Jan Christian Arebo SH MH Siap Mengikuti Seleksi MRP Periode 2023-2028

Penulis :

Lucky sun

PAPUA ,traznews.com Jan Cristian Arebo Ketua Umum DPN Pemuda Adat Papua Ikut berpartisipasi dalam pencalonan diri sebagai Anggota Majelis Rakyat Papua Periode 2023-2028.

 

Era reformasi yang dimulai pada tahun 1998 mempengaruhi tatanan pemerintahan dan kesadaran masyarakat. Dalam struktur pemerintahan, telah terjadi perubahan sistem pemerintahan di Indonesia.

 

Pada saat yang sama, tatanan sosial tercermin dalam perkembangan proses demokrasi dalam pencapaian ambisi di tingkat lokal, regional, atau nasional.

 

Kedua isu ini juga mempengaruhi kebijakan pemekaran daerah. Sejauh ini, ekspansi geografis telah menjadi fenomena yang menarik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya daerah otonom baru yang muncul sejak tahun 1999.

 

 

Salah satu Tugas dan wewenang MRP menurut pasal 29 ayat (1) UU No.21 Tahun 2021 ialah , memberikan Pertimbangan dan persetujuan terhadap pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang di usulkan oleh DPRP , dan memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap calon anggota majelis permusyawaratan rakyat republik Indonesia utusan daerah provinsi Papua yang di usulkan oleh DPRP.

 

Dan pertimbangan dan persetujuan terhadap rancangan Perdasus yang diajukan oleh DPRP bersama – sama dengan gubernur.

Bacaan menarik :  Kebakaran Hebat Hanguskan 6 Unit Rumah Warga Kecamatan Way Tenong.

 

Dan memberikan saran, pertimbangan dan persetujuan rencana perjanjian kerjasama yang dibuat oleh pemerintah maupun pemerintah provinsi dengan pihak ketiga yang berlaku di wilayah Papua, khususnya yang menyangkut perlindungan hak – hak orang asli Papua.

 

 

Jan Christian Arebo anak asli suku ampari (menawi), kabupaten kepulauan Yapen adalah sosok yang di kenal kritis dalam kebijakan di provinsi Papua, mencoba memberanikan diri untuk mendaftar sebagai peserta dalam seleksi anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), berniat untuk mengembalikan peran dan fungsi MRP.

 

Dari sepak terjangnya selama ini Jan christian arebo adalah sosok nasionalisme yang selalu menyuarakan dan mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun daerah, seperti mendukung kelanjutan otsus, mendukung 3 Daerah Otonomi Baru di Papua sampai definitif, dan juga mendukung penegakan hukum terhadap korupsi dan teroris, Hebatnya lagi dukungan ini disampaikan langsung kepada petinggi Negera, dengan bertatap muka secara langsung baik dengan PRESIDEN RI , KAPOLRI, MENKOPOLHUKAM RI ,MENKOMARVES RI, KEPALA BNPT, KEPALA STAF ANGKATAN UDARA Dan GUBERNUR LEMHANNAS RI untuk kepentingan Provinsi Papua khususnya dan kesatuan republik Indonesia.

Bacaan menarik :  A.S Hasbi Al-Islahi Selaku Group Head Corporate Secretary PT Berdikari Raih Penghargaan 'BUMN TRACK' 2024

 

Dengan kedekatan yang cukup baik dan komunikasi yang intens dengan pemangku kepentingan negara maka hubungan dan kordinasi antara Papua dan pemerintah pusat akan terus dan semakin baik kedepan.

 

Papua membutuhkan sosok yg dapat menjembatani komunikasi dan kordinasi baik antara Jakarta dan Papua.

 

Menurut Jan, MRP merupakan representasi kultural orang asli Papua yang memiliki wewenang tertentu dalam rangka perlindungan hak – hak orang asli Papua, tentunya dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan dan pemantapan kerukunan beragama serta menjaga stabilitas politik hukum dan keamanan.

 

 

Jan Cristian Sosok Nasionalis yang selalu menyuarakan Kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah ini berharap dukungan masyarakat Papua (Khususnya kabupaten kabupaten kepulauan Yapen)

untuk di berikan kesempatan duduk di Majelis Rakyat Papua Periode 2023-2028.

 

Jan Cristian berjanji jika terpilih nanti di Majelis Rakyat Papua (MRP) sebagai salah satu perwakilan aspirasi masyarakat, Khususnya kabupaten kabupaten kepulauan Yapen untuk bersama – sama memperjuangkan dan melestarikan adat istiadat, pemberdayaan perempuan, stabilitas politik, kerukunan hidup beragama dan keamanan di provinsi Papua.

Bacaan menarik :  Pemkot Metro Peringati Hari Kartini Kota Metro Tahun 2022

 

Jan menambahkan, keikutsertaannya dalam pemilihan pencalonan diri sebagai Anggota Majelis Rakyat Papua karena dorongan masyarakat dan rekomendasi dari Dewan Adat Suku Ampari.

 

Ia pun menanggapi aspirasi masyarakat serta dewan adat suku Ampari, dan siap mengikuti seleksi anggota Majelis Rakyat Papua periode 2023-2028.

 

Jan christian arebo akan berupaya mengembalikan fungsi dan peran MRP ke alurnya yang sebenarnya, yaitu menjaga dan mengamankan kepentingan negara di tanah Papua untuk mensejahterakan rakyat Papua, tutupnya

Bagikan postingan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Beri Penghargaan Kepada Kasi Humas Dan Personel Berprestasi
0
Polrestro Jakpus Terjunkan 3.315 Personil Gabungan Amankan Munajat Kubro Di Monas.
0
Dr. Raymundus Loin Kunjungi MK Terkait Fenomena Yang Terjadi Seputar Pemilu 2024
0
Pasca PAM Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polsek Sekincau Res Lambar Gelar Acara Halal Bihalal
0
Drs. Nukman M.M,: Hampir 100 Persen Masuk  Kerja Pasca Libur.
0
Lanal Bengkulu Laksanakan Pengamanan Arus Mudik di Posko Terpadu Angkutan Laut Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu
0
Perkuat Rasa Kekeluargaan, Forkopimda Kabupaten Simeulue Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal di Mako Lanal Simeulue
0
Pada Arus Balik Lebaran Sejumlah Pospam di Datangi Tim Dokkes guna mengecek kesehatan Anggota
0
Pastikan Arus Balik Pemudik Aman, Kapolres Metro Jakarta Timur Cek Posyan Dan Pospam
0
Wahh!! Penari cilik bakal ramaikan KESENIAN TARI KUDA LUMPING “KARYA BUDAYA” Badran sari, Punggur
0
Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol 
0
Kapolres Jakut Terima Aduan Bocil Kehilangan HP di Pos Pengamanan Ancol 
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!