Ipda Albertus Fridus Bere, Pama Polres Malaka NTT, Berprestasi Raih Award Pada Hoegeng Award

Penulis :

Lucky suryani

Jakarta,traznews.com

Jumat, 14 Juli 2023 – Perwira pertama (pama) Polres Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ipda Albertus Fridus Bere, diusulkan menjadi kandidat penerima Hoegeng Awards 2023. Integritas Ipda Fridus mengamankan perbatasan sempat mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ipda Fridus diusulkan oleh salah satu pembaca yang bekerja di berita di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, Sigiranus Marutho Bere, melalui formulir online di tautan http://dtk.id/hoegengawards2023. Sigiranus mengenal sosok Ipda Fridus karena juga bekerja di daerah perbatasan Kabupaten Malaka, NTT dengan Distrik Suai, Timor Leste.

 

Ipda Fridus adalah sosok yang berprestasi dalam bertugas. Ipda Fridus, menurutnya, juga sosok yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi bahkan warga hingga pemerintah setempat mengenal Ipda Fridus memiliki sepak terjang yang baik selama menjaga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Malaka, NTT. Giran juga merupakan teman Fridus sejak SMA.

 

“Dia itu banyak testimoni dari masyarakat sampai pihak pemerintah daerah tingkat kecamatan juga tahu sepak terjang beliau baik,” katanya.

 

Beliau menceritakan bahwa,

“salah satu kejadian saat Ipda Fridus menjabat sebagai Kepala Pos Polisi (Kapospol) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin. Dia menyebut Ipda Fridus pernah membantu wanita Timor Leste sedang sakit keras yang tidak memiliki dokumen untuk berobat ke Indonesia, Peristiwa itu, terjadi pada Januari 2018. Wanita Timor Leste tersebut diantar oleh kerabatnya menggunakan sepeda motor,” katanya.

 

Lebih lanjut Beliau melanjutkan,

Bacaan menarik :  Syukuran Dalam Rangka HUT Kowal Ke-61 Tahun 2024 di Mako Lanal Dumai

“Pada saat sampai perbatasan dicegat oleh aparat karena tidak punya dokumen paspor. Nah, Fridus sebagai Kepala Pos Polisi Lintas Batas Motamasin melihat kondisi ibu ini nyaris ambruk dari sepeda motor. Karena mempertimbangkan kemanusiaan, meskipun tidak ada dokumen, dia kemudian menyuruh mereka melanjutkan perjalanan ke rumah sakit,” lanjutnya.

 

Ipda Fridus juga Ipda Fridus juga disebut mencarikan mobil pikap agar wanita tersebut dapat sampai dengan cepat ke rumah sakit. Wanita tersebut, kata Giran, menderita penyakit kuning.

 

“Kemudian Saya sampaikan bahwa ‘ibu berobat saja sampai sembuh, baru balik ke Timor Leste’ waktu itu dibawa ke rumah sakit, memang karena gerakan cepat sehingga dia sembuh. Seluruh badannya kuning semua, jadi waktu itu terlambat sedikit saja sudah lewat, sudah meninggal itu,” jelasnya.

 

Perlu diketahui bahwa Ipda Fridus sering kali membantu warga yang memiliki kendala saat melintas di perbatasan. Karena pengabdiannya itu, Ipda Fridus mendapatkan penghargaan dari Kapolri untuk melanjutkan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) pada 2022.

 

“Sering itu beliau bantu orang, sering bantu dokumen-dokumen yang belum lengkap, karena sebagai Kapospol di situ beliau bertugas menjaga perbatasan jadi ada masalah seperti itu dia pasti bantu. Makanya dia waktu itu pangkatnya belum perwira, dia diganjar penghargaan oleh Kapolri,” jelasnya.

 

Giran juga bercerita soal kebaikan yang dilakukan oleh Ipda Fridus yang membantu ibu melahirkan pada 2020. Saat itu, ibu tersebut tidak memiliki biaya untuk bersalin di rumah sakit.

Bacaan menarik :  Kapolda Lampung: Presiden Apresiasi Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

 

Sosok Ipda Fridus juga disebut orang yang ringan tangan. Banyak warga yang datang ke rumahnya untuk mengucapkan terima kasih karena telah dibantu.

