SEMINAR NASIONAL STTAL TAHUN 2022

Penulis :

Luckysun

Jakarta, traznews.com

Dalam rangka mendiskusikan peningkatan peran iptek Hidro-Oseanografi dalam pembangunan nasional bidang kemaritiman menuju Indonesia emas 2045, STTAL menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional STTAL, pada Rabu, tanggal 25 Mei 2022, bertempat di Gedung Graha Jala Puspita Jakarta, dengan harapan mendapatkan masukan berupa ide, gagasan dan pemikiran yang inovatif dari berbagai perspektif para akademisi, praktisi, birokrasi, dan mahasiswa peserta seminar yang mendalami bidang Hidro-Oseanografi. Ide, gagasan dan pemikiran yang inovatif tersebut akan dirumuskan dalam bentuk prosiding dan rekomendasi sebagai bahan masukan bagi TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Indonesia yang membidangi bidang kemaritiman dalam meningkatkan kontribusinya bagi pembangunan nasional bidang kemaritiman melalui optimalisasi peran pendayagunaan iptek Hidro-oseanografi untuk berbagai kepentingan negara, bangsa dan masyarakat Indonesia.

 

Seminar Nasional STTAL Tahun 2022 ini mengangkat tema “Peran Iptek Hidro Oseanografi Peran Iptek Hidro-Oseanografi Pada Pembangunan Nasional Bidang Kemaritiman Menuju Indonesia Emas 2045 Seminar Nasional STTAL Tahun 2022 yang akan diselenggarakan memiliki tujuan dan sasaran sebagai berikut:

1) Peserta mendapatkan wawasan tentang Kebijakan Pemerintah RI yang tertuang pada dokumen Konsepsi Haluan Maritim Nasional 2045 dalam rangka pencapaian visi Indonesia sebagai pusat peradaban maritim terbesar di dunia.

Bacaan menarik :  Rhesa Yogaswara, MM,MF Ketua ICMI Jakarta Selatan Gelar Fun Walk Peduli Lingkungan Dan Kesehatan

2) Peserta mendapatkan wawasan tentang optimalisasi peranan TNI Angkatan Laut dalam Konsep Haluan Maritim Nasional menuju Indonesia sebagai pusat peradaban
maritim terbesar di dunia pada tahun 2045.

3) Peserta mendapatkan wawasan tentang peningkatan peran iptek Hidro_Oseanografi dalam mendukung kegiatan survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan
lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran, dan penyiapan data serta informasi wilayah pertahanan di laut.

4) Peserta mendapatkan wawasan tentang strategi penyiapan SDM, penguasaan dan pengembangan iptek Hidro-Oseanografi standar International Hidrography Organization (IHO) yang terencana, bertahap dan berkelanjutan.

Bertindak sebagai Keynote speaker Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan.. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, dengan topik “Peran Iptek Bidang Hidro Osenografi Pada Pembangunan Nasional Bidang Kemaritiman Menuju Indonesia Emas 2045”. Bertindak sebagai Narasumber, Dr. Tukul Rameyo Adi, M.T., Konseptor HMN 2045; Laksamana Madya TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P., Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut; Ir. M. Sobri Ahmad Syawie, M.M (Vice Chair-2 from The FIG/IHO/ICA International Board on Standars of Competence for Hydrographic Surveyors and Nautical Chartographers (IBSC). Bertindak sebagai Moderator Prof. Dr. Ing. Widodo Setiyo Pranowo, S.T., M.Si. (Dosen Tetap STTAL Program studi S1 Hidrografi), dan Eva Jalesveva (Presenter USEE TV).

Bacaan menarik :  Wabah PMK Pada Hewan qurban Menjelang Lebaran Idul Adha, belilah hewan qurban lebih selektif

Dalam kegiatan Seminar nasional tersebut, STTAL memamerkan beberapa produk penelitian dosen dan mahasiswa unggulan, meliputi:

1) Pengembang an Prototype Multibeam Echosounder (MBES) guna mendukung kebutuhan operasional survey dan pemetaan laut.

2) Pengembang an Purwarupa System Fusi dan prediksi nasional untuk mendukung pertahanan maritim.

3) Rancang bangun perekam data cuaca berbasis internet of things.

4) Pengembang an purwarupa alat ukur pasang surut sensor pressure dengan modul pengiriman data nirkabel jarak jauh (long range).

5) Pengembang an purwarupa perangkat lunak akusisi data multibeam echosounder
yang dilengkapi dengan differential global navigation satelite system.
6) Rancang bangun alat penentu jarak bawah air dengan menggunakan prinsip USBL.

7) Pengembang an propelan amunisi kaliber 9 mm, 5.56 mm, 12,7 mm dan 20 mm guna mendukung kebutuhan industri pertahanan negeri.
8) Review design propeller kapal selam Changbogo class dengan uji numerik dan uji model.

Bacaan menarik :  Dra.Nurwayah Pimpin Rapat Pleno IWK BONE Dalam Tema Evaluasi dan Akselerasi Peranan Perempuan Dalam Segala Bidang

9) Rancang bangun controlable riddingbouy.

Demikian disampaikan press release kegiatan Seminar Nasional STTAL tahun 2022 dengan tema “Peran iptek Hidro-Oseanografi Pada Pembangunan Nasional Bidang Kemaritiman Menuju Indonesia Emas 2045”. Terima kasih atas perhatian dan dukungan dari media massa yang turut berperan dalam kegiatan seminar ini.

Bagikan postingan
Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain
0
Menjelang Terbitnya Matahari, Rombongan Gajah Suoh Seruduk Rumah Yandi 👇👇.
0
TNI – POLRI Terjunkan 2.713 Personil Gabungan, Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa
0
Sebanyak 3.643 Personil Gabungan TNI – Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Hari Ini
0
Mulai dari Ramengvrl hingga Da Lopez bersaudara, ini Daftar Artis yang akan menghadiri HSS Series 5 Jakarta di GBK
0
Mulai dari Ramengvrl hingga Da Lopez bersaudara, ini Daftar Artis yang akan menghadiri HSS Series 5 Jakarta di GBK
0
Iptu.David Pulner Berpindah Tugas, Iptu Samsi Rizal Jabat Kasatlantas Lampung Barat Yang Baru.
0
Mutasi di Jajaran Polda Lampung, Kabid Humas: Selamat Bertugas di Jabatan Baru
0
Letkol Kav Delvy Marico, S.E.M.I.P., Gelar Halal Bihalal Bersama seluruh Anggota Kodim 0426/ Tb.
0
PERNYATAAN SIKAP F-PDR DALAM SENGKETA PILPRES 2024 DI MAHKAMAH KONSTITUSI F-PDR Meyakini Hakim MK Gunakan Hati Nurani dan Akal Sehat 
0
LAI Minta Kepada Jampidsus Dan Presiden Untuk Percepat Proses Perkara Terkait Kasus Tambang Timah Di Bangka Belitung 
0
Wadan Lantamal I Laksanakan Ziarah Dalam Rangka Hari Jadi Ke-76 Provinsi Sumatera Utara
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!