Memaknai Hari Pahlawan Melalui Revitalisasi Monumen Perang Batakan Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan

Penulis :

Lucky sun

Banjarmasin,traznews.com 

13 November 2023,- Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan Lanal Banjarmasin melaksanakan peletakan Batu Pertama dalam rangka Revitalisasi Monumen Perjuangan di Bukit Timah, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Peletakan Batu pertama dilaksanakan secara simbolis oleh PJ. Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman dan Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setiyawan, S.H., hal ini merupakan wujud nyata Pemerintah Daerah dan TNI AL dalam melestarikan sejarah di Negeri ini.

 

Rencana membangun kembali Monumen Perang Batakan Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan ini ditujukan agar lebih memotivasi generasi muda dalam berwisata sejarah untuk mengenang Tragedi Pertempuran “Perang Batakan” sehingga generasi muda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang perjalanan sejarah bangsa.

Bacaan menarik :  Dapat Predikat Akreditasi Paripurna, Balai Pengobatan Lanal Simeulue Beri Pelayanan Terbaik

 

Untuk memeriahkan acara tersebut, Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang tergabung pada Sanggar Seni Akademi Borney Gunkay (ABG) menampilkan Tarian Gipang Kibas dan Sendratari Tanah Banyuku yang menggambarkan tragedi Perang Batakan.

 

Perlu diketahui bahwa pertempuran di Batakan adalah pertempuran antara pasukan yang dipimpin oleh Kapten Mustafa Ideham dari Divisi IV ALRI dengan Belanda pada tanggal 7 April 1946. Perang ini merupakan misi perebutan kembali wilayah Kalimantan dari penjajah yaitu dengan mengirimkan bantuan logistik untuk rakyat Kalimantan melalui jalur laut ke Batakan sehingga terjadilah pertempuran antara Divisi IV ALRI dengan Penjajah Belanda.

 

Sebagai dukungan Revitalisasi tersebut, TNI AL melalui Lanal Banjarmasin menghibahkan Kapal Eks Patrolinya kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk dijadikan Monumen Perjuangan sebagai cagar budaya di daerahnya.

Bacaan menarik :  Pesan Kapolda Lampung Saat Cek Langsung TPS Pilkakam 2023 Di Tulang Bawang

 

Dalam sambutannya, PJ. Bupati Kabupaten Tala berterimakasih kepada seluruh Stake Holder dalam mendukung kegiatan Revitalisasi Monumen tersebut, Khususnya kepada TNI AL dengan hibah Eks Alutsistanya.

 

(Pen Lanal Banjarmasin)

Bagikan postingan
Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 Yang Berlangsung Minggu Pagi ini Dijaga Ketat Aparat Gabungan 
0
Deklarasi Koalisi Pringsewu Bersatu Dihadiri Ratusan Kader
0
Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Berbagai dengan Anak-Anak Pengunjung Dalam Rangka HUT Kota Jakarta Ke – 497 Tahun  Di Silang Monas 
0
HIPMI Lambar Buka Pendaftaran Caketum Periode 2024-2027
0
Bikin Galau !!! Pj.Peratin Di Lambar Kerap Ganti Nomor
0
Kapolri Buka Bhayangkara Fun Walk 2024: Bersama Bergerak untuk Persatuan
0
Kapolrestro Tangerang Kota Beri Pesan Kamtibmas Saat Jum’at Keliling, Jelang HUT Bhayangkara Ke-78
0
Polrestro Jakbar Ungkap Identitas Pemberi Sabu Kepada Musisi VTP, Polisi: Dalam Pengejaran
0
Dirjen VII Kementrian ATR/BPN  Sambut Kedatangan Bunda Lanny Bersama Kuasa Hukum Prof.Elza Syarief Dan Korwil GJL Leo Siagian 
0
Hadiri Pengajian di Sekincau, Hi.Parosil Mabsus Ajak Warga Masyarakat Perbanyak Rasa Syukur .
0
Wakapolri Minta Lulusan S1, S2 dan S3 STIK Tahun 2024 Mampu Jadi Agen Perubahan
0
Personel Lantamal I Beserta ABK KRI Laksanakan Olahraga Bersama Dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!