Festival Sekala Bekhak Masuk KEN 2022, Parosil: semoga akan bisa cepat membangkitkan dunia pariwisata Lampung Barat

Penulis :

ADV

Lampung Barat-Setelah masuknya Festival Sekala Bekhak (FSB) ke dalam 110 event nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2022 ini, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus berharap hal itu dapat membangkitkan dunia pariwisata Kabupaten Lampung Barat yang tentu berpengaruh pada tingkat pendapatan khususnya dari sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Barat.

Festival Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat yang baru berhasil masuk Kharisma Event Nusantara (Calender Event Nasional) pada tahun 2021 dan di tahun 2022 setelah melalui proses kurasi yang bersaing dengan festival-festival lainnya di Nusantara.

Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah ini meningkat 17 event jika dibandingkan dengan even di tahun 2021 yang berjumlah 302 usulan. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II.

Pada kurasi tahap pertama, dari 319 tersisa 171 festival. Pada saat kurasi tahap kedua, Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata menyampaikan presentasi secara langsung terhadap lima orang kurator, masing-masing dari unsur seniman, budayawan, penyelenggara event, akademisi/media dan pemerintah (kemenparekraf) untuk menetapkan 110 event yang akan diselenggarakan dalam KEN sepanjang tahun 2022.

Masuknya Festival Sekala Bekhak dalam Kharisma Event Nusantara karena Festival Skala Bekhak menyajikan seni tradisi asli budaya Lampung Barat.

Bacaan menarik :  Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat Krakatau 2022, Kapores Lambar AKBP. Hadi Saepul Rahman, Tekankan 8 Point Penting.

Konten kegiatan yang ditampilkan adalah seperti gelaran nyambai, gelaran orkes gambus, muayak, bu-gamolan pekhing dan yang paling unik adalah sajian SEKURA, dan SEKURA diminta para dewan kurator untuk menjadi IKON dari Festival Sekala Bekhak karena SEKURA hanya ada di Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat, maka Festival Sekala Bekhak harus identik dengan SEKURA.

Kharisma Event Nusantara yang diusung Kemenparekraf adalah program Kemenparekraf pada setiap tahun, yaitu menyatukan event-event daerah untuk bisa dipromosikan dan menjadi bagian dari event Nasional. Sehingga Kemenparekraf akan secara maksimal mempromosikan event-event tersebut baik di nusantara maupun di mancanegara dan tentu akan merekomendasikan kunjungan wisatawan untuk mengunjungi event-event tersebut.

Dari hal itu, tentu Festival Skala Bekhak akan sangat berpangaruh pada tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lampung Barat untuk menyaksikan event Festival Sekala Bekhak.

Sehingga momen tersebut sekaligus menjadi ajang promosi potensi yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat, mulai dari destinasi wisata alam, keragaman budaya, potensi kopi robusta dan juga para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sub sektor yang ada di Lampung Barat.

Untuk diketahui, Kharisma Event Nusantara bukan memilih juara, namun memilih event daerah yang layak menjadi sajian event nasional dan ikut diangkat oleh kemenparekraf dari 15 Kabupaten/Kota di Lampung.

Bacaan menarik :  Forum Wartawan Media Harian Reshuffle KSB

Sementara untuk tahun 2022 ini, Provinsi Lampung sendiri hanya menyumbang dua event pada Kharisma Event Nusantara yang diusulkan oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Dua event tersebut yakni Festival Skala Bekhak dan Festival Krakatau yang telah masuk menjadi salah satu dari 110 event se-Indonesia.

Masuknya Festival Skala Bekhak di Kharisma Event Nusantara bukan tanpa sebab, karena Festival Skala Bekhak memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan festival lain yang ada di Nusantara.

Keunikan Festival Skala Bekhak ini dilaksanakan dengan melibatkan secara langsung masyarakat adat asli Lampung Barat yang memiliki 4 kerajaan, yaitu Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Brak yang terdiri dari Kepaksian Pernong, Paksi Buay Belunguh, Paksi Buay Bejalan Diway dan Kepaksian Nyerupa yang masing-masing Kepaksian dipimpin oleh seorang Sultan.

Salah satu konten kegiatan yang dipaparkan adalah Hippun Adat Sultan Paksi Pak (Musyawarah Agung Para Sultan Paksi Pak) yang dalam kegiatan ini perangkat keagungan adat dari Kerajaan Adat Lampung Barat. Selanjutnya rangkaian lain yaitu pagelaran seni budaya akan menampilkan sajian seni budaya asli dari kerajaan adat, diantaranya Nyambai, Orkes Gambus, Pesta Budaya Sekura (pesta topeng), Butattah, Bugamoil Pekhing, Tari-Tarian Adat dan lain-lain.

