SMP Negeri 5 Bandung Dengan Segudang Prestasi Lahirkan Tokoh Nasional BJ Habibie Dan Artis Iwan Fals Serta Raffi Ahmad

Penulis :

**

Bandung-Ternyata selain sebagai sekolah terfavorit di Bandung karena segudang prestasinya SMP Negeri 5 Bandung banyak melahirkan tokoh terkenal maupun artis papan atas seperti Prof BJ Habibie mantan Presiden Republik Indonesia, artis Iwan Fals, artis Raffi Ahmad, bahkan Ketua Umum partai Demokrat yang juga putra sulung mantan Presiden SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono adakah alumnus SMPN Negeri 5 Bandung.

SMP Negeri 5 Bandung adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Sekolah ini beralamat di Jl. Sumatera No. 40, Bandung.

SMP Negeri 5 Bandung didirikan tahun 1920 oleh Belanda. Saat itu masih bernama MULO Bandung. Lama pendidikannya sekitar 5 tahun. Para murid biasanya berasal dari bangsa Belanda, tapi ada juga yang berasal dari bangsa lain, seperti India, Cina, dan bangsa Indonesia. Saat penjajahan Jepang, sekolah ini berubah fungsi menjadi penjara orang-orang Belanda dan berubah nama menjadi Kompetai. Saat kemerdekaan Indonesia, fungsinya dikembalikan menjadi sekolah.

Bacaan menarik :  3016 55 Ethereum Eth To Us Dollar Usd

Baru tahun 1950-an, namanya diganti menjadi SMP Negeri 5 Bandung.

Sudah menjadi kewajiban orang tua mencarikan sekolah terbaik bagi sang buah hati.

Rasanya akan lebih tenang jika menyekolahkan anak di tempat yang bagus sebagai upaya agar anak siap menghadapi masa depan.

Bandung adalah wilayah pendidikan yang banyak dipilih orang tua Indonesia.

Salah satu alasannya adalah karena Bandung merupakan kota metropolitan dengan segala modernisasi yang bagus dalam mendampingi masa pertumbuhan anak menuju dewasa.

Karena itulah tidak heran jika banyak yang mencari SMP N terbaik di Bandung.

Nah, salah satu penentu yang terbaik adalah berdasarkan nilai UN terakhir sekolah tersebut.

Semakin tinggi nilai UN yang dihasilkan lulusan sekolah terkait, maka semakin berkualitas pula SMP tersebut.

Berdasarkan nilai UN tertinggi pada tahun 2019 terakhir, SMPN 5 Bandung menempati posisi pertama dengan nilai rata-rata 85,30.

Sekolah yang beralamat di Jl. Sumatra no.40 ini memiliki segudang prestasi di bidang akademik yang membuatnya berhasil meraih akreditasi A.

Bacaan menarik :  POTRET KINERJA LEMBAGA NEGARA DAN PETA DUKUNGAN CAPRES 2024

Salah satu tokoh terkenal Indonesia, BJ Habibie merupakan lulusan SMP ini.
Semua warga Bandung rasanya pasti tahu sekolah yang satu ini. Sekolah ini konsisten dengan prestasi-prestasinya di bidang akademik yang membuatnya tetap menjadi sekolah favorit. Salah satu keunikan sekolah ini adalah menara kembarnya. Menara itu dibuat sekitar tahun 1933 oleh Belanda dan jadi ciri khas SMPN 5 Bandung.

Selain terletak di pusat kota, bangunan yang representatif juga memang menjadi kelebihan sekolah ini. Lapangan yang luas, ruangan kelas yang banyak, dan banyaknya taman, menimbulkan efek ”betah” bagi siswa-siswanya.

Taman yang paling terkenal dan sudah ada sejak dulu adalah Taman Kartini yang terletak di tengah bangunan sekolah. Taman yang cukup luas ini punya dua lingkaran yang suka dipakai ngumpul para siswa. Taman Kartini ini biasanya dipakai untuk acara kumpul bareng atau ceramah jika ada hari besar. Taman di sekolah membuat siswa merasa nyaman dan dan suasana jadi asri.

Bacaan menarik :  Discover Me a Sugar Daddy

Alumnus sekolah ini diantaranya Bacharuddin Jusuf Habibie dan Iwan Fals, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono bahkan Raffi Ahmad.

Sebelumnya dalam sebuah acara reuni SMP Negeri 5 Bandung dilaksanakan acara sharing dan learning forum yang dibuka oleh Mayor (Inf.) Agus Harimurti Yudhoyono. Lulusan terbaik Akmil tahun 2000 itu saat ini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat berbagi kisah tentang perjalanannya dari mulai bangku sekolah hingga bisa menjadi perwira menengah di kesatuan Kostrad.

Bagikan postingan
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Rapat Paripurna DPRD Jawaban Pj Bupati Pringsewu Pandangan Fraksi-fraksi
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!