20 Tahun Ian Kasela dan Band Radja Bawakan Lagu “Cinderella” Tanpa Bayar Royalti Ke Pencipta

Penulis :

Red

Jakarta-Terjadi sengketa hukum terkait lagu berjudul “Cinderella” yang melibatkan vokalis grup band Radja, Iandika Mulya Ramadhan atau lebih dikenal dengan nama Ian Kasela.

Pria bernama Rival Achmad Labbaika mengklaim bahwa lagu tersebut merupakan ciptaannya pada tahun 1996 dan telah direkam pada tahun 1998 bersama grup bandnya, Fresh Band.

Isu ini diungkapkan oleh kuasa hukum Rival, Tiara Octavia, dari Advocate & Legal Consultant Minola Sebayang & Partners. Dalam keterangan resminya kepada media pada hari Kamis.
Tiara menjelaskan, “Lagu ‘Cinderella’ itu diciptakan oleh klien kami, Rival Achmad Labbaika pada tahun 1996 dan telah direkam pada tahun 1998 bersama grup bandnya, Fresh Band.”

“Namun, pada tahun 2003, Ian Kasela mendatangi klien kami untuk meminta izin agar dirinya dan grup band Radja dapat membawakan lagu tersebut.

Bacaan menarik :  Kapolres Metro Jakarta Timur Menjelaskan Hasil Gelar Perkara Lanjutan Tentang Remaja Yang Terbakar Di Pos Spion Lanud Halim Perdanakusuma

Dalam pertemuan tersebut, mereka sepakat untuk membuat kontrak kerja sama terkait penggunaan lagu.

Sayangnya, hingga saat ini kontrak tersebut belum dibuat,” tegas Tiara.

Rival merasa tersakiti karena mengetahui bahwa Ian Kasela dan Radja telah membawakan lagu tersebut sebagai salah satu lagu dalam album kedua Band Radja yang bertajuk “Manusia Biasa” yang kemudian juga dirilis ulang pada album ke tiga Radja yang bertajuk “Langkah Baru”.

Lebih menyakitkan lagi, pencipta lagu tersebut diubah menjadi karya Ian Kasela dan Ipay.

Padahal jelas-jelas lagu itu diciptakan oleh klien kami, namun diklaim sebagai ciptaan Ian Kasela dan Ipay. Dan jika menarik dari awal digunakannya lagu Cinderella ciptaan klien kami, artinya sudah selama 20 tahun Ian Kasela dan Radja menggunakan lagu ciptaan klien kami tanpa royalti sepeser pun.

Bacaan menarik :  Pelantikan dan Deklarasi Gerakan Kebangkitan Nusantara (GKN) Sebagai Salah Satu Organisasi Sayap Partai

Dalam kasus ini, klien kami dirugikan karena tidak mendapatkan royalti atas penggunaan lagu tersebut oleh Radja selama ini,” tambah Tiara.

Akibat dari kerugian yang dialami oleh Rival, pihaknya menuntut Ian Kasela dan Radja untuk membayar ganti rugi sebesar Rp 20 miliar.
“Dengan informasi ini, kami memberikan somasi kepada Ian Kasela dan Radja selambat-lambatnya tiga hari dari pemberitahuan ini.

Jika somasi ini tidak diindahkan, maka kami akan mengambil langkah hukum sesuai dengan perundangan yang berlaku, baik melalui jalur hukum perdata maupun pidana,” tandas Tiara.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari pihak Ian Kasela dan Radja terkait somasi yang diberikan oleh Rival dan kuasa hukumnya.

Bacaan menarik :  PRAJURIT DAN PNS LANTAMAL III IKUTI APEL KHUSUS PANGKOARMADA I

Isu sengketa ini menarik perhatian publik dan industri musik tanah air, sehingga pihak terkait diharapkan segera merespon dan menyelesaikan isu ini dengan bijaksana dan melalui mekanisme hukum yang tepat.

Bagikan postingan
Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 Yang Berlangsung Minggu Pagi ini Dijaga Ketat Aparat Gabungan 
0
Deklarasi Koalisi Pringsewu Bersatu Dihadiri Ratusan Kader
0
Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Berbagai dengan Anak-Anak Pengunjung Dalam Rangka HUT Kota Jakarta Ke – 497 Tahun  Di Silang Monas 
0
HIPMI Lambar Buka Pendaftaran Caketum Periode 2024-2027
0
Bikin Galau !!! Pj.Peratin Di Lambar Kerap Ganti Nomor
0
Kapolri Buka Bhayangkara Fun Walk 2024: Bersama Bergerak untuk Persatuan
0
Kapolrestro Tangerang Kota Beri Pesan Kamtibmas Saat Jum’at Keliling, Jelang HUT Bhayangkara Ke-78
0
Polrestro Jakbar Ungkap Identitas Pemberi Sabu Kepada Musisi VTP, Polisi: Dalam Pengejaran
0
Dirjen VII Kementrian ATR/BPN  Sambut Kedatangan Bunda Lanny Bersama Kuasa Hukum Prof.Elza Syarief Dan Korwil GJL Leo Siagian 
0
Hadiri Pengajian di Sekincau, Hi.Parosil Mabsus Ajak Warga Masyarakat Perbanyak Rasa Syukur .
0
Wakapolri Minta Lulusan S1, S2 dan S3 STIK Tahun 2024 Mampu Jadi Agen Perubahan
0
Personel Lantamal I Beserta ABK KRI Laksanakan Olahraga Bersama Dengan ABK Kapal Perang India INS Saryu P54
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!