Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Berikan Edukasi  Di SMP Negeri 3 Sekincau

Penulis :

Samsul Hadi

Lampung Barat -👉👉Polsek Sekincau Polres Lampung Barat Polda Lampung berikan edukasi tentang kenakalan remaja SMP Negeri 3 Sekincau Kabupaten Lampung Barat . Sabtu (20/04/2024).

Acara di awali dengan pembukaan, sambutan sambutan, selanjutnya penyampaian Materi tentang Kenakalan Remaja.

Kapolsek Sekincau AKP H.Sahril Paison melalui Panit 1 Reskrim Ipda. andi Prasetio menjelaskan kegiatan Pembinaan penyuluhan (binluh) tersebut dilaksanakan dalam rangka mencegah serta memberikan pemahaman akan pentingnya bahaya yang ditimbulkan dari kenakalan remaja di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.

Dalam penyuluhan tersebut, PS Panit 1 Reskrim Ipda.Andi Prasetio bertindak sebagai narasumber dengan didampingi Bhabinkamtibmas Brigpol. Erick Rospian S.H, Brigpol Zainal Basri S.H, memberikan materi yang di sampaikan mengenai kenakalan remaja dan tindakan kriminal serta bahaya narkoba

Andi menyampaikan, remaja adalah mereka yang berusia 13 sampai 18 tahun pada usia tersebut seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak namun masih belum cukup matang untuk dikatakan dewasa. Iya berada dalam masa transisi.

“Kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak dan dewasa” kata Andi.

Bacaan menarik :  Kerusakan Jembatan KaliBening Pekon Tugu Ratu Suoh Akan Segera Segera Di Perbaiki .

Selanjutnya, penyebab kenakalan remaja diantaranya
1. Reaksi frustasi diri.
2. Gangguan berpikir dan intelegensia pada diri remaja.
3. Kurangnya kasih sayang dari orang tua atau keluarga.
4. Kurangnya pengawasan dari kedua orang tua.
5. Dampak negatif dari perkembangan teknologi modern.
6. Dasar-dasar agama yang kurang.
7. Tidak adanya media penyalur bakat.
8. Masalah yang dipendam.
9. Keluarga broken home.
10. Pengaruh kawan sepermainan yang tidak positif.

“Bahaya mengkonsumsi narkoba,
terhadap diri pemakai narkoba mampu mengubah sikap dan kepribadian narkoba dapat menimbulkan sikap agresif atau brutal yang dapat menuju pada tindak kriminal, selain itu mendorong perbuatan kriminal untuk memenuhi kebutuhan narkobanya seperti mencuri atau masuk dalam prostitusi” tuturnya

Masih kata Andi. Sementara terhadap keluarga tidak lagi menjaga sopan santun di rumah melawan orang tua kurang menghargai harta milik yang ada di rumah mencemarkan nama keluarga serta menghabiskan biaya yang cukup besar untuk perawatan dan pemulihannya.

Bacaan menarik :  Jalan Sehat Bersama Ribuan Warga BNS, Bupati Parosil Mabsus Banyak Berikan Kejutan

Terhadap lingkungan masyarakat tidak segan-segan melakukan tindak pidana mengganggu ketertiban umum menimbulkan bahaya bagi ketentraman dan keselamatan umum dan tidak merasa menyesal apabila melakukan kesalahan.

Selanjutnya ipda Andi Prasetyo mengajak kepada seluruh para siswa-siswi untuk dapat menghindari dan menjauhi narkoba guna menanggulangi kenakalan remaja.

Ada beberapa tips yang ia berikan diantaranya perbanyak melakukan ibadah memperbaiki komunikasi dengan orang tua perbanyak melakukan aktivitas bermanfaat seperti olahraga hobi kegiatan ekskul serta perbanyak sharing dengan orang tua guru maupun sahabat.

“Mari kita ciptakan generasi muda yang handal dan mumpuni dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum jauhi narkoba minuman keras tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha esa” tutupnya

Sementara itu kepala SMP Negeri.3 Taslim. S.Pd ucapkan terimakasih serta sangat mengapresiasi kegiatan police goes to school dengan memberikan edukasi tentang bahaya kenakalan remaja serta bahaya narkoba yang dilaksanakan oleh Polsek sekincau polres Lampung Barat Polda Lampung.

Bacaan menarik :  Jum'at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.

Terima kasih atas kunjungan dan Edukasi yang diberikan kepada anak didik kami, semoga dengan apa yang telah disampaikan dan dan dijelaskan siswa-siswi dapat mengerti akan bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian narkoba, minuman keras.

“Semoga materi yang di sampaikan tadi akan menjadi pengetahuan baru buat kalian semua, dan menciptakan generasi muda yang handal tangguh mumpuni menuju Indonesia maju” tutupnya .

Hadir dalam acara Panit 1 Reskrim Ipda.Andi Prasetio, kepala sekolah Taslim S.Pd, para Dewan Guru serta ratusan anak didik SMP Negeri 3 Sekincau .

Bagikan postingan
Polsek Pademangan Berhasil Ungkap Kasus Curanmor, Narkotika dan Tawuran
0
Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 Digelar di JCC, Hadirkan 500 Lebih UMKM
0
Peraih Medali Emas Karate O2SN Dunia Kejar Cita-cita Jadi Polwan
0
Regina Ikut Seleksi Akpol Demi Pendidikan Gratis, Tak Mau Bebani Ortu
0
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
0
Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
0
Jum’at Curhat, Polsek Sekincau Ajak Warga Jaga Kamtibmas.
0
Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Damai di NTB, Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres Bisa Kelola Potensi Konflik
0
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
0
Polres Jakbar Gelar Ngopi Bada Ashar Untuk Persiapan  Pilkada 2024 Yang Aman Dan Kondusif
0
Peraih Medali Emas Olimpiade Siswa Persiapkan Diri 2 Tahun Untuk Seleksi Akpol
0
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penipuan Trading Forex
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!