Dengan Semangat Kebangsaan Lantamal I Laksanakan Rangkaian Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023

Penulis :

Lucky sun

Belawan,traznews.com Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan melaksanakan rangkaian upacara dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Kamis (17 /8/2023).

 

Adapun rangkaian yang dilaksanakan yaitu, upacara bendera bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, dengan Inspektur Upacara Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sudin Kaban mewakili Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo.

 

Wadan Lantamal I membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun seperti ini pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang pendiri Republik ini, para pahlawan sejati yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan diberikan, oleh sebab itu yang harus kita berikan sebagai generasi penerus adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkan untuk mengisi kemerdekaan.

 

TNI harus menjadi perekat bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh dan tangguh, soliditas dan sinergitas diantara kita harus terwujud terlebih dahulu, pada era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan lingkungan strategis memiliki dampak, termasuk negara kita, dengan soliditas dan sinergitas yang kuat maka setiap potensi terjadinya gangguan keamanan lebih mudah untuk dideteksi dan diantisipasi bersama-sama, kita juga harus ingat bahwa semua warga negara berkedudukan sama didepan hukum dan berhak mendapat keadilan.

Bacaan menarik :  Lantamal I Terima Kunjungan Kerja Aspidmil Kejaksaan Tinggi Aceh

 

Semua pelanggaran hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI akan ditindak lanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku, oleh karena itu setiap prajurit TNI agar bersikap profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi dan mempunyai loyalitas tinggi dengan mental Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan bagi PNS TNI juga amalkan dengan sungguh-sungguh Panca Prasetya Korpri, jadilah prajurit atau PNS yang patriot, kehadiran TNI adalah bagian penting bagi eksistensi NKRI, Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa tidak ingin kembali ke politik, secara tegas tidak masuk ranah politik praktis.

 

Harus tetap berhati-hati dan cermat terhadap penggunaan media sosial, ingat jarimu adalah nasibmu, senantiasa mampu membaca situasi, saya juga menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada seluruh prajurit dan segenap PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, atas semangat, dedikasi, loyalitas dan militansi yang telah ditunjuk kan selama ini, sungguh telah mengantarkan kembali institusi TNI pada peringkat terbaik dijajaran Lembaga Negara sebagai Institusi yang paling dipercaya oleh Rakyat.

Bacaan menarik :  Lanal Dumai Ikut Serta Dalam Pertamina Synergy Run 2023 

 

Pada akhir amanatnya, Panglima TNI mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan doa, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada kepada Bangsa dan negara Indonesia yang sangat-sangat kita cintai bersama, “Dirgahayu Republik Indonesia”.

 

Selanjutnya Komandan Lantamal I menghadiri pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI bertempat di Lapangan Upacara Astaka, Jalan Pancing, Medan, Sumatera Utara, bertindak selaku Inspektur Upacara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dalam sambutannya, Gubernur Sumut menyampaikan bahwa kita ini generasi penerus, pastinya akan mengevaluasi diri dan mengisi pembangunan yang sedang berlangsung demi cita-cita kita semua untuk mewujdkan cita-cita bangsa Indonesia yang merdeka. Semoga Tuhan selalu memberikan kemudahan untuk bangsa yang sangat kita cintai ini terkhusus Sumatera Utara.

Bacaan menarik :  Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot, S,H, S.Sos.MM Hadiri Tabligh Akbar Yang Digelar Polres Tangerang Selatan

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pempinan Daerah (Forkopimda Sumut), para Pejabat Utama, Kasatker dan Kadis Lantamal I, seluruh prajurit dan PNS Lantamal I dan Yonmarhanlan I, unsur TNI dan Polri sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), para tamu undangan dan pelajar.

 

(Dispen Lantamal I)

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!