LampungTulang Bawang

LSM PEMATANK dan LSM GPH :”Kredibilitas Dinas Kesehatan Tuba Tidak Profesional.

Tulang Bawang ( Traznews ) – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang merupakan bagian ujung tombak pelayanan bagi masyarakat dan tempat mengadunya masyarakat menyangkut pelayanan kesehatan, Kredibilitas kinerjanya dipertanyakan. Sontak kenapa hal ini terjadi, dikarenakan surat dari LSM GPH dan LSM PEMATANK yang melaporkan dugaan Malapraktik Rumah Sakit Mutiara Bunda Unit 2, surat yang masuk pada Senin 05/05/2021 di kirimkan kepada Dinas Kesehatan langsung yang berisikan melaporkan perihal kejadian tersebut dan sekaligus meminta hasil Analisa Medikolegal belum juga ada jawaban. Senin (17/05/2021)

Saat ditemui salah satu pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Kabid Pelayanan yakni Pak I Nyoman, yang memaparkan kepada LSM GPH dan LSM PEMATANK, “keberadaan Dinas Kesehatan apabila terjadi dugaan Korban Malapraktik terhadap masyarakat seperti ini mereka hanya bertugas meminta hasil pelayanan dari Rumah Sakit tersebut saja, tidak ada lain, terlepas dari pada pihak dugaan korban kami juga belum sampai sana, hal ini sudah diketahui kepala Dinas Kesehatan saat ia ditemui oleh LSM GPHdan LSM PEMATANK.” Terangnya.

Iya juga menyampaikan “bahwa apabila masyarakat yang diduga korban Malapraktik sampai saat ini Dinas Kesehatan sepertinya memang belum kesana (mendatangi pihak korban). Kedatangan kami kerumah Sakit Mutiara Bunda sesuai perintah Pak Kadis hanya menanyakan pelanyanan saja dan ditugaskan hanya ke Rumah Sakit Mutiara Bunda untuk melihat dari pada kondisi disana.” Tutur I Nyoman

Lanjutnya, “permasalahan surat yang kalian kirim belum juga turun sampai ke saya, mungkin masih dimeja pak Kadis, setelah kami berkunjung ke Rumah Sakit Mutiara Bunda sampai saat ini juga kami belum mendapatkan hasil dari pada Pelayanan Rumah Sakit tersebut.” (Saat ditemui diruangannya, Rabu 05/05/2021)

Disisi lain, dalam menanggapi hal ini LSM PEMATANK dan LSM GPH, “kami sangat menyesalkan kinerja Pemerintah yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang yang sangat lambat, dan di duga tidak berani mengambil tindakan kepada Rumah Sakit Mutiara Bunda unit 2, dikarenakan surat kami belum juga ada jawaban serta pihak korban juga belum pernah ditemui, lalu kemana masyarakat meminta keadilan kalau pemerintahnya saja tidak dapat merespon kejadian ini.” Jelas Junai.

Lanjut mereka, “inilah yang kami takutkan selama ini, kalau Dinas Kesehatan Tulang Bawang tak bertaji, untuk mengungkapkan permasalahan ini, serta membuat Analisa Medikolegal, sehingganya masalah ini tak selesai dan tak ada ujungnya, bahkan akan terulang kembali nantinya dimasyarakat, demi pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat seharusnya Dinas Kesehatan tak takut mengungkapkan masalah ini, berani tanpa intervensi dari pihak manapun.” Ucap Trova.

Ungkap salah satu Advokat Tulang Bawang yakni Mawardi. HJ, SH menyampaikan “kalau hal tersebut benar yang disampaikan Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan dan Pihak Korbanpun belum ditemui oleh pihak Dinas Kesehatan maka keberadaan Dinas Kesehatan sangat tidak ada manfaatnya bagi masyarakat atau orang banyak. Kalaupun kedepannya ini terjadi berulang lagi terhadap masyarakat Tulang Bawang, Keberadaan Dinas Kesehatan tidak diperlukan untuk mencari Fakta Kronologi Rumah Sakit yang lalai dari dugaan Malapraktik.”

Mawardi juga menyampaikan, “kepada masyarakat kalau terjadi permasalahan seperti ini atau menyangkut kesehatan lainnya jangan ada pemberitahuan terhadap Dinas Kesehatan atau Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, Karena terbukti sampai saat ini mereka tidak akan merespon berkerja cepat dan diduga tidak Profesional serta Proporsional dalam tindakan kerja terhadap Rumah Sakit yang dibawah pengawasan Dinas Kesehatan pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang. Hal ini dapat memicu polemik, Mosi tidak Percaya oleh masyarakat terhadap Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang. ” Jelas Mawardi.

LSM GPH dan LSM PEMATANK menyampaikan, “dalam hal ini kami mewakili pihak keluarga akan membawa permasalahan ini lanjut ke hukum langsung untuk mendapatkan keadilan bagi masyarakat tersebut, terlepas dari pada itu kami tidak percaya lagi terhadap kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang.” Tutupnya. (**)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button