Ipda Albertus Fridus Bere, Pama Polres Malaka NTT, Berprestasi Raih Award Pada Hoegeng Award

Penulis :

Lucky suryani

Jakarta,traznews.com

Jumat, 14 Juli 2023 – Perwira pertama (pama) Polres Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ipda Albertus Fridus Bere, diusulkan menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2023. Integritas Ipda Fridus mengamankan perbatasan sempat mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ipda Fridus diusulkan oleh salah satu pembaca yang bekerja di berita di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, Sigiranus Marutho Bere, melalui formulir online di tautan http://dtk.id/hoegengawards2023. Sigiranus mengenal sosok Ipda Fridus karena juga bekerja di daerah perbatasan Kabupaten Malaka, NTT dengan Distrik Suai, Timor Leste.

 

Ipda Fridus adalah sosok yang berprestasi dalam bertugas. Ipda Fridus, menurutnya, juga sosok yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi bahkan warga hingga pemerintah setempat mengenal Ipda Fridus memiliki sepak terjang yang baik selama menjaga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Malaka, NTT. Giran juga merupakan teman Fridus sejak SMA.

 

“Dia itu banyak testimoni dari masyarakat sampai pihak pemerintah daerah tingkat kecamatan juga tahu sepak terjang beliau baik,” katanya.

 

Beliau menceritakan bahwa,

“salah satu kejadian saat Ipda Fridus menjabat sebagai Kepala Pos Polisi (Kapospol) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin. Dia menyebut Ipda Fridus pernah membantu wanita Timor Leste sedang sakit keras yang tidak memiliki dokumen untuk berobat ke Indonesia, Peristiwa itu, terjadi pada Januari 2018. Wanita Timor Leste tersebut diantar oleh kerabatnya menggunakan sepeda motor,” katanya.

 

Lebih lanjut Beliau melanjutkan,

Bacaan menarik :  Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke 77 Th, Dandim 0426/TB Pimpin Langsung Do'a Bersama

“Pada saat sampai perbatasan dicegat oleh aparat karena tidak punya dokumen paspor. Nah, Fridus sebagai Kepala Pos Polisi Lintas Batas Motamasin melihat kondisi ibu ini nyaris ambruk dari sepeda motor. Karena mempertimbangkan kemanusiaan, meskipun tidak ada dokumen, dia kemudian menyuruh mereka melanjutkan perjalanan ke rumah sakit,” lanjutnya.

 

Ipda Fridus juga Ipda Fridus juga disebut mencarikan mobil pikap agar wanita tersebut dapat sampai dengan cepat ke rumah sakit. Wanita tersebut, kata Giran, menderita penyakit kuning.

 

“Kemudian Saya sampaikan bahwa ‘ibu berobat saja sampai sembuh, baru balik ke Timor Leste’ waktu itu dibawa ke rumah sakit, memang karena gerakan cepat sehingga dia sembuh. Seluruh badannya kuning semua, jadi waktu itu terlambat sedikit saja sudah lewat, sudah meninggal itu,” jelasnya.

 

Perlu diketahui bahwa Ipda Fridus sering kali membantu warga yang memiliki kendala saat melintas di perbatasan. Karena pengabdiannya itu, Ipda Fridus mendapatkan penghargaan dari Kapolri untuk melanjutkan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) pada 2022.

 

“Sering itu beliau bantu orang, sering bantu dokumen-dokumen yang belum lengkap, karena sebagai Kapospol di situ beliau bertugas menjaga perbatasan jadi ada masalah seperti itu dia pasti bantu. Makanya dia waktu itu pangkatnya belum perwira, dia diganjar penghargaan oleh Kapolri,” jelasnya.

 

Giran juga bercerita soal kebaikan yang dilakukan oleh Ipda Fridus yang membantu ibu melahirkan pada 2020. Saat itu, ibu tersebut tidak memiliki biaya untuk bersalin di rumah sakit.

Bacaan menarik :  Pos TNI AL Paloh Lantamal XII Gelar SAR KM. Serasan Market Alami Kecelakaan Laut di Perairan Laut Paloh

 

Sosok Ipda Fridus juga disebut orang yang ringan tangan. Banyak warga yang datang ke rumahnya untuk mengucapkan terima kasih karena telah dibantu.

 

Sebagai informasi tambahan bahwa Keluarga dari orang yang dia tolong itu semua ke rumahnya, jadi mereka anggap ini sudah jadi keluarganya ‘kami tidak bisa bantu apa-apa selain datang berkunjung ke rumah Bapak Ipda Fridus dan sampaikan terima kasih’, ringan tangan orangnya.

 

Senada itu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi anugerah penghargaan Hoegeng Award 2023.

 

Menurut Presiden, event penghargaan Hoegeng Awards 2023 merupakan hal luar biasa yang diselenggarakan oleh Polri.

 

“Program ini luar biasa, sekaligus menjadi pengakuan kepada anggota yang telah menunjukkan dedikasi, integritas dan inovasi dalam menjalankan tugas kepolisian dengan berlandaskan nilai dan keteladanan Hoegeng Iman Santoso,” ungkap Presiden Jokowi yang diwakili oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas pada acara penghargaan Hoegeng Award 2023 yang digelar di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023).

 

Kepala Negara berharap, anggota Polisi yang menerima penghargaan Hoegeng Award, dapat memberikan teladan bagi personel lainnya di seluruh Indonesia.

 

“Terus menjalankan tugas mulia dengan integritas dan dedikasi yang tinggi. Ini sejalan dengan semangat Polri Presisi,” tutur Presiden melalui Menteri Azwar.

 

Dalam penganugerahan Hoegeng Award 2023, terdapat lima kategori penghargaan; yakni Polisi Berdedikasi, Polisi Inovatif, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, Polisi Tapal Batas dan Pendalaman, dan Polisi Berintegritas.

Bacaan menarik :  Sertu Hendriyanto, Babinsa Desa Tanjung Serayan

 

Penilaian dilakukan oleh dewan pakar yang terdiri dari mantan Plt Pimpinan KPK, Achmad Santosa; Wakil Ketua MPR RI, Arsul Sani; anggota Kompolnas, Poengky Indarti; anggota Komnas HAM, Putu Elvina; dan Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Wahid.

 

Berikut ini daftar penerima Hoegeng Awards 2023:

 

1. Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyarah,

 

2. Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibowo,

 

3. Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utami,

 

4. Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Makruf Suroto,

 

5. Polisi Berintegritas: Kombes Darmanto.

 

Diketahui, pada Hoegeng Awards 2022 lalu, hanya ada tiga kategori yakni Polisi Berdedikasi, Polisi Inovatif dan Polisi Berintegritas.

 

Sementara pada Hoegeng Award 2023 ini, ada dua kategori tambahan yaitu Polisi Pelindung Perempuan dan Anak serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Bagikan postingan
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Rapat Paripurna DPRD Jawaban Pj Bupati Pringsewu Pandangan Fraksi-fraksi
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!