Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si Lakukan Kunjungan Ke Tiyuh Margodadi

Penulis :

Tulang Bawang Barat,-Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)/Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si menghadiri, Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W, di Aula Kecamatan Tumijajar, Kabupaten setempat kamis (30/5/2024)
Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W (Kandang Kebun Kolam dan Wisata) tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 15 Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Penilaian (Evaluasi) Program PKK oleh  Tim Penilai Kabupaten Tulang Bawang Barat  kali ini dilakukan di Kecamatan Tumijajar dimana terlebih dahulu melakukan kunjungan ke tiyuh Margodadi, dengan meninjau berbagai bentuk tanaman sayur mayur yang  dikelola oleh kelompok wanita tangguh (KWT) yang berada di Suku 01, kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke posyandu yang terletak di area balai tiyuh Margodadi,  dalam rangka lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K31W.
“Penilaian ini sebenarnya lebih ke pembinaan, bagaimana program PKK yang ada di kecamatan dan tiuh dijalankan, secara sinergis antara Ketua Penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan anggotanya,  secara bersama-sama tidak hanya dilakukan sendiri oleh Ibu camat atau Ibu Keppalo Tiyuh.” ujar Hanita dalam sambutannya.
Penilaian dimaksud, lanjut Hanita melihat bagaimana sinergitas antara penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan kordinasi dengan PKK Kabupaten.
Dikatakan Hanita, Tim Penilai telah memantau K3W di Tiyuh Gading Kencana
yang menurutnya telah lama dilakukan oleh PKK Gading Kencana, dengan memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam sayuran untuk keluarga.
“Yang kita harapkan dari K31W ini lebih kepada pemberdayaan, bagaimana PKK Tiyuh juga bisa memanfaatkan hasil kebun dipekarangan warga untuk mencegah Stunting, dengan diberikan kepada Balita  yang ada di Tiyuh setempat” terangnya lagi.
Diketahui, Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K31W ini bertujuan untuk pembinaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan inovasi pencapaian 10 Program PKK di Kecamatan, pemberdayaan masyarakat serta pemberdayaan keluarga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan peningkatan kinerja Penggerak PKK Kecamatan dan Tiyuh.
Sementara ditempat yang sama Ketua Penggerak PKK Tiyuh Margodadi Tessa Kusumawati mengatakan dari 10 Tiyuh yang ada di Tumiajar, semuanya memiliki K3W, namun dalam penilaian ini, alhamdulillah syukur karena Tiyuh kita Margodadi dipercaya untuk mewakili perlombaan.
“alhamdulillah syukur Tiyuh Margodadi dipercaya untuk mewakili kecamatan Tumijajar sebagai obyek penilaian karena KWT kita benar benar berjalan seperti yang diharapkan, meskipun sebagian kaum ibu rumah tangga khususnya Margodadi penuh dengan kesibukan sehari hari, Bukan hanya karena setelah adanya program K31W para kaum ibu menanam berbagi jenis sayuran.” ungkap Tessa.
Ketua Penggerak PKK tiyuh Margodadi  ini juga mengatakan, kaum ibu di tiyuh ini memang para pekerja ulet dan tangguh kebetulan Margodadi ini sebagian Warganya pengusaha semangka dan juga penghasil sayuran, untuk itu kedepan akan kita suport lagi agar semakin baik dan n berkembang, rencananya di 2024 ini kita akan melakukan penanaman masal tanaman jenis Pepaya di seluruh pinggiran jalan utama supaya Margodadi bertambah menjadi pengahasil buah Pepaya,
” kita sedang menyiapkan bibit tanaman Pepaya yang akan di bagikan ke seluruh warga Margodadi untuk di tanam di halaman depan rumah kita masing masing, agar kebutuhan buah buahan kita tercukupi Karna buah pepaya juga dapat diolah berbagai macam makanan bukan hanya dapat  dikonsumsi tatkala buahnya sudah masak akan tetapi buah yang mentah jug bisa dijadikan bahan makanan lain, ” Ujar Tessa Kusumawati.

Bagikan postingan
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Pemerintah Tiyuh Margodadi realisasikan BLT DD Periode Bulan Juni Sampai September
0
Polsek Sumber Jaya Laksanakan Patroli Rutin di Pos Pol Kebun Tebu
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!