Indonesia Housing Forum 2023: Membangun Perumahan yang Inklusivisme bagi Rakyat Indonesia

Penulis :

Lucky suryani

JAKARTA | traznews.com  Dalam rangka memperingati hari Perumahan Nasional 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) mengadakan Forum Diskusi “Indonesia Housing Forum 2023”. Tema dalam acara Forum diskusi tersebut adalah Membangun Rumah Inklusif, Berkelanjutan dan Terjangkau untuk Semuanya.

 

Acara berlangsung hari Rabu (30/08/2023), dimulai pukul 08.00 wib, bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.

 

Acara dilakukan secara hybrid ini memberikan penjelasan mengenai perkembangan pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat Indonesia. Event Forum diskusi ini juga terselenggara juga kerjaasama dengan beberapa stakeholder yang bergerak dalam  bidang pembangunan perumahan rakyat Indonesia.

 

Forum Diskusi dibagi menjadi 2 sesi, antara lain:

 

1. Kebijakan Pemerintah dalam Menyediakan Rumah Terjangkau bagi Keluarga Berpenghasilan Rendah.

 

2.Kisah Sukses Kolaborasi Banyak pihak berkepentingan untuk menyediakan rumah terjangkau bagi keluarga berpenghasilan rendah.

 

Dalam pembukaan acara menampilkan keynote speaker dari Menteri PUPR, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc yang paparan nya diwakili oleh Direktur Jenderal Cipta Kerja Ir. Diana Kusumastuti, MT. “Kebutuhan rumah warga di jamin oleh konstitusi, untuk dapat mencapai kehidupan yang layak. Pemerintah harus menjamin semua warga untuk memiliki rumah yang layak,” pungkasnya.

Bacaan menarik :  Pelantikan DPD II Barisan Muda Kosgoro 1957 Jakarta Selatan Periode 2022 - 2027

 

“Prosentase rumah tangga di Indonesia yang menempati rumah layak sebesar 60.66 persen. Backlog kepemilikan sekitar 12.1 juta rumah tangga. Akses untuk mendapatkan rumah layak masih belum dapat dijangkau oleh masyarakat ekonomi rendah.”

 

“Faktor-faktor penyebab antaraakn keterbatasan lahan yang berimplikasi pada harga lahan hang makin mahal membuat harga rumah semakin tidak terjangkau bagi MBR. Penambahan penghasilan tidak mampu mengejar kenaikkan rumah, permasalahan transportasi, alih guna lahan setrta permasalahan sosial.”

 

“Kinerja pemerintah 2015-2022 telah membangun 1.553.459 unit rumah.”

 

“Juga penyediaan rumah bagi kelompok dengan kelompok masyarakat miskin ekstrem.”

 

“Juga mendapat dukungan dari penyediaan rumah dari stakeholder terkait. Para pengembangan yang tergabung dalam REI telah berkontribusi 400-500 ribu unit rumah pernah tahun. Sektor real estate dan konstruksi bangunan menyumbang 14.63 ℅,” jelasnya.

Bacaan menarik :  APDESI Sulawesi Tenggara Hadir Pada HUT Undang - Undang Desa ke - 9 , Desa Bersatu Membangun Indonesia ”

 

“Dukungan dari K/L lain, Pemerintah Daerah, civitas akademika yang berkontribusi memberikan saran, lembaga filantropi memberikan dukungan nya terhadap pembangunan perumahan di Indonesia dan juga dukungan CSR dari berbagai badan usaha untuk meningkatkna akses masyarakat untuk rumah layak huni.”

 

“Sejak 2015-2022 pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan presiden Joko Widodo, terus menyediakan perumahan layak huni bagi rakyat Indonesia yang inklusif bagi masyarakat Indonesia, ” ujarnya.

 

Dalam sesi pertama, sebagai narasumber antara lain, Iwan Suprijanto (Dirjen Perumahan PUPR), Dao Harrison (Sr.Holding Specialist Bank Dunia), Joze Rizallino (Secretary of Department of Human Statement and Urban Development of Philippines.

 

Sesi kedua sebagai narasumber antara lain Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Michellina Laksmi Triwardhany (Presiden Direktur Prudential Life Assurance), Susanto Samsudin (National Director Habitat for Humanity Indonesia).

Bacaan menarik :  Dandim 0503/JB Kolonel Kav. I Made Maha Yudhiksa Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

 

Kemudian acara Forum Diskusi, selepas makan siang acara dilanjutkan dengan Breakout  Room, yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama membahas mengenai Mitigasi bencana dan perubahan iklim bagi Perumahan terjangkau dan kelompok kedua membahas Dukungan sektor swasta untuk Perumahan bagi keluarga berpenghasilan rendah.

 

Dari acara ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk memantapkan rencana pemerintah dalam pembangunan Perumahan ynag layak bagi segala lapisan masyarakat Indonesia.

Bagikan postingan
SOLUSI KULIT KEPALA SENSITIF DAN IRITASI, ASTERA HEAD SPA DARI RENE FURTERER, HADIR DENGAN FORMULA BARU DI INDONESIA
0
Kabupaten Banyuwangi Raih Penghargaan Inovasi Antar Moda Transportasi Di Travel Hub Space 2024
0
Ormas MUB Gelar Penggalangan Dana  Untuk  Kelurahan Rua, Kecamatan Maluku Utara Akibat Banjir Bahdang
0
Avene Hyaluron Activ B3 Aqua Cream-In Gel Menunda Penundaan Kulit
0
SUHU BAND Meriahkan HUT TNI AL ke-79 Di Koarmada RI, Kemayoran Jakarta Dengan Lagu “Patriotik”
0
Naval Base Open Day  “Aku Cinta Laut”  HUT TNI AL Ke 79 Tahun 2024 Sukses Di Gelar
0
Kadivhumas Sampaikan Apresiasi Kapolri ke Anggota yang Jadi Penggali Kubur
0
PT Aman Rezeki Indonesia Tampilkan Inovasi Di Travel Fair Hub Space 2024
0
Polri Siap Amankan Kepulangan Paus Fransiskus, 1.165 Personel Gabungan Dikerahkan
0
Gandasari Hadir Di Travel Fair Hub Space 2024 
0
Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar Raih Penghargaan Di Hub Space 2024
0
Jumat Curhat di Pekon Sidodadi Kecamatan Pagar Dewa, Paison Ajak Warga Jaga Kerukunan
0
Terimakasih Atas Kunjungannya!!!