Sosialisasi Pancasila Pada Gen -Z Dan milinial Diadakan Di Atas Kapal KRI dr Radjiman Wedyodiningrat -992

Penulis :

Lucky sun

Jakarta, traznews. Com 31 Agustus 2024 – Gerakan Nasional Penguatan Pancasila (GNPP) Bersama Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) dan TNI AL mengadakan acara deklarasi gerakan nasional penguatan pancasila pada generasi Gen Z dan Millenial di KRI dr. Radjiman Wedoyoningrat 992 (Dermaga 108 Tanjung Priok pada hari Sabtu 31 Agustus 2024

 

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita semua dapat berkumpul hadir di acara yang penuh makna dan momumental yaitu perhelatan mulia dalam rangka menjaga merawat nilai luhur ideologi kita yaitu pancasil. Terlebih dari kegiatan ini dilaksanakan diatas salah satu kapal milik TNI AL yang gagah dan megah yaitu KRI Radjiman Wedoyoningrat 992 yang belum lama ini telah menyelesaikan misi besar kemanusiaan Internasional dengan membawa sejumlah bantuan bagi rakyat gaza palestina yang sedang menderita.

 

Terima kasih sebanyak banyaknya kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini Panglima Koarmada I yang mengizinkan penggunaan kapal yang luar biasa ini sehingga kita semua bersama adik-adik Gen Z maupun Millenial dapat merasakan dan mendapatkan pengalaman yang akan selalu teringat, pengalaman yang mungkin dialami hanya sekali seumur hidup yaitu ikut berlayar dengan KRI Radjiman Wedoyoningrat 992.

 

Bacaan menarik :  Karo SDM, Dirbinmas, Dirintelkam Polda Metro Jaya Hingga Kapolres Tangsel Resmi Diganti

Terima kasih kepada Kepala BPIP, sebab kegiatan ini dapat terlaksana semeriah dan penuh warga seperti kita lihat saat ini berkat dukumgan luar biasa dari BPIP sebagai bentuk komitment nyata peran dan fungsinya untuk mensosialisaikan Pancasila maupun membangun jaringan ke-Pancasilaan dimana sejak awal BPIP telah menyambut pengenalan kami hingga terlaksananya kolaborasi yang apik pada acara pagi ini tanggal 31 agustus 2024 sehingga adik-adik Gen Z dan millenial dapat berkumpul saling bertemu , saling menguatkan ke-Pancasilaan mereka.

 

Bersama melalui sebuah gerakan masyarakat yang terencana dengan baik dalam arti kata lain kita tidak membiarkan TNI dan BPIP sendirian dalam memguatkan benteng pertahanan ideologi ini. Kami memandang pentingnya sebuah gerakan masyarakat dan menjaga pancasila dalam era modern yang serba cepat ini , menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila menjadi sangat penting. Oleh karna itu gerakan masyarakat untul.menjaga Pancasila menjaga peranan yaitu ; Karna Pancasila sebagai pilar kesatuan bangsa , Pancasila adalah lambang persatuan dan kesatuan bangsa indonesia dimana lima sila yang terkamdung didalamnya merupakan refleksi dari nilai nilai yang mengingat semua elemen masyarakat dalam satu kesatuan.

 

Gerakan masyarakat yang aktif dalam menjaga Pancasila membantu memastikan bahwa nilai nilai bangsa asia ini tetap hidup dan relevan dalam tiap aspek kehidupan yang menjaga indentitias dan budaya bangsa. Dalam menghadapi globalisasi dan berbagai pengaruh asing ada potensi resiko terhadap kelestarian identitas dan budaya bangsa.

Bacaan menarik :  Pengamanan Arus Mudik-Balik Lebaran, Kapolri Sampaikan Ucapkan Terima Kasih ke Jajaran

 

Pancasila sebagai panduan moral dan budaya memiliki peranan kunci dalam melawan arus tersebut, gerakan masyarakat yang mendukung dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila berperan penting dalam menjaga dan mempromosikan identitas budaya Indonesia yang unik dan sangat beragam.

