Mengawal Demokrasi Di Lambar, Kesbangpol Dan Ormas Duduk Bersama

Penulis :

Lampung Barat-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi peran serta organisasi masyarakat dalam membantu mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan kondusif di Kabupaten Lampung Barat 2023.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Rapat Pakuwon Kecamatan Balik Bukit, Kamis (23/11/2023) di buka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama. Turut dihadiri Kepala Kesbangpol setempat Burlianto S.H dan perwakilan dari 28 organisasi kemasyarakatan.

Menghadirkan pematari dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan materi peran organisasi masyarakat dalam mengawal demokrasi di Kabupaten Lampung Barat, Kejaksaan Negeri Lampung Barat dengan materi teknis implementasi tugas dan kewenangan kejaksaan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu pada sentra gakkumdu, Polres Lampung Barat dengan materi dinamika lingkungan strategis tantangan globalisasi dan Dandim 0422 Lampung Barat dengan materi peran kodim 0422 dalam menghadapi pemilu 2024.

Bacaan menarik :  Kunjungi Pembangunan PLTA, Parosil Harapkan Pihak Pengembang Berdayakan Masyarakat Lokal

Dalam sampaiannya, Sekda Lampung Barat mengatakan organisasi kemasyarakatan (ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan,
kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republik Indonesia (RI) yang berdasarkan Pancasila.

“Organisasi kemasyarakatan dapat kekuatan efektif dan berperan aktif memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan menuju kesejahteraan mendampingi kekuatan eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi pelopor terdepan dalam terwujudnya masyarakat, mengembangkan peran serta organisasi di berbac program
pemerintah,” kata dia.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan tersebut Adi Utama berharap ke depannya ormas yang berada di Lampung Barat dapat memberikan pencerahan terhadap kondisi Kabupaten Lampung Barat saat ini.

Bacaan menarik :  Masyarakat Tugusari Tunggu Proses

Sebab, peran ormas dalam menciptakan situasi yang kondusif pada pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang adalah persatuan dan kesatuan bangsa serta menciptakan komitmen bersama untuk menjaga kokohnya negara kesatuan meningkatkan pemilihan umum, dan membantu memberikan edukasi merajut dan menjalin semangat Republik Indonesia.

“Mengingat sebentar lagi kita akan mengahadapi kompanye pemilu, oleh karena itu saya berharap ormas yang ada di Lampung Barat dapat menjalin sinergiritas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat guna menciptakan pemilu yang sehat, aman dan kondusif,” terangnya.

“Saya juga meminta ormas dan LSM, khususnya di Kabupaten Lampung Barat agar dapat terus berkiprah dan menjadi motor penggerakan bagi terlaksananya pembangunan yang kondusif, aman, tentram, dan damai dibumi beguwai jejama sai betik,” pungkasnya.

Bacaan menarik :  Kondisi Mental Yang Sehat, Tidak Dapat Terlepas Dari Kondisi Kesehatan Fisik Yang Baik

Sementara, Burlianto S.H menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan tersebut diharapkan organisasi kemasyarakatan mampu mewujudkan kondisi wilayah wilayah yang aman dan kondusif tahun anggaran 2023.

“Untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang peran organisasi kemasyarakatan dalam menjaga wilayah yang aman dan kondusif,” tutupnya.

Bagikan postingan
TPS 04 Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Akan Laksanakan PSU, Berikut Alasanya!!
0
Pj.Bupati Nukman Ucapkan Bela Sungkawa Atas Meninggalnya Warga Suoh dan Bns.
0
Pernyataan Sikap Partai Umat Tentang Kecurangan Pemilu Tahun 2024
0
Kejadian Lagi!!! Warga Suoh  Diterkam Harimau.
0
LBH  Segera Minta Maaf  Kepada Masyarakat  Timur  Terkait Peryataan Isu Rasisme 
0
Jalur Liwa-Krui Kembali Longsor, Sat Lantas Polres Lampung Barat Himbau Pengguna Jalan Berhati-hati
0
KWRI Kota Metro, Hadiri Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024 Di jakarta .
0
Polres Metro Jakut Sediakan Posko Kesehatan bagi Petugas Penyelenggara Pemilu
0
Kebebasan Pers,Presiden Jokowi Curhat Fotonya Sering Diunggah Dengan Cara Tidak Biasa Di Puncak HPN 2024.
0
Rakernas 2024, BNPT Fokus Lindungi Perempuan, Anak Dan Remaja Indonesia
0
Ketua APDESI Sultra La Ode Alwi Haidatul Sepakat Dengan Visi Misi Hilirisasi Prabowo Gibran 
0
Silaturahmi dengan Tokoh Agama, Kapolsek Sekincau Ajak Jaga Situasi kamtibmas Yang kondusif.
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!