Antisipasi Wabah PMK, 6 Kecamatan Di Lampung Barat Belum Lakukan Vaksin.

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Sehubungan dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berupa sapi, kerbau, kambing, domba dan babi, Senin 18/7/2022 di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat

Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama,Kepala Perangkat Daerah adakan Acara Ngupi Bebakhong.

Hal tersebut dilaksanakan guna menindaklanjuti keputusan menteri pertanian Republik Indonesia (RI) Nomor: 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022. Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan langkah pencegahan berupa Vaksin PMK.

Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disnunnak) Lampung Barat Yudha Setiawan menyampaikan, Cakupan vaksinasi terhadap penyakit mulut dan kuku hewan ternak di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah mencapai 791 dosis.

Bacaan menarik :  Sunarto peratin bandar agung memberikan pembinaan sekaligus bertatap muka dengan pengurus PKK pasca dirinya di Lantik

Pada kesempatan tersebut, Yudha Setiawan menjelaskan populasi hewan ternak berupa sapi yang tercatat dari 15 Kecamtan yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 7.505 ekor.

“Rincian hewan ternak sapi keseluruhan di Lampung Barat yaitu Kecamatan Balik Bukit 987 ekor, Sukau 2.125, Lumbok Seminung 1.079, Belalau 18, Sekincau 877, Suoh 25, Batu Brak 119, Pagar Dewa 407, Batu ketulis 30, Bandar Negeri Suoh 46, Sumber Jaya 285, Way Tenong 196, Gedung Surian 293, Kebun Tebu 725, dan Air Hitam 293” bebernya Yudha.

Yudha Setiawan mengungkapkan kegiatan vaksinasi PMK tersebut sudah dimulai sejak tanggal 27 Juli tahun 2022 lalu. Kabupaten Lambar mendapatkan jatah vaksin PMK sebanyak 800 dosis.

Bacaan menarik :  Wakapolres Lampung Barat  Berikan Arahan Dan Penekanan Terhadap Jajaran Diawal Tahun 2023.

“Untuk lambar sendiri baru dilakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi saja, Mudah-mudahan kedepannya dapat dilakukan terhadap hewan ternak kambing juga,”

” Untuk saat ini Alhamdulillah sudah terealisasi sebanyak 791 dosis,” kata Yudha Setiawan

Lanjut Yudha, untuk sejauh ini terdapat enam Kecamatan yang hewan ternak sapinya belum di lakukan vaksinasi yakni Kecamatan Lumbok Seminung, Belalau, Suoh, Batu Brak, Bandar Negeri Suoh dan Air Hitam.

Namun Yudha mengatakan pada waktu dekat ini pihaknya akan mendatangkan kembali sebanyak 300 dosis vaksinasi PMK guna untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi yang belum di vaksin.

Bagikan postingan
Sebanyak 3.643 Personil Gabungan TNI – Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini
0
Mulai dari Ramengvrl hingga Da Lopez bersaudara, ini Daftar Artis yang akan menghadiri HSS Series 5 Jakarta di GBK
0
Mulai dari Ramengvrl hingga Da Lopez bersaudara, ini Daftar Artis yang akan menghadiri HSS Series 5 Jakarta di GBK
0
Iptu.David Pulner Berpindah Tugas, Iptu Samsi Rizal Jabat Kasatlantas Lampung Barat Yang Baru.
0
Mutasi di Jajaran Polda Lampung, Kabid Humas: Selamat Bertugas di Jabatan Baru
0
Letkol Kav Delvy Marico, S.E.M.I.P., Gelar Halal Bihalal Bersama seluruh Anggota Kodim 0426/ Tb.
0
PERNYATAAN SIKAP F-PDR DALAM SENGKETA PILPRES 2024 DI MAHKAMAH KONSTITUSI F-PDR Meyakini Hakim MK Gunakan Hati Nurani dan Akal Sehat 
0
LAI Minta Kepada Jampidsus Dan Presiden Untuk Percepat Proses Perkara Terkait Kasus Tambang Timah Di Bangka Belitung 
0
Wadan Lantamal I Laksanakan Ziarah Dalam Rangka Hari Jadi Ke-76 Provinsi Sumatera Utara
0
Drs.Mad Hasnurin Daptarkan Diri Dalam Penjaringan Cawabup Di DPC PDI Perjuangan Lampung Barat
0
Aiptu Sunarto Memberikan Himbauan Kepada Guru MTs N 09 Johar Baru Jakpus.
0
Pelaku Pembacokan di Lokalisasi Diburu Polisi
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!