Dengan masuknya Festival Sekala Bekhak di jejeran event Nasional 2 tahun ini, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus berharap hal itu akan mempercepat kebangkitan pariwisata di bumi beguai jejama sai betik Lampung Barat.

Bacaan menarik :  Oknum ASN Tersangka Kasus  KDRT, Hari Ini Resmi Ditahan Sat Reskrim Polres Lampung barat.

“Masuknya Festival Skala Bekhak di Kharisma Event Nusantara semoga akan bisa cepat membangitkan dunia pariwisata Lampung Barat dengan lonjakan kunjungan wisatawan dan bisa betah beliama-lama di Lampung Barat yang tentu akan berpengaruh pada tingkat pendapatan khususnya dari sektor pariwisata,” ucap Parosil.

dalam event Festival Sekala Bekhak senantiasa ditampilkan budaya adiluhung yang merupakan seni budaya tradisi dari Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak, sungguh merupakan sajian yang menarik ketika dipadukan antara budaya asli dengan keindahan alam yang masih terjaga baik.

Dikarenakan kondisi negeri masih belum sepenuhnya normal dari serangan wabah covid-19, maka penyelenggaraan event festival dalam dua tahun ini akan fokus pada bentuk kegiatan secara hybrid sesuai dengan kondisi saat ini, namun jika memungkinkan pada bulan Juli tahun 2022 ini digelar secara Offline maka akan menyajikan festival secara langsung.

Bagikan postingan
Semarak HUT RI 77, Parosil Bagikan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih

LampungBarat-Bupati Lampung Barat H. Parosil mabsus akan membagikan puluhan ribu bendera merah putih kepada masyarakat Lampung Barat untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77. Kegiatan ini menindaklanjuti Surat Menteri Dalam

//
Agustus 8, 2022
Bupati Hi.Parosil Mabsus Berhentikan Kepsek SMPN 1 Air Hitam, Berikut Alasanya.

Lampung Barat-Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus berhentikan kepala sekolah SMPN 1 Air Hitam, Tri Harjono. (8/8). Pemberhentian Tri Harjono sebagai kepala sekolah SMP Negeri 1 Air Hitam disampaikan Bupati Hi.Parosil

//
Agustus 8, 2022
Sambut Hari Jadi Ke-74, Polwan Polres Tulang Bawang Ajak Ratusan Pelajar Cerdas Bermedsos.

Tulang Bawang ( Traznews ) _ Sambut Hari Jadi Ke-74 tahun 2022, Polisi Wanita (Polwan) Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar kegiatan Police Goes To School. Kegiatan Police Goes To

//
Agustus 8, 2022
Gunakan Engkel Box Seperti Ini, Pencuri Solar Subsidi Semakin Marak di SPBU Ciracas dan Cimanggis

JAKARTA,traznews.com Pencurian BBM bersubsidi Solar di SPBU semakin marak. Hal itu bermula diketahui adanya aduan masyarakat yang semakin sulit mendapatkan BBM subsidi solar. Atas aduan tersebut, tim investigasi Lembaga Cegah

//
Agustus 8, 2022
SPBU Tanah Merdeka Diduga Menyalahi Aturan Standarisasi Pertamina

Jakarta,Traznews.com SPBU Pertamina Tanah Merdeka tidak ada terpasang Totem dan coran beton diatas saluran air yang sudah rusak. Jakarta, SPBU Pertamina Tanah Merdeka yang berlokasi area terminal Tanah Merdeka Kelurahan

//
Agustus 8, 2022
Polres Metro Jakarta Barat Menetapkan Tersangka Atas Kasus Penyalahgunaan Psikotropika Yang Filakukan Oleh Manajer Penyanyi Ternama BCL

JAKARTA,Traznews.com Polres Metro Jakarta Barat menetapkan tersangka atas kasus penyalahgunaan psikotropika yang dilakukan oleh manajer Penyanyi ternama BCL berinisial MID, Senin, 8/8/2022. Kasus penyalahgunaan psikotropika petugas kepolisian mengamankan 2 orang

//
Agustus 8, 2022
Sebagai Sponsor Platinum, Astra Financial Tawarkan Beragam Promo dan Hadiah Menarik di GIIAS 2022 Indonesia Convention Exhibition (ICE)

JAKARTA, traznews.com 8 Agustus 2022 Astra Financial senantiasa berkomitmen mendukung industri otomotif melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan kembali menjadi Sponsor Platinum GIIAS 2022. Tahun ini merupakan tahun ke

//
Agustus 8, 2022
Police Goes To School, Polwan Polres Lampung Barat Ajak Para Pelajar Cerdas Dan Aman Dalam Bermedia Sosial.

