MANTAN KAPOLDA JABAR ANTON CHARLIYAN BESERTA SELURUH PESERTA UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI GEDUNG MERDEKA BANDUNG, TIDAK KUASA MENITIKAN AIR MATA SAAT MENCIUM BENDERA MERAH PUTIH.

Penulis :

Luckysun

Bandung,traznews.com

Gedung Merdeka Jln Asia Afrika , 01 juni 2022. Berbagai comunitas Ormas, Lsm , Paguyuban, Padepokan sanggar seni, Kabuyutan dll , Menggelar Acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang ke 77. Kenapa mengambil di Gedung Merdeka , karena tempat tsb merupakan tempat diresmikanya, hari lahir Panca Sila sbg Hari libur oleh Presiden Jokowi pd tgl 01 juni 2016.
Dalam Acara tsb Anton Charliyan Mantan Kapolda jabar didaulat tampil sebagai Pembina Upacara mewakili Tokoh Sunda Jabar Banten. Hadir dlm acara tsb sekitar kurang lebih 1000 peserta mewakili sekitar 96 elemen masyarakat

 

Acara di buka dg Pagelaran obade Angklung , selanjutnya diadakan acara Unik, Membelah Kelapa ijo yang masih utuh dari pohon ternyata didalam nya terdapat Bendera Merah putih, sebagai Bendera Suci yang yang didapat dari Air yang ada dilangit, yang berada dalam buah tertinggi. setelah itu bendera dibuka dilanjutkan dg penghormatan dan Acara Tradisi Mencium Bendera Merah putih. Sebagai Perlambang Kesetiaan pada Tanah air. Pada saat Penciuman Thd bendera tsb, terlihat Anton tidak kuasa Menitikan air mata Penuh haru, sebagai perwujudan Tingginya Rasa cinta thd Tanah Air.

Bacaan menarik :  Menuju Hari Raya Lebaran, Kadis Pangandaran Sebut Komoditas Padi Aman.

Tak terkecuali seluruh peserta yg hadirpun merasakan Keharuan tsb sama2 menitikan air mata. Selanjutnya Dalam kata sambutanya, Anton mengatakan : bahwa Pancasila merupakan Kristalisasi Nilai2 Luhur, adat Tradisi serta Norma2 yg ada di Nusantara, yg sudah mengakar dlm diri bangsa indonesia sejak zaman dahulu kala, sehingga sudah menjadi Budaya yg mendarah daging dlm setiap diri manusia Indonesia, karena sudah mengakar mendarah daging dan jadi Budaya, sehingga tidak bisa digantikan dengan Iedologi Manapun, maka dari itu Pancasila di letakan dlm pembukaan UUD 45 sbg Dasar & Philisofi Negara yg tidak bisa dirubah oleh siapapun. Anton Charliyan tokoh Budaya yg kerap dipanggil Abah Anton ini, pernah menjabat juga sbg Kadiv humas Polri dan Kapolda Sulselbar, pada akhir sambutanya membacakan MAKLUMAT 1 JUNI 2022 GEDUNG MERDEKA BANDUNG. Sebagai Komitmen dan Sumpah Setya masyarakat Sunda jawabarat Banten Untuk Indonesia , pada peringatan hari Lahir Pancasila yg ke 77, agar bisa di gelorakan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para Generasi muda. Mengingat Perkembangan Situasi Nasional, dengan makin derasnya kelompok2 tertentu yg berniat ingin merubah Pancasila sbg Ideologi Negara dengan Ideologi lain.
Adapun isi Maklumat tsb adalah sbb :
1. Tetap Setya kepada Pancasila sbg satu2nya Ideologi Bangsa dan Negara
2. Menolak Keras Ideologi Lain yang bersifat Sekular, Intoleran & Radikal, seperti ideoligi Khilafah, Komunis, Liberalis, Kapitalis dll, yg akan menghancurkan Keutuhan NKRI
3. Kembali kepada Jati Diri Bangsa Yang Berbudaya, sebagai Budaya Asli Nusantara , yang mengutamakan sikap2 Gotong royong, rasa persatuan , rasa Kebersamaan , dan rasa Persaudaraan sebagai sesama Anak bangsa, tanpa membedakan Suku Agama Ras dan Golongan, dalam semangat Bhineka Tunggal Ika.
Hadir dlm acara tsb para tokoh Sunda jawa Barat & Banten al : Abah Yusuf Gegerkalong, Brigjen purn Budi Setiawan, Brigjen Tni Purn Yonas Tobing, Habib Jafar Sidiq, Wa Deden forum ormas jabar, Yanti Maksoem, jhony Projo, Budi Hermansyah exponen 98, Edwin Ketum WN 88, Sandhy Tumiwa , Andreas Ketum SKP, Robert Kenedy, Ketum Pjbn jabar, Sekjen Bp2Mp S . Adhi, Ketua FKPPI jabar, Manggala Garuda putih, KBP3 Polri, Ketua FOKTI Merah Putih Johanes, Ketua INTI, LAKRI, LSI, OMBAK, Para Tokoh Lintas Agama baik Nasrani, Budha maupun Hindu dll. Acara Berlangsung Tertib , Penuh Semangat , Haru, Heroik dan Meriah. dilanjutkan dg Pentas Seni budaya , menyanyikan lagu2 Nasional dan Orasi Kebangsaan .

Bacaan menarik :  Pelajar SD Pingsan Saat Upacara Sekolah, karena Perut Kosong Tidak Ada Uang Beli Beras, Ketum AWI Agendakan Berkunjung
Bagikan postingan
Kabupaten Tulang Bawang Siap Berikan THR Total 24,1 Miliar Rupiah
0
Polres Lampung Barat Bekuk Pria Kedapatan Bawa Ganja di Lintas Liwa-Krui
0
Jumling Di Pekon Campang Tiga, AKP H.Sahril Paison Ajak Warga Tingkatkan Iman Taqwa Serta Santuni Lansia Dan Anak Yatim .
0
Bantu Warga Berbuka Puasa Yang Dalam Perjalanan Polsek Cakung Bagikan Ratusan Takjil
0
Kapolres Ajak 4 Pilar dan Masyarakat Jaga Keamanan di Bulan Suci Ramadhan 
0
Rayakan Kemenangan Penuh Keajaiban di Ancol TamanImpian
0
Pererat Silahturahmi, Keluarga Besar Lanal Lhokseumawe Buka Puasa Bersama
0
Press Conference Hari Raya Idul Fitri  Di Ancol Taman Impian Tahun 2024
0
Cegah Perundungan Polres Metro Jakarta Selatan Sosialisasi “Stop Bullying” di Sekolah SMA 74 Jakarta
0
Danlantamal I Hadiri Entry Briefing Pangkoarmada I
0
Danlantamal I Lepas Kapal Perang Prancis FNS Vendemiaire F 734 di Dermaga Pelindo Belawan
0
Wadan Lantamal I Hadiri Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!