Evaluasi dan Penutupan Uji Terampil Glagaspur Tingkat I/L-1 dan Tingkat II/L-2 Unsur KRI dan KAL Jajaran Satrol Lantamal I Tahun 2023

Penulis :

Lucky sun

Belawan, traznews.com Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal I Kolonel Laut (P) Sarkolim, S.T., M.Tr. Hanla., M.M., menghadiri Evaluasi dan Penutupan Uji Terampil Glagaspur Tingkat I/L-1 dan Tingkat II/L-2 Unsur KRI dan KAL jajaran Satrol Lantamal I Tahun Anggaran 2023. Bertindak sebagai Katim Penguji adalah Pjs. Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada I Kolonel Laut (P) Himawan, M.M., M.Sc., yang sehari-hari menjabat Dansatban Koarmada I didampingi 6 Personel Tim Kolat Koarmada I.

 

Rangkaian kegiatan Uji Terampil ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh unsur KRI/KAL untuk menilai kemampuan dan daya tempur kapal perang sebagai Alutsista TNI AL dan menguji kemampuan profesionalitas prajurit pengawaknya.

 

Kegiatan ini berlangsung mulai hari Jumat 10 November 2023 dimana Tim Penguji melaksanakan penilaian terhadap KRI Tuna-876 di Batam. Selanjutnya, Tim Kolat bergerak ke Belawan dan melaksanakan penilaian terhadap unsur pada hari Senin 13 Nopember 2023 yakni, KRI Torani-860, KRI Siada-862, KRI Siliman-848, KAL Boa I-1-62, KAL Viper I-1-63, dan KAL Pulau Siba I-1-65.

Bacaan menarik :  Khidmat, Peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah di Polres Metro Depok

 

Materi Uji Terampil Glagaspur ini meliputi penilaian terhadap kelengkapan alat keselamatan, kelengkapan dokumen/arsip software dan hardware, kesiapan persenjataan, pengetahuan prajurit tentang kapal, pengetahuan tentang situasi peperangan di laut, serta menguji konektivitas dan integritas prajurit pada masing-masing Pos Tempur. Pengujian dilaksanakan melalui Uji Tertulis, Uji Komprehensip, serta Drill Peran-peran di kapal saat sandar di dermaga maupun berlayar di Perairan Belawan.

 

Bertempat di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I Belawan pada Sabtu 18 November dilaksanakan Evaluasi dan Penutupan Uji Terampil Glagaspur yang dihadiri Dansatrol Lantamal I selaku Papelat, Pasops Satrol selaku Palaklat, Para Komandan KRI/KAL, Tim Penguji Kolat Koarmada I, dan seluruh Prajurit Satrol Lantamal I.

Bacaan menarik :  POLICE GO TO SCHOOL Ops Zebra Krakatau 2023, SatLantas Polres Lampung Barat Polda Lampung Sambangi SMAN I Sekincau.

 

Dalam sambutannya, Pjs. Dankolat Koarmada I menyampaikan bahwa kegiatan Uji Terampil ini bertujuan untuk mengetahui level kesiapan KRI/KAL serta tingkat profesionalitas Prajurit Satrol Lantamal I sebagai pengawak Alutsista. Beberapa kekurangan disampaikan untuk dilengkapi sehingga unsur dan prajuritnya dapat lebih siap dalam menjalankan tugas operasi di laut.

 

Pada kesempatan yang sama, Dansatrol Lantamal I menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua dan Tim Penguji yang telah melaksanakan Uji Terampil Glagaspur ini sehingga diperoleh nilai yang menjadi acuan kesiapan unsur KRI/KAL serta tingkat profesional Prajurit Satrol Lantamal I sebagai pengawak Alutsista, terutama kesiapan dan uji fungsi senjata dari senjata perorangan sampai dengan senjata caliber, dengan melaksanakan penembakan sasaran permukaan dan sasaran maya/udara di laut, sebagai bagian dari ujung tombak Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) di Lantamal I, sehingga tercapai kapal siap tempur, siap operasi dan siaga operasi.

Bacaan menarik :  Danlantamal I Pimpin Rapat Staf dan Komandan Lanal Jajaran Lantamal I

 

Kedepan, diharapkan pelaksanaan Uji Terampil Glagaspur dapat dilaksanakan lebih baik sehingga unsur dan prajurit dapat lebih siap dan sigap menghadapi tantangan di medan operasi yang kian hari semakin kompleks.

 

(Dispen Lantamal I)

Bagikan postingan
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Pemerintah Tiyuh Margodadi realisasikan BLT DD Periode Bulan Juni Sampai September
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!