 

Sebagai informasi tambahan bahwa Keluarga dari orang yang dia tolong itu semua ke rumahnya, jadi mereka anggap ini sudah jadi keluarganya ‘kami tidak bisa bantu apa-apa selain datang berkunjung ke rumah Bapak Ipda Fridus dan sampaikan terima kasih’, ringan tangan orangnya.

 

Senada itu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi anugerah penghargaan Hoegeng Award 2023.

 

Menurut Presiden, event penghargaan Hoegeng Awards 2023 merupakan hal luar biasa yang diselenggarakan oleh Polri.

 

“Program ini luar biasa, sekaligus menjadi pengakuan kepada anggota yang telah menunjukkan dedikasi, integritas dan inovasi dalam menjalankan tugas kepolisian dengan berlandaskan nilai dan keteladanan Hoegeng Iman Santoso,” ungkap Presiden Jokowi yang diwakili oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas pada acara penghargaan Hoegeng Award 2023 yang digelar di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023).

 

Kepala Negara berharap, anggota Polisi yang menerima penghargaan Hoegeng Award, dapat memberikan teladan bagi personel lainnya di seluruh Indonesia.

 

“Terus menjalankan tugas mulia dengan integritas dan dedikasi yang tinggi. Ini sejalan dengan semangat Polri Presisi,” tutur Presiden melalui Menteri Azwar.

 

Dalam penganugerahan Hoegeng Award 2023, terdapat lima kategori penghargaan; yakni Polisi Berdedikasi, Polisi Inovatif, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, Polisi Tapal Batas dan Pendalaman, dan Polisi Berintegritas.

Bacaan menarik :  Polres Belawan Bersama Dirpolairud Polda Sumatera Utara BeriI Kejutan Lantamal I Dihari Jadi Ke-78 TNI AL 

 

Penilaian dilakukan oleh dewan pakar yang terdiri dari mantan Plt Pimpinan KPK, Achmad Santosa; Wakil Ketua MPR RI, Arsul Sani; anggota Kompolnas, Poengky Indarti; anggota Komnas HAM, Putu Elvina; dan Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Wahid.

 

Berikut ini daftar penerima Hoegeng Awards 2023:

 

1. Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyarah,

 

2. Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibowo,

 

3. Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utami,

 

4. Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Makruf Suroto,

 

5. Polisi Berintegritas: Kombes Darmanto.

 

Diketahui, pada Hoegeng Awards 2022 lalu, hanya ada tiga kategori yakni Polisi Berdedikasi, Polisi Inovatif dan Polisi Berintegritas.

 

Sementara pada Hoegeng Award 2023 ini, ada dua kategori tambahan yaitu Polisi Pelindung Perempuan dan Anak serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Bagikan postingan
Kanit Binmas Polsek Metro Menteng AKP Irawan Sambang Warga Menyampaikan Pesan Kamtibmas
0
Wujudkan Keamanan Pasca Pemilu 2024 Kapolsek Kepulauan Seribu Utara Pimpin Patroli Malam
0
Kapolres Metro Jaksel dampangi Kapolda Metro Jaya Kunjungi Mantan Kapolri Jenderal Pol purnawirawan Sutanto
0
Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Berikan Edukasi  Di SMP Negeri 3 Sekincau
0
Antisipasi Kejahatan Saat Jam Pulang Kerja, Polsek Metro Tamansari Gelar Strong Point
0
Kapolres Metro Depok Gelar Jumat Curhat Bersama di Hadiri Musisi Legendaris H Rhoma Irama
0
Polres Metro Jakarta Barat Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Dan Pengambilan Sumpah Calon Anggota Polri T.A. 2024
0
Halal Bi Hahal     Di  Padepokan  Antasari   Bersama Relawan  Paslon 01
0
Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain
0
Menjelang Terbitnya Matahari, Rombongan Gajah Suoh Seruduk Rumah Yandi 👇👇.
0
TNI – POLRI Terjunkan 2.713 Personil Gabungan, Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa
0
Sebanyak 3.643 Personil Gabungan TNI – Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!