Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke-8, Dorong Partisipasi Masyarakat untuk Pengelolaan Sampah

Penulis :

Lucky sun

Jakarta,traznews.com Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke-8 diadakan dengan tujuan mencari cara untuk mengelola sampah melalui partisipasi aktif masyarakat sebagai nasabah bank sampah. Bank sampah merupakan konsep pengumpulan dan pemilahan sampah kering yang beroperasi seperti bank konvensional, di mana masyarakat dapat menabung sampah dan mendapatkan uang sebagai imbalannya.

 

Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Vinda Damayanti Ansjar, menekankan pentingnya meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai nasabah bank sampah untuk mendukung upaya pengurangan sampah di Indonesia.

 

“Partisipasi masyarakat sebagai nasabah bank sampah masih rendah, dengan rata-rata nasional hanya 3,24 per 1.000 penduduk. Bali-Nusa Tenggara menjadi wilayah dengan partisipasi tertinggi, yaitu 9,34 per 1.000 penduduk,” ujar Vinda dalam diskusi pada Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah 2024 di Jakarta, Rabu (3/7).

Bacaan menarik :  Pengamanan Bulan Suci Ramadhan: Koramil 0502 Cilincing, GRIB dan Kopel Gelar Patroli Bersama

 

Vinda menyatakan bahwa dengan rasio partisipasi saat ini, target pengurangan sampah yang ditetapkan dalam Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah (Jakstrada) sulit tercapai tanpa kerja keras dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan bank sampah.

 

Wilda Yanti, Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), menyampaikan bahwa koordinasi di antara bank sampah seluruh Indonesia penting untuk menyamakan visi dan informasi dalam pengelolaan sampah.

 

“Konsep bank sampah ini menekankan prinsip tanggung jawab dalam penanganan sampah. Kita harus fokus, konsisten, dan tidak menyerah,” kata Wilda.

 

Wilda menambahkan, “Saya memulai dari gerakan sosial pada tahun 2011 dan menjadikan bank sampah sebagai perusahaan, yang kemudian menjadi batu loncatan menuju lembaga resmi. Saya berharap penanganan sampah menjadi tanggung jawab bersama, dan kita harus menyelesaikan masalah sampah sampai tuntas.”

Bacaan menarik :  LANTAMAL III JAKARTA KOLABORASI BERSAMA UIN JAKARTA LAKSANAKAN PEMBINAAN MASYARAKAT PESISIR DI PULAU KELAPA

 

Dengan rapat koordinasi ini, diharapkan akan ada langkah konkret untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan memperkuat peran bank sampah dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

Bagikan postingan
SOLUSI KULIT KEPALA SENSITIF DAN IRITASI, ASTERA HEAD SPA DARI RENE FURTERER, HADIR DENGAN FORMULA BARU DI INDONESIA
0
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!