*KLM Berkat Sentosa Jaya Tenggelam di Perairan Sampit, ABK Dievakuasi Ke Pos TNI AL Samuda

Penulis :

Lucky sun

TNI AL, Sampit,- KLM Berkat Sentosa Jaya tenggelam saat melakukan pelayaran menuju Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur karena cuaca buruk yang terjadi di Perairan Muara Teluk Sampit, Senin (28/8/2023).

 

Menurut informasi yang didapatkan dari Komandan Pos TNI AL Samuda jajaran Lanal Banjarmasin Letda Laut (P) M. Subkhan, KLM Berkat Sentosa Jaya memiliki bobot GT 438 bermuatan Pupuk yang di Nahkodai oleh Sahriadi dengan ABK (Anak Buah Kapal) berjumlah 8 orang berangkat dari Bontang Kaltim menuju Sampit Kalteng.

 

Pada hari Jumat (25/8) Kapal tolak dari Pelabuhan Tersus PT. Pupuk Kalimantan Timur Dermaga I Selatan, Bontang Provinsi Kalimantan Timur menuju Sampit. Tanggal 28 Agustus 2023 sekitar pukul 13.40 Wib, kapal sudah berada di Perairan Muara Teluk Sampit pada titik Kordinat 03°23’401″S 113°0’583″E terjadi cuaca buruk sehingga mesin pompa kapal tidak mampu untuk membuang air yang masuk ke kapal dan menyebabkan kapal mulai tenggelam. Melihat kondisi tersebut 8 ABK berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan lifecraft dan membuat rakit dari peralatan yang ada di kapal.

Bacaan menarik :  Lantamal XII Ikut SAR Seorang Anak Diterkam Buaya di Muara Sungai Kapuas

 

Sebelum tenggelam, Sahriadi Nakhoda KLM Berkat Sentosa Jaya sempat menghubungi Agen Kapal PT. BSP (Bahari Sandi Pratama) atas nama Reza memberitakan kondisi kapalnya. Dari informasi tersebut, Reza meminta bantuan Komandan Pos TNI AL Samuda, selanjutnya Komandan Pos TNI AL berkoordinasi dengan KPLP, Basarnas dan Polairud Polda Kalteng untuk melaksanakan pencarian dengan posisi terakhir pada titik kordinat 3°23’222″ LS 112°55’813″ BT.

 

Pukul 20.35 Wib, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Personel Pos TNI AL Samuda, Basarnas, Polairud Polda Kalteng dan KPLP menemukan 8 orang ABK yang sedang mengapung dengan menggunakan rakit sekitar 9 Mil dari Pantai Kalap, Ujung Pandaran pada titik kordinat 3°15’978″S 112°55’762″E dan dievakuasi menuju Dermaga Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalteng.

Bacaan menarik :  Pangkalan TNI AL Bandung Gelar Do’a Bersama Jelang Akhir Tahun 2023 dan Sambut Tahun Baru 2024

 

Setibanya di Dermaga Ujung Pandaran, seluruh ABK dibawa menggunakan minibus menuju Pos TNI AL Samuda untuk diserahkan kepada Agen Pelayaran.

 

Adapun ABK KLM Berkat Sentosa Jaya diantaranya Sahriadi (Nakhoda), Arman (Mualaim I), A. Irmang (KKM), Misrawanto (Masinis II), Fikruddin (Juru Mudi), Jusriandi (Juru Minyak), Mustaming (Kelasi), dan Sahrianto (Kelasi).

 

Ditempat terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., mengapresiasi tindakan personel yang ditugaskan di Pos TNI AL Samuda, dengan kesigapannya sehingga tidak ada korban jiwa pada kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

 

(Pen Lanal Banjarmasin)

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!