 

Penguatan pendidikan dan kesadaran publik , gerakan masyarakat seperti GNPP ini juga berperan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman pancasila melalui pendidikan Pancasila disekolah maupun masyarakat luas harus ditingkatkan untuk memastikan generasi muda memahami , menghayati nilai nilai tersebut dalam nilai luhur Pancasila.

 

Pemberantasan radikalisasi dan inteloransi dalam berbagai tahun terakhir dimana Indonesia mwlemghadapi radikalisasi dan intoleransi yang mengancam keamanan sosial, gerakan masyarakat yang berfokus pada dialog lintas agama, toleransi dan kerukunan beragama sangat penting memperkuat rasa persatuan dan kesatuan yang diamanatkan oleh Pancasila.

 

Meningkatkan kesejahteraan sosial nilai- nilai Pancasila menggarisbawahi pentingnya keadilan sosial dan kesejahteraan bersama, gerakan masyarakat yang mengedepankan kegiatan sosial seperti bantuan kepada mereka yang membutuhkan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat yang mencerminkan sila kelima Pancasila. Melalui gerakan ini harapannya di NTT menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat berkontribusi langsung dalam menciptakan kesejahteraan yang adil dan merata.

Bacaan menarik :  Polri Terjunkan 1.626 Personil Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini

 

Peran media dan teknologi informasi , diera digital media dan teknologi informasi memliki pengaruh yang sangat besar terhadap opini dan prilaku masyarakat, gerakan masyarakat perlu memanfaatkan media untuk menyebarluaskan informasi dan nilai nilai pancasila secara efektif dan gerakan masyarakat dalam menjaga pancasila bukanlah tugas ringan. Tetapi sangat penting untuk kelangsungan dan keharmonisan bangsa Indonesia dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat nilai nilai Pancasila dapat tetap terjaga dan berkembang melalui pendidikan , kebudayaan ,sosial dan media sehingga Pancasila akan terus menjadi dasar yang kokoh bagi negara bangsa Indonesia memastikan bahwa ideologi ini tetap relevan dan mampu menghadapi tantangan zaman ini.

Bagikan postingan
Syukuran HUT Ke-65 Pelopor  Dari Kompi Ranger Hingga Terbentuk Pasukan Elit
0
Kapolsek Kemayoran bersama 3 Pilar Patroli Wilayah Menjelang Pilkada DKI Jakarta
0
Srikandi Brimob _Competition_ 2024 Selesai, Berikut Daftar Para Juaranya
0
Kapolres Pimpin Sertijab Pejabat di Polres Lampung Timur, AKP Syamsu Rizal Kapolsek Bandar Sribawono, Kini  Jabatan Baru Sebagai Kapolsek Sekincau
0
Secara Aklamasi Aprohan Saputra Ketuai PW IWO Lampung Periode 2024-2029
0
Tertipu Mencapai 13 Miliar, Bos Kopi Air Hitam Lapor ke Polda Lampung.
0
Pj. Bupati Nukman Apresiasi Peluncuran Buku Seri Kaldera Nusantara Dari Liwa Ke Suoh.
0
Warga Korban Kebakaran Depo Plumpang Menang Gugatan, Pertamina Wajib Ganti Rugi Rp23,1 M
0
Suasana Haru Warnai Kegiatan Jumling AKP.Hi Sahril Paison di Pekon Giham Sukamaju .
0
Bareskrim Gerebek Lokasi Percetakan Uang Palsu
0
Polisi Amankan Empat Remaja dan Sajam di TPU Sukabumi Selatan, Diduga Hendak Tawuran
0
Tertangkap Mencuri Sarang Burung Walet, Ini Pesan dan Harapan Cv Mutiara Alam Raya Pada Pihak Kepolisian
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!