XII/2022/SPKT/POLSEK SEKINCAU/RES LAMBAR/POLDA LAMPUNG TANGGAL 29 Desember 2022 yang terjadi pada hari Kamis tanggal 29 Desember 2022 sekira pukul 01.00 WIB di Pekon Sidomulyo, Kec. Pagar Dewa, Kab. Lampung Barat.

Saudara Kandar (Pelaku) melakukan tindakan penganiayaan dengan cara menusuk menggunakan tombak ke perut sebelah kiri sesuai dari keterangan korban maupun saksi.

Bacaan menarik :  SMP Negeri 5 Bandung Dengan Segudang Prestasi Lahirkan Tokoh Nasional BJ Habibie Dan Artis Iwan Fals Serta Raffi Ahmad

Pada tanggal 4 Januari 2023 kedua belah pihak didampingi keluarga korban maupun pelaku serta didampingi peratin di masing-masing pekon kembali hadir ke polsek dengan membawa surat perjanjian perdamaian yang telah ditandatangani kedua belah pihak di atas materai sehingga Kapolsek mengajukan Gelar Perkara Khusus kepada Kapolres Lampung Barat.

Setelah melalui pengecekan persyaratan formil antara lain surat perjanjian perdamaian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak di atas materai, pemenuhan hak korban dan tanggung jawab pelaku (mengganti kerugian, membantu biaya pengobatan) maupun persyaratan materil antara lain tidak menimbulkan keresahan atau penolakan masyarakat, tidak berdampak konflik sosial serta bukan pelaku pengulangan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan sesuai dengan Peraturan Polri No.8 Tahun 2021 maka Wakapolres Lampung Barat mengabulkan penyelesaian masalah tersebut secara Keadilan Restoratif.

Bacaan menarik :  Vidio Giat Satbinmas Polres Lampung Barat

“Alhamdulillah hari ini kita telah menyelesaikan tindak pidana melalui keadilan restoratif dengan melibatkan korban, pelaku, keluarga korban dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil melalui perdamaian dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula.” Demikian penjelasan Wakapolres Lampung Barat Kompol Robi B Wicaksono, S.H.

Bagikan postingan
Satlantas Polres Metro Jakarta Utara Menggelar Sosialisasi Operasi Keselamatan Jaya 2024
0
Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading Pres Release Ungkap Kasus Ops Pekat Jaya 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Upacara Sertijab Danlanal Babel
0
Prajurit Lanal Bintan Ikuti Apel Khusus Secara Vidcon Yang Dipimpin Oleh Pangkoarmada I
0
Bhabinkamtibmas Kelurahan Galur Pantau Harga Beras di Pasar Gembrong
0
Kapolres Metro Jakut Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Jakarta Utara Di Hotel Mercure Ancol
0
Police Go To School Polsek Sekincau Polres Lampung Barat  Kunjungi  SMP N 1 Batu Ketulis .
0
Sadis Kecelakaan Berjatuhan Sampai Merenggut Nyawa,Hal Ini Didyga Pejabat Kota Tutup Mata
0
TNI Polri Dan Muspida Hadiri Pengukuhan DPD FWJ Indonesia Prov Jawa Barat
0
Caleg DPRD Kabupaten Bengkalis Inisial APK Dilaporkan Ke Polda SUMUT Atas Dugaan Tindak Pidana Penipuan Danan Penggelapan
0
Tekab 308 Presisi Unit Reskrim Polsek Sumber Jaya Polres Lampung Barat, Berhasil Amankan Terduga Pelaku Pencurian
0
Danlantamal I Hadiri Final F1 Power Boat Tahun 2024
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!