Jurnalis Roadshow 2022 Tangerang Selatan, Peranan Penting Jurnalistik Jelang Pemilu 2024 Dalam Era Digital Bagi Publik

Penulis :

Lucky sun

Tangerang, traznews.com

AJI Gelar Jurnalis Roadshow 2022 Tangerang Selatan, dengan tema “Tantangan Etika Jurnalistik dan Etika Digital Di tahun Pemilu”, Rabu (26/10/2022) Bukit Pelayangan Resto cilenggang Tangerang Selatan.

 

Peranan penting jurnalistik dalam memberikan informasi ke publik dengan benar adalah prioritas utama dan sebagai tantangan tersendiri bagi jurnalistik di Indonesia, apalagi melihat tahun politik saat ini.

 

Acara Road show jurnalis 2022 Tangerang Selatan dihadiri beberapa narasumber yakni Sasmito Madrim selaku Ketua Umum Aji Indonesia, Yohan Wahyu selaku Peneliti Litbang Kompas, Ade Firman selaku Pimred BN Channel TV, Keynote Speaker hadir H. Abdul Rasyid, S.Ag., selaku Ketua DPRD Kota Tangsel dan Semuel AP, BB. Sc., M.M., selaku Dirjen Aptika Kementrian Kominfo dan moderator acara Wilda Cahya Ningrum.

Bacaan menarik :  Raker Fwj Indonesia DPW Banten Persatuan Korwil dan Perluas Korwil Dibanten

 

 

H. Abdul Rasyid, S.Ag., menjelaskan jurnalistik mewujudkan distorsi berita sesuai politiknya dan menjadi penentu publik. Hal tersebut diperlukan edukasi dan menjaga kualitas demokrasi sebagai alat pemicu kesadaran publik mengenai etika jurnalistik menjadi begitu penting.

 

Menurut survey dari Kepios per Januari 2022 total populasi masyarakat 277,7 juta berbanding dengan pengguna internet yang meningkat 2,8 juta atau 1 persen dari jumlah sebelumnya. Kemudian untuk jumlah gender 49,7 persen untuk wanita dan 50,3 persen untuk pria. Data untuk pengguna internet di perkotaan berkisar 57,9 persen dan 42,1 persen di pedesaan. dari total pengguna internet se-Nusantara sebesar 204,7 juta orang per Januari 2022 dan 73,05 juta orang tak menggunakan internet sehingga secara keseluruhan 26,3 persen populasi dalam kondisi offline.

Bacaan menarik :  Aktivitis Lingkungan Hidup, Uyus Setia Bakti Mendukung Upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Wilayah Banten

 

Lanjut,  data yang di miliki Ade Firman, Pada saat selama pandemi ini tren business yang paling popular di media sosial dan dalam Per 2 November akan ada teknologi dimana televisi udah menggunakan televisi digital ,dampaknya makin banyak frekuensi. Untuk mengantisipasi utk media adalah Konfegrensi arti menyederhanakan atau menyatukan dalam satu genggaman.

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!