Way Besay Rafting Layangkan Surat Kepada Bupati Serta Ketua DPRD Lampung Barat.

Penulis :

Samsul Hadi

LampungBarat-Terkait dengan mulai beroperasinya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTH) oleh perusahaan pengembang PT. Adimitra Energi Hidro yang akan menggunakan dan membendung arus sungai way besay yang terletak di pekon way petai kecamatan Sumberjaya kabupaten Lampungbarat, Secara Resmi Pokdarwis Way Besay Rafting melayangkan surat kepada Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus serta Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial.S.Kom,Senin(04/07).

Surat tersebut di serahkan langsung oleh Arif Gunawan Selaku Pengelola Pokdarwis Way Besay Rafting dan langsung diterima oleh Protokol bupati serta DPRD.

Adapun isi serta point dalam surat tersebut .

Kepada Yth.
Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus .
Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial ,S.Kom
Di
Liwa

Dengan Hormat
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Semoga Bapak Bupati Hi.Parosil Mabsus dan Ketua DPRD Edi Novial,S.Kom selalu di berikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT amin.

Bapak Bupati Hi.Parosil Mabsus dan Bapak Ketua DPRD Lampung barat Edi Novial,S.Kom yang terhormat.

Terkait dengan mulai beroperasinya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTH) oleh perusahaan pengembang PT. Adimitra Energi Hidro yang akan menggunakan dan membendung arus sungai way besay yang terletak di pekon way petai kecamatan Sumberjaya kabupaten Lampung barat.

Disampaikan juga kepada bapak bupati dan ketua DPRD yang terhormat, arung jeram Way Besay Rafting adalah salah satu ikon wisata unggulan kabupaten Lampung barat, yang sudah beroperasi semenjak tahun 2000, dan bisa mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah,selain itu menghasilkan PAD ke pemerintah pekon sukajaya dan pemerintah daerah kabupaten Lampung barat

Bacaan menarik :  Kepala Dinas Kesehatan Terkesan Menghindar, Saat Di Konfirmasi Masalah Penggunaan Anggaran BOK.

Pekon Sukajaya adalah salah satu pekon wisata dari 20 pekon wisata yang telah di SK kan oleh bapak Bupati Lampung barat, sudah dilakukan pendampingan oleh asosiasi desa wisata (Asidewi) pada tahun 2021 yang di danai oleh dinas pemuda olahraga dan pariwisata kabupaten Lampung barat untuk bisa maju di ajang anugrah desa wisata tingkat nasional dan arung jeram adalah salah satu potensi yang di unggulkan untuk mendukung pekon wisata Sukajaya.

Pokdarwis Besay Rafting telah menjalankan usaha wisata arung jeram mulai dari tahun 2017 melalui MOU dengan dinas pemuda olahraga dan pariwisata Lampung barat
Untuk menjalankan wisata arung jeram dengan komitment memberikan pad kepada kabupaten Lampung barat

Panjang sungai tempat berarung jeram yang akan berkurang airnya atau ada kemungkinan hilannya arus sungai sepanjang kurang lebih 6 kilometer, dan yang hilang dan berkurang arus tersebut merupakan potensi jeram yang memang di pertahankan dan di gunakan untuk berwisata dan berolahraga arung jeram.

Dalam kondisi normal serta ketika kemarau, para pemandu wisata sangat kesulitan untuk melewati arus tersebut apalagi jiga pembangunan pltmh ini sudah beroperasi dan menggunakan 50 persen atau lebih debit air, tentu saja akan menyebabkan perahu karet tidak akan bisa melewati arus sepanjang 6 kilometer tersebut, dan akan menghentikan usaha wisata arung jeram dan hilangnya salah satu potensi wisata yang sudah menjadi ikon Lampung barat.

