Dukung Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, PLN-KLHK Resmikan SPKLU Hingga Konvoi Motor Listrik

Penulis :

Lucky sun

Jakarta, traznews com 11 Juni 2024* – PT PLN (Persero) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat. Peresmian SPKLU dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini merupakan wujud sinergi kedua belah pihak dalam mereduksi emisi karbon di sektor transportasi selaras dengan agenda transisi energi di tanah air.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, dalam sambutannya mengungkapkan penggunaan kendaraan listrik secara masif dapat mengurangi ketergantungan RI pada energi fosil ke energi listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim,” jelas Siti Nurbaya pada Minggu (9/6).

Siti Nurbaya melanjutkan pihaknya juga mendorong penuh penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Untuk itu di internal KLHK, Siti Nurbaya telah mengajak seluruh jajaran Eselon I KLHK untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari.

Bacaan menarik :  Diduga 40 Milyar di Sulap Anggota KPUD Fakfak, Hasrul: Ada Potensi Kerugian Negara

“Emisi gas buang dari kendaraan BBM fosil terbesar penyumbang utama dari polusi udara. Oleh karena itu transisi kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik adalah solusi penting yang harus kita dorong dan implementasikan,” ungkap Siti Nurbaya.

Di kesempatan lain, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan sebagai salah satu BUMN yang diberikan mandat untuk mengawal transisi energi di Indonesia, PLN terus berupaya menjalankan aksi nyata untuk mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon di tahun 2060. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur EV secara masif.

”PLN siap mendukung transisi energi di tanah air salah satunya lewat penyediaan infrastruktur EV secara masif. Secara kontinyu infrastruktur itu terus kami bangun dari hulu ke hilir sehingga masyarakat tidak khawatir lagi untuk menggunakan kendaraan listrik, karena infrastrukturnya sudah siap,” ujar Darmawan.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran menyampaikan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya PLN telah membangun sebanyak 113 SPKLU di 98 lokasi yang dapat beroperasi selama 24 jam _nonstop_. Lasiran menegaskan PLN akan terus membangun SPKLU khususnya di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat.

Bacaan menarik :  Diforum Demokrasi Pasifik Resources, Sejumlah Tokoh Nasional Bicara Ketum Partai Capres 2024

“Kami akan terus menambah SPKLU khususnya pada tempat-tempat umum yang mudah diakses masyarakat, seperti _mall_, terminal, stasiun, tempat parkir umum, hingga _rest area_,” ujar Lasiran.

Guna memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, PLN kata Lasiran juga telah menyediakan EV Digital Services (EVDS) di _Super App_ PLN Mobile yang bisa sangat mudah diakses masyarakat lewat gawai pribadi.

”Dengan dukungan digitalisasi, kini masyarakat bisa menikmati layanan khusus kendaraan listrik mulai dari mencari keberadaan SPKLU dan SPBKLU, kemudian juga bisa mengajukan layanan _home charging services_, melakukan _test-drive_, hingga melakukan pembelian kendaraan listrik di PLN Mobile,” jelas Lasiran.

Tidak hanya peresmian SPKLU, rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut dimeriahkan juga dengan konvoi motor listrik yang diikuti ratusan peserta terdiri dari pegawai KLHK, PLN, serta komunitas motor listrik Elders.

 

*Narahubung*
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Bacaan menarik :  Keluarga Besar Forum Betawi (FBR) Dan Keluarga Besar Ikatan Keluarga Madura (IKAMA)Kawal Kemenangan Ganjar - Mahfud (Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden ) 

*Sekilas Tentang PLN*
_PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore._

Bagikan postingan
MATA SANG RAJAWALI: SDN Tempurejo 02 Paparkan Ketidakbenaran Isu Yang Menghantam Melalui Salah Satu Media Online Beberapa Waktu Lalu
0
Kapolsek Kebayoran Baru Melaksanakan Baksos Kesehatan di YPAC Kelurahan Gunung
0
Polisi Ringkus 3 Rekan HK Yang Tampung Dan Jual Jam Tangan Mewah Hasil Perampokan
0
SSDM Polri gelar “He For She Award” Wujud Komitmen Dan Dukungan Terhadap Perempuan di Lingkungan Polri
0
Bakti Sosisl Polres Metro Jakarta Timur Bersama Bhayangkari Bagikan Ratusan Nasi Kotak
0
Bincang Santai Bersama Media Dan Kanit Reskrim Polsek Koja Polres Metro Jakarta Utara
0
Semangat dan Harapan Mewarnai Acara Pelepasan Siswa-Siswi di Yayasan Ponpes Bahari Al Islam
0
Samsiar, Ketua APDESI Kabupaten Tanah Laut, Sepakat dengan Pernyataan Ketua Umum Desa Bersatu Asri Anas 
0
Team Karate Popda Kab. Tangerang Kantongi Medali Emas, Perak dan Perunggu di POPDA XI Banten 2024
0
Danlantamal I Antar Keberangkatan Pangkoarmada I
0
Parosil Kunjungi Warga Pekon Semarang Jaya Musibah Kebakaran Beberapa Waktu Lalu
0
Danlantamal I Hadiri Pembukaan Operasi Patkor Malindo 164/24
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!