LampungBarat-Polwan (Polisi Wanita) Polres Lampung Barat Polda Lampung gelar police goes to school di SMA Negeri 1 Sukau Kabupaten Lampung Barat. Senin (08/08/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan Dalam rangka HUT Polwan

//
Agustus 8, 2022
Cireng Cipok Hadir Pada IFRA Hybrid Bussiness Expo In Conjunction With ILE 2022 , JCC Jakarta convention center 5 – 7 Agustus 2022

Jakarta,traznews.com Cireng Cipok Hadir pada IFRA Hybrid Bussiness Expo In Conjunction With ILE 2022 , Cireng Cipok hadir pada penutupan even tersebut, Minggu ( 7/08/2022) JCC convention center Senayan Jakarta.

//
Agustus 8, 2022
Police Goes To School, Polwan Jadi Pembina Upacara di SMAN 1 Blambangan Umpu

WayKanan-Polwan (Polisi Wanita) Polres Way Kanan Polda Lampung gelar police goes to school di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Senin (08/08/2022). Kegiatan dihadiri Wakil Kepala sekolah SMAN

//
Agustus 8, 2022
Wakapolres Lambar Sampaikan Arahan Akan Bahaya Narkoba Serta Kenakalan Remaja, Dihadapan Ratusan Siswa/Siswi SMA N I Sukau.

LampungBarat-Wakil Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat ( Wakapolres ) Kompol Robi B. Wicaksono, S.H. bertindak selaku Inspektur upacara Bendera di Sekolah SMA Negeri 1 Kec. Sukau Kab. Lampung Barat, Senin

//
Agustus 8, 2022
Sampaikan Himbauan Kamtibmas, Wakapolres Ajak Personel Dekatkan Diri Kepada Masyarakat

WayKanan-Wakapolres Way Kanan Kompol Zainul Fachry pimpin pelaksanaan apel pagi bertempat di lapangan Mako Polres Way Kanan. Senin (08/08/2022). Kegiatan apel dihadiri Pejabat Utama, personel dan Aparatur Sipil Negara (ASN)

//
Agustus 8, 2022
Semarak HUT RI 77, Parosil Bagikan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih
0
Bupati Hi.Parosil Mabsus Berhentikan Kepsek SMPN 1 Air Hitam, Berikut Alasanya.
0
Sambut Hari Jadi Ke-74, Polwan Polres Tulang Bawang Ajak Ratusan Pelajar Cerdas Bermedsos.
0
Gunakan Engkel Box Seperti Ini, Pencuri Solar Subsidi Semakin Marak di SPBU Ciracas dan Cimanggis
0
SPBU Tanah Merdeka Diduga Menyalahi Aturan Standarisasi Pertamina
0
Polres Metro Jakarta Barat Menetapkan Tersangka Atas Kasus Penyalahgunaan Psikotropika Yang Filakukan Oleh Manajer Penyanyi Ternama BCL
0
Sebagai Sponsor Platinum, Astra Financial Tawarkan Beragam Promo dan Hadiah Menarik di GIIAS 2022 Indonesia Convention Exhibition (ICE)
0
Police Goes To School, Polwan Polres Lampung Barat Ajak Para Pelajar Cerdas Dan Aman Dalam Bermedia Sosial.
0
Cireng Cipok Hadir Pada IFRA Hybrid Bussiness Expo In Conjunction With ILE 2022 , JCC Jakarta convention center 5 – 7 Agustus 2022
0
Police Goes To School, Polwan Jadi Pembina Upacara di SMAN 1 Blambangan Umpu
0
Wakapolres Lambar Sampaikan Arahan Akan Bahaya Narkoba Serta Kenakalan Remaja, Dihadapan Ratusan Siswa/Siswi SMA N I Sukau.
0
Sampaikan Himbauan Kamtibmas, Wakapolres Ajak Personel Dekatkan Diri Kepada Masyarakat
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!