Bacaan menarik :  Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pencegahan kekerasan seksual terhadap anak

Pokdarwis Way Besay Rafting memiliki 32 orang anggota yang seluruhnya menggantungkan penghasilan dari usaha wisata arung jeram ini

Dan jika arung jeram ini di tutup atau tidak bisa beroperasi karna dampak dari pembangunan pltmh, 32 anggota Pokdarwis akan kehilangan pekerjaan.
Selain dari hilangnya pekerjaan dari anggota Pokdarwis, tapi juga akan mempengaruhi penghasilan para pelaku UMKM, warung, hotel, home stay dan restoran sekitar wisata arung jeram.

Maka dari itu kami memohon kepada Bapak Bupati dan ketua DPRD Lampung Barat untuk memediasi pertemuan antara pokdarwis way besay rafting bertemu dengan jajaran direksi PT. Adimitra Energi Hidro.

“Untuk Menyampaikan dan menuntut untuk memberikan solusi terhadap dampak dari pembangunan pltmh ini,
Memberikan dan mengganti usaha anggota Pokdarwis jika kemungkinan terburuknya arung jeram ini di tutup atau memberikan kompensasi terhadap anggota Pokdarwis yang kehilangan pekerjaan”

Pokdarwis Way Besay Rafting juga meminta kepada Bupati dan ketua DPRD Lampung barat untuk meninjau kembali terhadap ijin dan amdal PT. Adimitra Energi Hidro.

Demikian surat ini semoga bapak bupati dan ketua DPRD Lampung barat dapat memberikan solusi dan menyelesaikan dampak dari permasalahan yang akan di timbulkan oleh pltmh ini.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bacaan menarik :  Ratusan Pendekar Gelar Silaturahmi Di Suoh, Mengusung Tema "Merajut Persatuan Dalam Bingkai Kebhinekaan".

Catatan :Wisata Arung Jeram Way Besay yang terletak di Pekon Sukajaya memiliki potensi unggulan dan merupakan salah satu daya tarik wisatawan luar daerah berkunjung ke Lampung barat.

Ketua Pokdarwis Way Besay Rafting

Arif Gunawan

Lampiran
1. SK pokdarwis
2. MOU Pokdarwis way besay rafting dengan dinas pemuda olahraga dan pariwisata kabupaten Lampung barat
3. Masterplan PT. Adimitra energi Hidro

Tembusan
1. Kementrian Pariwisata
2. Gubernur Provinsi Lampung
3. Dinas Pariwisata Provinsi Lampung

Selanjutnya menanggapi permasalah tersebut diatas Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial S.Kom ketika dihubungi awak media menyampaikan, akan segera menanggapi permasalahan tersebut serta akan segera di lakukan pembahasan dengan dinas Terkait.

“Oke segera kita bahas dg dns terkait”ujarnya Via whatShapp.

Bagikan postingan
Pelantikan Bhinneka Putra Linanta ,S.H,  PAW Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta  Komisi A Dari Partai Gerindra
0
Memperingati Jumat Agung Kapolres Metro Jakarta Utara Lakukan Pengecekan Gereja
0
Sidang PHPU, Polri Siapkan 1.578 Personil di Gedung MK
0
Berkah Ramadhan, TK Hang Tuah Dumai Berbagi Takjil
0
Malam Ke-17 Ramadhan 1445 Hijriyah, Kapolsek Sekincau Santuni Puluhan Anak Yatim Di Masjid Al -Ikhlas Betung Sukosari .
0
Kunjungan Kerja Komandan Lanal Dumai Ke Posbabinpotmar Perawang Posal Bengkalis
0
Komandan Lanal Bandung Laksanakan Buka Puasa Bersama Pasis Sesko TNI LII dan Sespimti Polri Angkatan 33 Matra Laut Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bandung Hadiri Musrembang RPJPD Tingkat Kota Bandung Tahun 2025-2045
0
Lantamal I Ikuti Rakornis Binjas Permildas TNI Tahun 2024 Melalui Vicon?
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi UNCLOS 82 Dari Aspek Operasi
0
Lantamal I Laksanakan Sosialisasi Perkiraan Intelijen TNI AL Tahun 2024
0
Komandan Lanal Bintan Buka Kegiatan Baksos dan Karya Bakti Bersama Satgas Trisila TNI AL Tahun2024 di Tanjung Uban
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!